KecantikanKulit

Cara Mengatasi Kulit Belang Akibat Panas Matahari

kulit belang

Kulit belang, atau berubahnya warna kulit menjadi tidak rata, adalah salah satu permasalahan yang kerap dialami semua orang. Salah satu penyebabnya ialah panas matahari dan tidak memakai sunscreen saat beraktifitas outdoor. Biasanya, kulit belang terjadi di area wajah, tangan, dan kaki karena area-area tersebut merupakan bagian tubuh yang seringkali terpapar panas matahari secara langsung.

Baca Juga:

Terjadinya perubahan warna pada kulit hingga menjadi lebih gelap dipengaruhi oleh tingkat produksi zat melanin; yaitu zat yang memberi warna pada kulit, rambut, dan mata. Ketika terpapar panas matahari, kulit akan melindungi dirinya dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet (UV) dengan cara melepas zat melanin.

Maka dari itu, semakin lama kulit terpapar panas matahari, semakin meningkat pula produksi melanin yang dihasilkan. Akibatnya, warna kulit akan menjadi lebih gelap dibandingkan dengan warna kulit di area yang terlindung dari paparan sinar matahari. 

Solusi Agar Kulit Belang Kembali ke Semula

kulit belang

Kulit yang belang seringkali dianggap mengganggu penampilan, hingga mengurangi rasa percaya diri. Warna kulit yang tidak rata membuat penampilan menjadi kurang menarik, terlebih saat harus mengenakan pakaian yang memperlihatkan area kulit yang belang.

Karena alasan itulah banyak orang, terutama wanita, yang sibuk mencari cara untuk mengatasi kulit belang agar kembali ke warna kulit semula. Lalu, apa saja solusinya? Berikut ulasannya.

1. Mikrodermabrasi

Salah satu cara untuk menghilangkan kulit belang ialah perawatan mikrodermabrasi atau chemical peeling. Perawatan ini berfungsi untuk mengelupas lapisan kulit terluar agar lapisan kulit yang mengalami kelebihan pigmen dapat terangkat.

Namun perlu diketahui bahwa biaya untuk mendapatkan perawatan mikrodermabrasi tidaklah murah. Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk melakukan perawatan ini terlebih perawatan ini tidak dapat dilakukan hanya dengan satu kali prosedur saja. 

2. Sabun Pemutih

Banyak orang yang memilih sabun pemutih badan maupun wajah untuk menyamarkan warna kulit mereka yang lebih gelap. Saat ini sudah banyak produsen kecantikan yang menawarkan berbagai jenis sabun pemutih badan dan wajah dengan bahan utama yang berbeda-beda seperti beras, susu domba, maupun buah-buahan yang tinggi Vitamin C.

Beberapa produk sabun menjanjikan hasil yang instan yaitu kulit yang tampak lebih cerah sejak pertama kali pemakaian dan beberapa mengklaim bahwa manfaat sabun pemutih akan didapat dengan pemakaian rutin dalam jangka waktu tertentu. Harga yang ditawarkan tiap produsen pun bervariasi dengan rangkaian produk perawatan pendukung yang berbeda-beda pula.

Namun satu hal yang penting untuk diingat ialah Anda harus memilih produk sabun dengan kandungan yang aman untuk kulit. Pastikan sabun pemutih badan yang anda pilih sudah terdaftar BPOM karena jika tidak, bukan warna kulit cerah merata yang anda dapat namun iritasi akibat reaksi zat kimia berbahaya.

3. Eksfoliasi

Selain dengan menempuh perawatan seperti mikrodermabrasi, Anda dapat melakukan eksfoliasi dengan cara scrubbing atau memakai lulur. Cara ini dilakukan dengan tujuan agar sel kulit mati akibat paparan sinar matahari dapat terangkat. Saat ini sudah banyak bertebaran produk lulur dengan merk dan jenis yang berbeda-beda. Yang perlu anda lakukan ialah memilih produk lulur sesuai dengan yang anda inginkan dan pastinya harus yang sudah terdaftar BPOM.

Lulur dengan bahan dasar bengkoang sangat disarankan untuk mengatasi kulit belang karena kandungan Vitamin C yang terdapat di dalamnya dapat mencerahkan kulit dengan alami. Selain itu, dengan rutin menggunakan lulur bengkoang, Anda dapat mencegah datangnya kulit belang kembali karena kandungan zat fenolik dalam bengkoang dapat menghambat proses pembentukan melanin.

4. Asupan Vitamin C

Anda bisa mengatasi kulit belang dengan memberikan asupan Vitamin C yang cukup untuk tubuh. Vitamin C sangat ampuh untuk mencerahkan kulit. Dengan memenuhi asupan Vitamin C yang dibutuhkan, kulit yang gelap akibat terbakar sinar matahari pun dapat segera pulih dan kembali ke warna alaminya. Memenuhi asupan Vitamin C untuk mencerahkan kembali kulit yang menggelap tidak hanya dapat dilakukan dari luar tubuh namun juga dalam tubuh.

Untuk memenuhi asupan Vitamin C dari dalam tubuh, Anda hanya perlu rajin mengonsumsi suplemen yang bisa Anda dapatkan di apotek. Namun jika ingin lebih alami, Anda dapat mengonsumsi buah dan sayur dengan kandungan Vitamin C yang tinggi seperti stroberi, jeruk, tomat, dan lain-lain.

Asupan Vitamin C untuk Masker Wajah

kulit belang

Sedangkan untuk asupan Vitamin C dari luar tubuh, anda dapat menggunakan produk perawatan kulit seperti serum atau lotion dengan bahan yang mengandung Vitamin C. Selain itu, Anda dapat membuat masker sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mengandung Vitamin C, contohnya:

1. Masker Tomat

Anda hanya perlu menghaluskan satu buah tomat hingga konsistensinya menjadi seperti pasta. Setelah dirasa halus, balurkan pasta tomat di area kulit yang belang. Tunggu 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih. Aplikasikan masker tomat secara rutin paling tidak 3-4 kali dalam seminggu. Dengan begitu, warna kulit yang gelap pun akan berangsur memudar.

2. Masker Lemon atau Jeruk Nipis

Selain tomat, kandungan Vitamin C dalam lemon dan jeruk nipis pun sangat tinggi. Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah; yaitu tinggal mengiris lemon atau jeruk nipis menjadi dua bagian lalu gosokkan secara perlahan di area kulit yang belang. Tunggu 5-10 menit lalu bilas hingga bersih. Jangan lupa gunakan lotion pelembab setelah pemakaian masker ini agar kulit tidak menjadi kering.

Cara yang telah disebutkan di atas dapat Anda lakukan untuk mencerahkan kembali area kulit yang belang. Untuk mencegah kulit agar tidak kembali belang, jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang tertutup atau payung agar kulit terlindung dari panas matahari yang menyengat.

Selain itu, penggunaan tabir surya atau yang biasa disebut sunblock atau sunscreen juga sangat dianjurkan  karena selain untuk melindungi kulit agar tidak terbakar sinar UVB, tabir surya dapat mempercepat proses perbaikan warna kulit.

Resiko terkenanya kanker kulit akibat sinar UVA pun dapat dihindari dengan pemakaian tabir surya yang tepat. Usahakan untuk memilih tabir surya dengan Sun Protector Factor (SPF) minimal 30 dan tingkat Protection Grade of UVA (PA) yang tinggi.

Cara pemakaian tabir surya yang tepat adalah 15-20 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan agar kandungan SPF dan PA dalam tabir surya dapat bekerja secara maksimal. Semoga bermanfaat!

Related posts
KecantikanKesehatan

Bahaya Kosmetik Palsu dan Oplosan Serta Cara Menghindarinya [Panduan Lengkap]

KecantikanKulit

Serba-Serbi Jerawat Batu yang Harus Kamu Tahu

KecantikanKulit

11 Penyebab Wajah Kusam yang Sering Tak Disadari

KecantikanKulit

Tips Mencegah Bekas Jerawat Muncul di Wajah