KecantikanKulit

4 Cara Mengecilkan Pori-Pori Secara Alami

mengecilkan pori-pori

Tak hanya jerawat saja yang bikin pusing, masalah kulit lain seperti pori-pori yang membesar juga cukup bikin kesal. Pori-pori yang besar akan membuat tekstur wajah menjadi tidak mulus, wajah semakin mudah berminyak, dan juga gampang berjerawat.

Baca Juga:

Memiliki kulit wajah dengan pori-pori besar artinya harus siap apabila hasil make up tidak akan terlihat se-flawless mereka yang pori-porinya ringkas. Berikut Okadoc Indonesia punya ulasan penyebab pori-pori wajah membesar sekaligus cara mengecilkan pori-pori di wajah.

Penyebab Pori-Pori Membesar

 mengecilkan pori-pori

Pori-pori yang membesar bisa disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya adalah :

1. Menggosok wajah terlalu keras dan kasar

Saat sedang mengeringkan wajah, beberapa orang terkadang memiliki kebiasaan untuk menggosok wajah dengan keras dan cenderung kasar agar proses pengeringan berlangsung lebih cepat. Ini merupakan kebiasaan yang buruk, sebab dapat menimbulkan berbagai efek negatif bagi kulit wajah termasuk membuat pori-pori membesar.

Hindari menggosok wajah terlalu keras dan kasar saat mengeringkan wajah, apalagi dari arah atas ke bawah wajah sebab akan membuat pori-pori wajah semakin terlihat besar. Cukup tepuk-tepuk wajah secara halus untuk mengeringkan wajah, tidak perlu menggosoknya.

2. Produksi minyak berlebih

Memiliki manfaat melembabkan kulit wajah, ternyata minyak pada wajah juga tidak baik apabila berlebihan jumlahnya. Produksi minyak wajah yang berlebih akan membuat pori-pori terlihat lebih besar. Hal ini disebabkan minyak dan kotoran serta sel kulit mati bertumpuk di pori-pori wajah dan membuatnya membesar.

Kelebihan produksi minyak dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah konsumsi makanan berlemak dan berminyak secara berlebihan. Untuk mengurangi kelebihan produksi minyak, konsumsilah jenis makanan yang rendah lemak dan minim kandungan minyak seperti buah-buahan dan sayur mayur yang kaya akan serat dan nutrisi.

3. Memencet komedo sendiri

Apabila komedo mulai muncul di wajah, jangan pernah mencoba untuk mengekstraksi alias mengeluarkannya sendiri dengan menggunakan tangan kosong. Tanpa teknik yang tepat, alih-alih wajah menjadi bersih, memaksa membersihkan komedo sendiri justru akan membuat pori-pori terbuka dan beresiko meninggalkan bekas luka.

Mengekstraksi komedo dan tidak ‘menutup’ serta membersihkannya hingga tuntas dengan teknik yang tepat justru akan membuat pori-pori menjadi besar dan menganga, meningkatkan resiko pori-pori terisi lagi oleh kotoran serta bakteri yang berujung pada timbulnya jerawat.

Untuk penanganan terbaik, sebaiknya serahkan urusan pembersihan komedo pada ahlinya ataupun tim medis supaya hasilnya baik dan tidak membuat pori-pori di wajah semakin membesar.

4. Penggunaan make up yang terlalu tebal

Beberapa orang mungkin merasa lebih percaya diri saat mengenakan make up. Ini bukan suatu masalah, akan tetapi perhatikan penggunaan make up agar tidak merusak kulit. Hindari menggunakan make up tebal alias full coverage untuk kegiatan sehari-hari bila tidak diperlukan.

Make up yang menutupi pori-pori kulit ini bisa meningkatkan produksi minyak hingga berlebih dan berakibat pada membesarnya pori. Berikan kulitmu waktu untuk istirahat dari segala jenis make up minimal 2-3 hari dalam seminggu agar kulit bisa beregenerasi dengan baik.

Pastikan pula untuk membersihkan make up dengan sempurna terutama setelah menggunakan make up tebal dalam jangka waktu yang cukup lama. Lakukan double cleansing apabila dibutuhkan, atau scrub minimal dua kali dalam seminggu untuk memastikan tidak ada make up yang tersisa dan berpotensi menyumbat pori-pori di wajah.

Cara Mengecilkan Pori Secara Alami

 mengecilkan pori-pori

Bagaimana jika pori-pori terlanjur membesar dan membuat tekstur kulit menjadi kasar? Jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Cara yang minim efek samping dan efektif tentu saja dengan memanfaatkan bahan alami. Bahan alami apa saja yang bisa membuat pori-pori mengecil? Berikut ulasannya.

1. Putih telur

Bagian putih telur ternyata menyimpan banyak manfaat bagi wajah, salah satunya untuk meringkas pori. Putih telur dapat menyerap minyak serta mengangkat kotoran di wajah, membuat pori-pori menjadi bersih dan kembali mengecil. Putih telur juga mengandung banyak protein serta sumber mikronutrien yang berguna bagi kulit wajah.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, pecahkan sebutir telur kemudian sisihkan bagian kuningnya. Oleskan putih telur secara merata di wajah sebagai masker, diamkan selama 15 hingga 20 menit.

Apabila kamu tidak tahan dengan bau amis khas telur, kamu bisa menambahkan air perasan jeruk nipis atau lemon sebanyak satu sendok makan untuk menetralisir bau amisnya. Bilas dengan air hangat dan rasakan efek kulit yang mengencang dan pori-pori yang mengecil.

2. Tomat

Selain dijadikan sayur, tomat juga dapat dimanfaatkan untuk merawat wajah. Sebab, tomat mengandung senyawa antioksidan bernama lycopine yang ampuh dalam menangkal radikal bebas. Dengan begitu, sel kulit mati tidak menumpuk dan mencegah terjadinya pori-pori yang membesar.

Tomat juga berguna sebagai tabir surya alami dan dapat mengurangi kerusakan akibat paparan sinar UV di kulit. Untuk menggunakannya, blender tomat hingga halus dan teksturnya berubah menjadi seperti bubur.

Oleskan di wajah dengan menggunakan kuas masker hingga merata, kemudian diamkan selama 30 menit. Bilas wajah dengan air hangat setelahnya.  

3. Es batu

Bahan alami yang satu ini terbilang tidak mengeluarkan budget sama sekali karena menggunakan air yang dibekukan. Yup, es batu ternyata memiliki manfaat mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan hasilnya pun terbilang instan dan bertahan dalam jangka waktu yang cukup panjang alias permanen.

Cara menggunakan es batu untuk mengecilkan pori-pori juga terbilang praktis. Pertama, siapkan es batu di wadah. Pecahkan es batu hingga bongkahannya pas di genggaman tangan, kemudian bungkus dengan kain, bisa sapu tangan ataupun handuk wajah.

Oleskan es batu yang telah dibungkus kain secara perlahan ke seluruh area wajah, fokuskan pada area-area yang berpori besar dengan cara memberi tekanan ataupun menahannya lebih lama di area tersebut. Lakukan selama 15 menit dan ulangi secara rutin setiap pagi untuk hasil yang maksimal.  

4. Minyak zaitun

Jenis minyak yang satu ini dikenal kaya akan manfaat dan juga multifungsi. Minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid, dimana zat ini berguna untuk membantu menjaga kadar air di kulit wajah supaya tidak muncul keriput sebelum masanya.

Kandungan antioksidan berupa polifenol pada minyak zaitun juga cukup tinggi, sehingga dapat membantu kulit wajah untuk melindungi sel-selnya dari ancaman terjadinya kerusakan. Kedua kandungan di minyak zaitun ini membuatnya sangat efektif untuk menjadi bahan alami yang mampu membantu mengecilkan pori-pori di wajah.

Untuk cara menggunakannya, oleskan minyak zaitun ke seluruh permukaan wajah secara merata. Kamu bisa menambahkan madu atau bahan alami berkhasiat lainnya untuk memgoptimalkan fungsinya. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

Itu dia beberapa bahan alami yang bisa mengatasi masalah pori-pori membesar. Agar hasilnya terlihat lebih cepat, lakukan secara konsisten dan rutin. Selamat mencoba!

Related posts
KecantikanKulit

7 Tips Memilih Serum untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

7 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

Penyebab Pori-Pori Membesar yang Harus Kamu Tahu

KecantikanKulit

5 Tanda Skincare Tidak Cocok dengan Kulitmu