KecantikanKulit

Cara Menghilangkan Bekas Luka Jerawat

Siapa yang tidak sebal dengan noda hitam bekas luka jerawat? Selain mengganggu penampilan hingga menyebabkan berkurangnya rasa percaya diri, noda ini seringkali membandel dan susah untuk dihilangkan. Penggunaan concealer dan foundation memang dapat menutupi noda ini secara kilat, namun tentunya cara ini tidak mengatasi permasalahan yang sebenarnya.

Baca Juga:

Penggunaan kosmetik untuk meng-cover bekas jerawat secara terus menerus tanpa henti justru akan memperparah keadaan kulit sehingga menyebabkan luka bekas jerawat semakin betah bertengger di kulit wajah.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Jerawat

bekas luka jerawat

Lalu, bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat yang ampuh? Secara alami, terdapat beberapa bahan yang ampuh untuk menghilangkan bekas luka jerawat. Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Lemon

Yang pertama adalah dengan menggunakan air perasan lemon yang dioleskan ke kulit wajah yang ada bekas jerawatnya, lalu diamkan 15-20 menit, setelah itu bilas dengan air hangat. Lemon kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu merangsang pertumbuhan sel baru dan menyamarkan noda-noda bekas jerawat.

Namun, bagi kamu yang memiliki jenis kulit yang kering dan sensitif, sebaiknya hindari menggunakan lemon untuk menghilangkan bekas jerawat, ya. Sebab sifat lemon yang asam ini berpotensi membuat kulit sensitifmu justru mengalami iritasi.

2. Gel lidah buaya

Selain lemon, kita bisa menggunakan gel lidah buaya yang telah dihaluskan. Gel yang telah dihaluskan ini kemudian dijadikan masker selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat dan keringkan. Lidah buaya mengandung aloesin, yakni zat yang dapat menghambat pembentukan melanin yang membuat kulit menjadi gelap.

Selain itu, sama seperti lemon, lidah buaya juga mampu merangsang terbentuknya sel baru dan menyamarkan bekas jerawat. Gel lidah buaya ini juga menjadi opsi yang bagus untuk kamu yang berkulit kering karena mampu menghidrasi kulit lebih baik dibanding air, sehingga akan membuat kulitmu menjadi lembab dan kenyal.

3. Bawang putih

Jika lemon dan lidah buaya dirasa sulit didapat, maka kamu bisa menggunakan bahan alami yang satu ini karena biasanya bahan ini selalu tersedia di dapur. Ya, bawang putih yang kerap kali dijadikan bahan masakan rupanya menyimpang fungsi lain untuk menghilangkan bekas jerawat. Bawang putih mengandung senyawa thiacremonon sulfur yang dapat mengeringkan jerawat serta senyawa allicin yang bersifat antiseptik. Kandungan senyawa ini membuat bawang putih mampu membersihkan kulit dari bekas jerawat. Cara penggunaannya pun cukup mudah, hanya dengan menghaluskan bawang putih dan menggunakannya sebagai masker selama kurang lebih 15 menit.

4. Tomat

Tomat biasanya digunakan sebagai pelengkap untuk sajian makanan ataupun dijadikan jus. Ternyata, tomat tak hanya sedap disantap, namun juga memiliki sejumlah manfaat untuk kulit, diantaranya mampu membantu menghilangkan noda bekas jerawat yang mengganggu. Tomat mengandung vitamin A dan C yang membantu kulit untuk beregenerasi secara lebih cepat sehingga bekas jerawat pun bisa tersamarkan dengan cepat. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menghaluskan tomat atau memerasnya agar tersisa saripatinya saja, kemudian oleskan ke seluruh bagian muka dan diamkan untuk beberapa saat layaknya sedang memakai masker. Bila kamu terlalu malas untuk melakukan langkah di atas, kamu boleh memotong tomat menjadi bagian pipih lalu tempelkan ke seluruh bagian muka. Simpel sekali, bukan?

5. Teh hijau

Teh hijau alias green tea akhir-akhir ini sangat populer sebagai salah satu varian rasa yang diminati oleh para milenial. Rasanya yang ringan dan segar, memberikan efek rileksasi setelah meminumnya. Tak hanya baik untuk tubuh dan pencernaan, teh hijau ternyata juga memiliki efek yang sangat signifikan untuk memberantas noda-noda bekas jerawat di wajah. Hal ini dikarenakan ekstrak daun teh hijau bersifat antioksidan alami yang mampu meredakan inflamasi sekaligus mengurangi efek kemerahan bekas jerawat yang kerap susah memudar. Untuk menggunakannya, seduh sekantung teh hijau dengan menggunakan air panas. Biarkan semalaman di tempat yang bersih, kemudian gunakan air teh hijau untuk mencuci muka di keesokan paginya. Kulit wajah pun akan terasa segar dan cerah, bekas-bekas jerawat juga turut memudar.

6. Madu

Siapa yang tak kenal dengan bahan alami yang satu ini? Dibalik rasa manisnya yang menggiurkan, madu juga dapat menjadi salah satu senjata ampuh membasmi noda-noda bekas jerawat yang membandel. Kandungan antibiotik alami pada madu mampu mencegah infeksi yang menjadi penyebab jerawat meradang di wajah. Kamu bisa menggunakan madu jenis apapun, namun salah satu jenis yang sangat direkomendasikan untuk kesehatan kulit adalah jenis raw manukka honey. Jenis madu ini mengandung vitamin C yang efektif menyamarkan bekas jerawat. Campur raw manukka honey dengan kayu manis atau kunyit untuk hasil yang lebih dahsyat.

7. Kentang

Salah satu jenis bahan yang kerap menjadi pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat ini sangat mudah didapatkan di Indonesia. Tidak hanya mengenyangkan saat dikonsumsi, kentang yang kaya akan vitamin dan mineral ini juga dapat membantumu menyembuhkan kulit serta menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Untuk merasakan khasiat kentang dalam mengusir bekas jerawat ini, kamu hanya perlu memotongnya menjadi bagian pipih untuk ditempelkan ke bagian wajah yang terdapat bekas jerawat. Eits, jangan lupa untuk mencuci bersih kentang yang akan kamu gunakan dengan menggunakan air mengalir, ya.

8. Minyak zaitun

Olive oil alias minyak zaitun adalah salah satu bahan yang menjadi rahasia kecantikan banyak wanita sejak jaman dulu kala. Cleopatra, sang Ratu tersohor di masanya, diklaim menggunakan minyak zaitun sebagai salah satu bahan perawatan wajahnya agar senantiasa cantik.

Tak heran, sebab minyak zaitun mengandung oleochantal yang mampu meredakan rasa tidak nyaman akibat inflamasi di kulit wajah. Kamu bisa membeli minyak zaitun murni yang tersedia di berbagai supermarket.

Oleskan ke seluruh bagian wajah kemudian pijat secara memutar untuk melancarkan aliran darah di bagian wajah. Diamkan selama kurang lebih 5 hingga 10 menit, kemudian bilas dengan menggunakan pembersih. Jangan membiarkan minyak zaitun terlalu lama di wajahmu sebab bahan ini bersifat komedogenik, rentan menyumbat pori dan menimbulkan komedo serta jerawat apabila tidak dibersihkan.

Cara Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat

cara menghilangkan bekas jerawat

Jika bahan alami dirasa kurang memberikan efek, maka kamu dapat memilih opsi menggunakan obat berbahan kimia. Obat penghilang bekas jerawat ini biasanya berbentuk salep oles dan dapat dibeli di apotik-apotik terdekat.

Terdapat berbagai macam merek dan varian obat penghilang jerawat, namun pada dasarnya memiliki khasiat yang sama yaitu memudarkan flek-flek hitam bekas jerawat yang mengganggu estetika dan penampilan. Beberapa merek yang sering digunakan antara lain Mederma, Dermatix, Melanox, Elocon, dan masih banyak lagi. Obat-obatan ini beberapa dijual bebas, namun ada juga yang mengharuskan adanya resep dokter, misalnya Melanox.

Baik menggunakan bahan alami maupun obat berbahan kimia, setiap pilihan ini tentunya mengandung kelebihan dan kekurangan. Jika menggunakan bahan alami, maka resiko munculnya efek samping tentu sangat sedikit atau bahkan hampir tidak ada. Kekurangannya, butuh waktu serta konsistensi dalam menggunakan bahan alami agar nampak hasilnya.

Berbeda jika menggunakan obat berbahan kimia. Hasil penggunaannya dapat dilihat dalam waktu singkat, akan tetapi tentunya ada efek samping yang mungkin ditimbulkan akibat pemakaian obat berbahan kimia. Selamat berjuang menghilangkan bekas luka jerawat!

Related posts
KecantikanKulit

7 Tips Memilih Serum untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

7 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

Penyebab Pori-Pori Membesar yang Harus Kamu Tahu

KecantikanKulit

5 Tanda Skincare Tidak Cocok dengan Kulitmu