KecantikanKulit

5 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

cara menghilangkan jerawat

Apa yang terlintas di benakmu mendengar kata jerawat? Problematika kulit wajah yang menyebalkan, atau perusak estetika kulit wajah?

Baca Juga:

Jerawat memang menjadi masalah tersendiri bagi banyak orang, terutama kaum hawa, karena mampu menimbulkan rasa sakit dan mengurangi rasa percaya diri. Mengatasi masalah jerawat pun tak mudah, butuh waktu, konsistensi, dan juga biaya yang kadangkala tak sedikit jumlahnya.

Penyebab Timbulnya Jerawat

cara menghilangkan jerawat

Pada dasarnya, jerawat muncul karena ada pemicu yang memengaruhi kelenjar minyak pada kulit. Kelenjar minyak ini letaknya berhubungan dengan pori-pori atau lubang kecil di kulit kita. Kelenjar minyak memproduksi minyak atau yang disebut sebum, dan terhubung oleh kanal bernama folikel.

Minyak yang diproduksi ini membawa sel kulit mati di dalam folikel ke permukaan kulit dan menyumbat pori-pori sehingga timbullah jerawat. Berikut ini beberapa sebab munculnya jerawat, diantaranya :

1. Pola hidup tak sehat

Konsumsi makanan dengan kadar gula dan lemak yang tinggi secara berlebih, istirahat tidak teratur, kebiasaan merokok, stress berlebih, hingga kurang minum air putih dapat menjadi pemicu munculnya jerawat pada kulit wajah.

Jerawat menjadi indikasi bahwa ada yang salah dalam kerja organ tubuhmu, yang mana hal ini bisa saja muncul karena pola hidup yang kurang ideal dan cenderung tidak sehat. Perbaiki pola hidupmu untuk mencegah munculnya jerawat di wajah.

2. Pemakaian make up secara berlebih

Bagi banyak perempuan, make up adalah hal yang penting dalam meningkatkan kepercayaan diri serta membuat suasana hati menjadi senang. Tidak ada yang salah dengan mengenakan make up, akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah untuk membatasi penggunaan make up demi kesehatan kulit wajah.

Make up yang terlalu tebal atau high coverage tentu akan menutup pori-pori sehingga membuat kulit menjadi tidak bisa bernafas. Apalagi bila setiap hari kulit dipaksa dalam kondisi seperti ini, maka potensi timbulnya jerawat pun semakin meningkat.

Solusinya, hindari mengenakan make up full coverage untuk sehari-hari, dan apabila kamu harus berdandan lebih tebal dari biasanya, pastikan untuk melakukan double cleansing agar tidak ada make up yang tersisa dan menyumbat pori hingga timbul jerawat.

3. Sering cuci muka dan over exfoliate

Mencuci muka secara teratur merupakan kunci mengusir jerawat, tetapi bila dilakukan secara berlebihan justru jadi bumerang. Alih-alih semakin bersih dan kinclong, kulit wajah justru mengalami iritasi dan berjerawat.

Begitu pula dengan exfoliating, ada baiknya hanya 1-2 kali saja dalam seminggu agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

4. Benda-benda sekitar yang kurang bersih

Ponsel dan sarung bantal adalah dua benda yang kerap menjadi pemicu munculnya jerawat karena kurang diperhatikan kebersihannya. Menurut penelitian, ponsel pribadi memiliki bakteri dengan jumlah 18 kali lebih banyak dibanding pegangan pintu toilet umum, lho.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk membersihkan ponselmu dengan pembersih khusus agar tidak mentransfer bakteri ke kulit wajah saat digunakan. Selain ponsel, sarung bantal juga menjadi benda yang harus dijaga kebersihannya. Gantilah sarung bantal setiap minggu atau minimal dua minggu sekali untuk mencegah menumpuknya bakteri penyebab jerawat.  

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

cara menghilangkan jerawat

Ada beragam cara untuk mengusir jerawat dari kulit wajah. Menggunakan bahan kimia memang menampakkan hasil yang signifikan dalam kurun waktu singkat, namun perlu diperhatikan efek samping yang muncul setelahnya.

Bagi kamu yang menginginkan cara aman untuk menghilangkan jerawat, cobalah cara alami berikut ini.

1. Uap air

Cara alami yang terbilang tidak mengeluarkan biaya adalah dengan menggunakan uap air untuk menghilangkan jerawat. Uap air berfungsi membuka pori-pori yang tertutup pada kulit berjerawat, sehingga kulit bisa bernafas dan kotoran-kotoran yang terperangkap dalam pori-pori dapat keluar dengan mudah.

Untuk melakukan cara ini, gunakan wadah seperti mangkuk ataupun panci, isi dengan air panas. Letakkan wajah diatas wadah agar terkena uap dari air panas, hati-hati jangan sampai kulit wajahmu menyentuh air panasnya.

Tahan selama kurang lebih 5 menit, dan lakukan setiap hari terutama pada saat menjelang tidur atau setelah menjalani aktivitas harian agar kotoran yang menumpuk di wajah selama sehari penuh bisa keluar dan tidak menyumbat pori-pori.

2. Es batu

Masih dengan cara yang nol budget, kali ini dengan menggunakan es batu. Konsepnya serupa seperti saat meletakkan es batu untuk menyembuhkan luka lebam. Es batu dapat membantu melancarkan peredaran darah sehingga mampu membantu menghilangkan jerawat yang membandel.

Caranya, ambillah es batu secukupnya kemudian bungkus dengan kain bersih. Tempelkan es batu yang telah dibungkus kain di bagian-bagian yang berjerawat, diamkan selama beberapa menit. Ulangi setiap hari secara rutin hingga jerawat mengempis.

3. Putih telur

Bahan alami lainnya yang ampuh meredakan jerawat adalah putih telur. Putih telur ini mengandung enzim lysozim yang berguna untuk menghancurkan dinding sel dari bakteri penyebab jerawat. Bahan alami ini juga mampu meringkas pori-pori kulit dan mengurangi kelebihan minyak di wajah yang menjadi penyebab jerawat.

Beberapa orang mungkin tidak tahan dengan bau amis dari putih telur, kamu bisa mencampurnya dengan perasan jeruk nipis atau lemon untuk menanggulangi bau amis ini. Cara menggunakannya cukup sederhana, ambil sebutir telur dan ambil bagian putih telurnya saja, sisihkan bagian kuning telur di wadah lain. Kocok putih telur sampai mengembang.

Campurkan air perasan lemon atau jeruk nipis bila tidak tahan dengan bau amis putih telur. Oleskan secara merata di kulit wajah. Biarkan selama 15 menit hingga kering, lalu bilaslah dengan menggunakan air hangat.

4. Yoghurt dan madu

Selain rasanya yang enak, yoghurt dan madu ternyata juga menjadi bahan alami yang ampuh untuk membasmi jerawat. Yoghurt mengandung bakteri baik, asam alfa hidroksi, serta asam laktat yang mampu membantu menghilangkan sel kulit mati penyumbat pori-pori dan penyebab jerawat.

Sementara madu mengandung anti bakteri yang mampu menghilangkan bakteri penyebab munculnya jerawat, sangat cocok dikombinasikan dengan yoghurt terutama bagi pemilik kulit sensitif yang tidak tahan dengan sifat asam yoghurt.

Cara menggunakannya, campurkan sesendok madu dengan dua sendok makan yoghurt. Aduk hingga merata, kemudian oleskan pada wajah. Diamkan hingga kurang lebih 15 sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

5. Tomat

Kandungan vitamin A dan C yang tinggi pada tomat membuatnya ampuh dan sangat cocok untuk menghilangkan jerawat yang bandel. Untuk menggunakannya, kamu bisa memotong tipis tomat dan meletakkannya di wajah, atau dengan cara memblender tomat hingga halus untuk diaplikasikan sebagai masker wajah. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat setelahnya.

Meski hasilnya tidak secepat bila menggunakan bahan kimia, namun bahan-bahan alami tersebut sudah terbukti efektif dalam mengatasi jerawat. Yang kamu butuhkan hanya konsistensi dan ketelatenan agar masalah jerawatmu bisa teratasi dengan bahan alami. Selamat mencoba!

Related posts
KesehatanKulit

Penyebab Keloid dan Cara Alami Mengatasinya

KecantikanKulit

7 Tips Memilih Toner untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

Apa Saja Cara Efektif Menghilangkan Milia di Wajah?

GigiKecantikan

Jenis Retainer Gigi dan Cara Merawatnya