GigiKecantikan

8 Cara Menghilangkan Karang Gigi

cara menghilangkan karang gigi

Salah satu masalah yang paling sering terjadi pada gigi adalah munculnya karang gigi. Karang gigi adalah kotoran berupa plak yang mengeras di permukaan gigi. Jika karang gigi yang didiamkan dapat menyebabkan kerusakan gigi. Dimulai dari plak yang semakin menyebar, menyebabkan bau tidak sedap, merubah warna gigi menjadi kuning, hingga memicu radang gusi.

Baca Juga:

Banyak sekali hal negatif yang timbul ketika membiarkan karang gigi menetap dan memperluas areanya. Pembersihan karang gigi menjadi perawatan gigi yang sebaiknya rutin dilakukan. Cara paling cepat adalah dengan bantuan dokter gigi.

Tapi, ada cara lain untuk menghilangkan karang gigi yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Okadoc punya 8 cara yang bisa dicoba, nih!

1. Pasta Gigi Fluoride

cara menghilangkan karang gigi

Jika kamu membutuhkan hasil yang cepat dalam mengatasi karang gigi, sebenarnya mudah saja. Rajinlah gosok gigi selama 2 menit, untuk 2 kali waktu setiap hari. Hal ini karena karang gigi akan tumbuh lebih cepat jika kamu jarang menggosok gigi.

Tapi bukan itu saja, kamu juga harus jeli memilih pasta gigi. Pasta gigi yang paling baik adalah pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride ini adalah kandungan yang mampu mencegah berkembangnya plak pada gigi. Akan lebih bagus jika pasta gigimu juga mengandung bahan lain seperti zinc citrate, triclosan, dan pyrophosphates.

2. Mouthwash

cara menghilangkan karang gigi-1

Selain pasta gigi, ada produk perawatan gigi lain yang mudah ditemukan di minimarket ataupun supermarket. Produk ini biasanya digunakan setelah menyikat gigi. Beberapa brand mengatakan, penggunaaan produk yang satu ini dapat menyempurnakan kebersihan gigi. Selain strategi marketing yang baik, produk ini memang benar ada manfaatnya.

Setelah menyikat gigi, cobalah untuk membersihkan gigi kembali dengan mouthwash. Mouthwash digunakan sebagai bahan kumur. Bentuknya cairan namun mengandung bahan yang ekstra pembersih gigi. Karena namanya mouthwash, produk ini juga berfungsi untuk membersihkan dan menghilangkan bau mulut.

3. Flossing

cara menghilangkan karang gigi-1

Ada 3 cara membersihkan gigi yang dianjurkan oleh dokter. Pertama dengan rutin membersihkannya menggunakan sikat dan pasta gigi. Kedua menyempurnakan kebersihan gigi dan mulut dengan mouthwash. Yang terakhir ini juga wajib kamu lakukan. Yaitu membersihkan sisi menggunakan benang khusus atau flossing.

Gigi tersusun dalam susunan yang khusus. Di mana satu gigi tumbuh berdampingan dengan gigi lain. Karang gigi tumbuh di sela-sela gigi. Hal ini dikarenakan ada beberapa bagian yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Karena itulah flossing perlu dilakukan, agar gigimu bersih sampai kepada sela-selanya.

4. Kulit Jeruk

cara menghilangkan karang gigi

Kulit jeruk biasanya hanya menjadi sampah saat kita mengkonsumsi buahnya. Padahal ada manfaat baik dari kulit jeruk. Salah satunya yaitu menjadi bahan yang digunakan untuk mengatasi karang gigi. Buah jeruk mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh, kulitnya dapat membersihkan karang gigi. Maka tidak ada sampah yang dihasilkan dari konsumsi buah jeruk.

Cara menghilangkan karang gigi menggunakan kulit jeruk itu sangat mudah. Sebelum kamu gunakan, sebaiknya bersihkan dulu permukaannya. Setelah itu langsung gosokkan pada gigi sampai merata. Lakukan ini di malam hari dan biarkan semalaman tanpa kumur. Setelah bangun tidur, bersihkan gigi sambil mandi. Tapi cara ini harus dilakukan dengan rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

5. Daun Sirih

cara menghilangkan karang gigi

Cara menghilangkan karang gigi yang satu ini sangat tradisional. Bahkan sudah dilakukan sejak jaman dahulu oleh nenek moyang kita. Biasanya dilakukan oleh kaum wanita. Nenek-nenek di beberapa daerah mungkin masih menggunakan cara ini. Yaitu membersihkan karang gigi dengan mengunyah daun sirih.

Tumbuhan memang memiliki manfaat yang mengejutkan. Entah bagaimana orang tua jaman dahulu memahaminya. Selain membersihkan karang gigi, daun sirih juga dapat mengatasi bau tidak sedap dari mulut. Caranya sangat mudah, hanya dengan menghaluskan selembar daun sirih dan satu batang cengkeh. Setelah itu kunyah saja beberapa waktu dalam mulut.

6. Buah dengan Kandungan Vitamin C

cara menghilangkan karang gigi

Tadi sudah disebutkan kalau menggosokan kulit jeruk adalah salah satu cara untuk menghilangkan karang gigi. Dan buahnya kaya akan vitamin dan nutrisi. Sebenarnya vitamin yang terkandung dalam buah jeruk juga dapat mengurangi karang gigi. Dan bukan hanya jeruk saja, tapi berbagai buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi, baik untuk ini.

Buah yang kaya akan vitamin C antara lain jeruk, lemon, dan stroberi. Bukan dengan mengkonsumsinya, ada acara lain membersihkan karang gigi dengan buah. Yaitu dengan menghancurkan buah hingga halu. Kemudian kamu perlu mencelupkan pasta gigi yang sudah dituangkan pada sikat gigi, ke dalam ramuan buah tersebut selama 2 menit. Lalu gunakan seperti saat kamu biasa menggosok gigi setiap hari.

7. Baking Soda

cara menghilangkan karang gigi

Terdapat banyak cara menghilangkan karang gigi. Tapi ada satu cara yang paling populer yaitu menggunakan baking soda. Baking soda adalah bahan baku pembuat makanan. Bahan ini populer, karena selain dapat membersihkan karang gigi, juga dapat memutihkan gigi dengan cepat. Bahkan baking soda mampu membersihkan karang gigi yang sudah mengeras dan parah kondisinya.

Cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda sederhana saja. Kamu hanya perlu membuatnya seperti pasta gigi. Yaitu dengan mencampurkan 1 sdm baking soda dengan sedikit garam. Oleskan bahan ini pada bulu sikat gigi yang belum dibasahi. Kemudian sikat gigi seperti biasa selama 2 menit dan jangan lupa berkumur. Tentu hasil maksimal bisa kamu dapatkan dengan pemakaian yang rutin.

8. Makanan Sehat dan Jauhi Rokok

cara menghilangkan karang gigi

Hal terakhir ini harus selalu kamu perhatikan sehari-hari. Karang gigi dapat tumbuh karena ada sisa makanan di sela-sela gigi. Walaupun begitu, tidak mungkin kamu menghindari karang gigi dengan tidak makan. Makan tentu tetap diperlukan, tapi kamu harus memilih mana yang baik juga untuk gigi. Hindari makanan manis dan bertepung karena makanan ini dapat memicu perkembangan bakteri penghasil zat asam yang merusak gigi.

Jika kamu perokok, kamu juga harus mulai mengurangi ini. Dalam kemasannya juga sering disampaikan kalau rokok dapat merusak gigi. Termasuk dapat meningkatkan penyebaran karang gigi. Kalau kamu tidak merokok itu lebih baik lagi.

Membersihkan karang gigi sendiri mungkin hal baru bagi kamu. Bukan hal yang biasa tapi kamu akan terbiasa. Kalau bukan kamu yang merawat gigi, siapa lagi? Dokter gigi tentu akan membantu, tapi bisa lakukan jika sudah parah saja. Semoga bermanfaat!

Related posts
KecantikanKulit

9 Manfaat Baby Oil untuk Wajah

KecantikanKulit

7 Cara Menghilangkan Bulu di Wajah yang Bisa Dicoba

KecantikanKulit

7 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

KecantikanKulit

13 Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan