KecantikanKulit

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

cara menghilangkan komedo

Komedo merupakan masalah di kulit wajah yang kerap dialami banyak orang. Meskipun ukurannya tergolong kecil, namun terasa mengganggu karena membuat tekstur muka menjadi tidak halus dan terlihat kurang menarik.

Selain itu, bila dibiarkan begitu saja komedo bisa menjadi jerawat, lho. Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Penyebab Komedo

cara menghilangkan komedo

Tersumbatnya pori-pori kulit wajah karena adanya penumpukan sel kulit mati dan minyak atau sebum adalah alasan mengapa komedo bisa muncul di wajah kita. Minyak ini dihasilkan kelenjar minyak yang ada di pori-pori.

Baca Juga:

Komedo biasanya berwarna putih atau menyerupai warna kulit, ini merupakan jenis komedo tertutup karena permukaannya masih tertutup lapisan kulit. Komedo ini bisa berubah warna menjadi hitam bila permukaan pori-porinya terbuka dan terpapar oleh udara luar, biasa disebut sebagai komedo hitam atau komedo terbuka.

Terdapat beberapa faktor yang dapat membuat seseorang mengalami masalah komedo di wajahnya, diantaranya ialah :

1. Perubahan hormon

Penyebab yang satu ini biasanya dialami oleh kaum wanita, terutama pada masa pubertas dan menstruasi. Di masa-masa ini, produksi minyak di wajah mengalami peningkatan yang cukup signifikan sehingga potensi timbulnya komedo pun semakin besar.

Apabila tidak dilakukan perawatan kulit wajah yang tepat seperti mencuci muka secara teratur, rutin menutrisi kulit wajah, ataupun exfoliating, produksi minyak wajah yang berlebih ini bersama dengan sel kulit mati akan menumpuk dan menyebabkan penyumbatan di pori-pori sehingga muncullah komedo di kulit wajah.

2. Jumlah bakteri pada permukaan kulit meningkat

Bakteri juga menjadi penyebab munculnya komedo selain penumpukan sel kulit mati dan minyak wajah. Peningkatan jumlah bakteri pada wajah bisa muncul terutama bagi mereka yang aktivitas hariannya lebih banyak di outdoor, ataupun tempat-tempat publik dimana rentan sekali terpapar oleh bakteri.

Apabila kamu termasuk salah satunya, maka pastikan untuk mencuci muka dengan cermat setelah beraktivitas untuk memastikan tidak ada kotoran ataupun bakteri yang tersisa. Lakukan exfoliating setidaknya sekali dalam seminggu agar kulit wajah tetap bersih dari bakteri.

3. Iritasi pada pori-pori kulit

Meskipun exfoliating disarankan untuk menjaga agar kulit wajah senantiasa bersih, namun kamu tidak boleh melakukannya terlalu sering. Hindari pula menggunakan facial wash yang mengandung scrub ataupun alat-alat kecantikan yang memiliki fungsi exfoliate setiap hari, karena hal ini justru akan menimbulkan iritasi pada kulit.

Alih-alih semakin bersih, iritasi yang terjadi karena overexfoliate ini memicu masalah baru pada kulit dan bisa jadi akan berakibat pada munculnya komedo di wajah.

4. Menggunakan skincare yang tidak cocok

Beberapa orang memiliki kecenderungan suka mencoba hal baru, termasuk soal produk skincare dan make up. Hal in sah-sah saja untuk dilakukan, asal tetap memperhatikan kandungan dalam suatu produk. Beberapa bahan mungkin saja tidak cocok untuk kulitmu dan justru memicu timbulnya komedo.

Seperti misalnya bagi pemilik kulit berminyak, hindari produk yang bertekstur ‘berat’, creamy dan padat karena berpotensi menyumbat pori. Pilihlah produk yang berbahan dasar air, berbentuk gel, dan bertekstur lightweight alias ringan. Bahan kimia seperti propylene glycol atau isopropyl myristate juga dapat menimbulkan komedo di wajah bagi sebagian orang.

Hindari pula menggunakan make up yang terlalu tebal untuk kegiatan sehari-hari karena mencegah resiko kurang bersih saat menghapusnya sehingga memicu komedo. Selain itu, mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti misalnya kortikosteroid hingga pil KB juga berpotensi menimbulkan komedo.

5. Pola hidup yang kurang sehat

Yang dimaksud pada poin ini ialah pola hidup individu yang kurang memerhatikan kesehatan tubuh seperti misalnya terlalu banyak mengonsumsi makanan ataupun minuman dengan kadar gula dan lemak yang cukup tinggi, sering begadang atau tidur larut malam, hingga memiliki kebiasaan merokok.

Perhatikan asupan makanan dan pilih hanya makanan bernutrisi saja untuk dikonsumsi, perbanyak buah dan sayur serta minum air dalam jumlah yang cukup.

Cara Menghilangkan Komedo

cara menghilangkan komedo

Bagaimana bila komedo terlanjur bersarang di wajah kita? Ada beberapa cara menghilangkan komedo, yakni alami, menggunakan bantuan alat, atau dengan bahan kimia dan perawatan khusus dari ahli medis seperti dokter atau klinik kecantikan.

Bahan-bahan alami yang mampu menghilangkan komedo diantaranya adalah lemon dengan kandungan asam alpha hidroksinya, hingga putih telur yang dioleskan di bagian yang berkomedo. Menggunakan cara alami memang aman dan tidak menimbulkan efek samping, akan tetapi prosesnya pun memakan waktu yang cukup lama.

Komedo juga bisa dihilangkan menggunakan alat khusus seperti alat pencet khusus komedo, vacuum cleaner khusus komedo, hingga pore pack yang banyak tersedia di pasaran. Apabila kamu menginginkan hasil yang cepat dan bertahan lama, maka perawatan khusus seperti misalnya terapi laser, peeling, juga mikrodermabrasi yang dilakukan dibawah kontrol dokter dapat menjadi opsi cara menghilangkan komedo terbaik yang bisa kamu pilih.

Pilihlah dokter atau klinik kecantikan yang kredibel dan tersertifikasi kualitasnya untuk mendapatkan hasil yang positif.

Cara Mencegah Komedo

cara menghilangkan komedo

Setelah mengetahui penyebabnya, penting bagi kamu untuk mengetahui cara-cara mencegah komedo timbul di wajahmu. Berikut beberapa diantaranya :

1. Mencuci muka secara teratur

Pastikan untuk mencuci muka saat sebelum tidur serta setelah bangun tidur dengan menggunakan facial wash untuk menghilangkan minyak yang menumpuk dan menjadi penyebab komedo.

Apabila tipe kulitmu berminyak, kamu bisa melakukan double cleansing dengan menggunakan susu pembersih dan toner ataupun micellar water, fungsinya untuk memastikan bahwa kotoran dan minyak di wajah benar-benar terangkat dan tidak bersisa. Jangan cuci muka lebih dari dua kali sehari agar tidak terjadi iritasi pada kulit.

2. Rutin keramas

Minyak yang ada pada rambut dan kulit kepala juga bisa menjadi penyebab pori-pori wajah menjadi tersumbat. Oleh sebab itu, sebaiknya rutinlah mencuci rambut alias keramas setiap dua atau tiga hari sekali.

Bagi pemilik jenis rambut berminyak yang cenderung lebih cepat lepek, kamu bisa keramas setiap hari, tetapi pilih jenis shampoo yang mengandung bahan-bahan natural dan minim bahan kimia, atau bisa menggunakan shampoo bayi yang lembut bagi kulit kepala.

3. Hindari konsumsi makanan tinggi gula dan lemak

Gorengan, soda, bubble tea, snack ber-MSG adalah beberapa dari jenis makanan yang kadar gula dan lemaknya cukup tinggi, yang harus kamu coret dari list konsumsi harianmu untuk mencegah munculnya komedo. Ganti cemilanmu dengan makanan sehat seperti buah-buahan ataupun healthy chips yang kini tengah populer.

Nah, itu dia penjelasan mengenai komedo serta cara mencegah dan mengatasinya. Jangan biarkan komedo membuat kulit wajahmu menjadi tidak halus dan merusak kepercayaan dirimu, ya. Pilih pola hidup sehat dan bersih agar komedo enggan muncul, bila terlanjur muncul maka atasi dengan cara terbaik yang sesuai dengan pilihan dan kebutuhanmu. Say bye to komedo!

Related posts
KecantikanKulit

9 Manfaat Baby Oil untuk Wajah

KecantikanKulit

7 Cara Menghilangkan Bulu di Wajah yang Bisa Dicoba

KecantikanKulit

7 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

KecantikanKulit

13 Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan