GigiKecantikan

Cara Menghilangkan Noda Kopi di Gigi

noda kopi di gigi

Kopi bukan hanya minuman yang dikonsumsi orang dewasa dan orang tua saja. Anak-anak bahkan mulai banyak yang menggandrungi kopi, tentu saja dengan komposisi yang disesuaikan dengan umur mereka.

Kopi sudah menjadi gaya hidup yang tak bisa lepas dari kehidupan kaum milenial. Ada sebagian orang yang bilang kalau kopi adalah mood booster terbaik. Bahkan ada yang tidak bisa memulai hari tanpa secangkir kopi yang menemani.

Baca Juga:

Tak heran bahwa di negara Indonesia sendiri, data konsumsi kopi mencapai 4,6 juta kemasan 60 kg. Data ini dilansir dari International Coffee Organization (ICO) yang merinci data statistik peminum kopi di Indonesia selama durasi tahun 2016/2017. Secara urutan, data ini menunjukkan bahwa orang Indonesia menempati posisi ke-6 negara dengan tingkat konsumsi kopi terbesar di dunia.

Meskipun kopi menjadi kegemaran dan mempunyai banyak manfaat kalau diminum dengan takaran yang pas, kopi pun bisa menjadi penyebab masalah bila terlalu sering dikonsumsi. Salah satunya, kopi bisa meninggalkan noda di gigi bahkan bisa menyebabkan gigi berubah warna yang tentu saja akan memperburuk penampilan seseorang.

Kandungan Kopi

noda kopi di gigi

Kopi mempunyai jenis dan kandungan yang beragam, diantaranya kafein, niacin, acetylmethycarbinol, quinic acid dan air. Kafein inilah yang berkontribusi memberikan rasa pahit pada kopi. Jadi semakin tinggi kadar kafeinnya, semakin pahit pula rasa kopinya. 

Niacin adalah senyawa yang kurang baik untuk tubuh karena dapat menyerap vitamin, mineral dan zat berguna lainnya. Sementara acetylmethycarbinol adalah zat kimia yang memberikan rasa gurih pada kopi sedangkan quinic acid menentukan kadar keasaman kopi apakah kuat atau tidak. 

Perubahan Warna pada Gigi

noda kopi di gigi

Tingkat kepercayaan diri seseorang selain dipengaruhi oleh faktor inner beauty, juga dapat dipengaruhi oleh faktor estetika dan penampilan lahiriahnya. Salah satunya masalah gigi. Susunan gigi yang rapi dan warnanya yang putih bersih mampu membuat orang merasa tampil lebih percaya diri.

Perubahan warna pada gigi atau discolouration teeth merupakan suatu perubahan warna yang terjadi akibat pengendapan pigmen dari dalam atau dari luar permukaan gigi dan dapat mempengaruhi warna dasar gigi.

Perubahan warna gigi di rongga mulut dipengaruhi oleh faktor ekstrinsik dan intrinsik. Faktor ekstrinsik disebabkan oleh kromogen yang dilepaskan oleh makanan ke dalam rongga mulut selama proses pencernaan komponen makanan, minuman (teh, kopi, soda), obat kumur atau produk rokok.

Faktor intrinsik disebabkan oleh bahan-bahan restorasi gigi (amalgam), karies, trauma, infeksi, obat-obatan, faktor genetik dan penyakit yang mempengaruhi perkembangan dan pematangan email dan dentin.

Cara Mencegah Perubahan Warna Akibat Noda Kopi di Gigi

noda kopi di gigi

Tentu saja tidak mudah bagi orang untuk mengurangi apalagi begitu saja menghentikan konsumsi kopi. Ada beberapa tips dan cara untuk meminimalisir efek perubahan warna pada gigi akibat noda  kopi di gigi, sehingga tak perlu begitu khawatir saat mengkonsumsi kopi, diantaranya:

1. Gunakan sedotan

Sebenarnya tidak hanya untuk minum kopi, saat kamu minum minuman lain yang berpotensi meninggalkan noda di gigi seperti teh atau soda, sebaiknya kamu menggunakan sedotan. 

Sehingga minuman-minuman tersebut tidak berinteraksi secara langsung dengan gigi, karena langsung menuju kerongkongan. 

Gunakan sedotan dari bahan selain plastik, ya untuk mengurangi beban pencemaran lingkungan . Sudah mulai banyak kok sedotan dari bahan kertas yang ramah lingkungan atau stainless steel yang bisa dicuci dan digunakan berulang kali.

2. Tambahkan susu

Termuat dalam International Journal of Dental Hygiene, casein (protein susu) disebut dapat menangkap partikel tanin yang terkandung dalam teh dan kopi sehingga dapat meminimalisir perubahan warna pada gigi. Tetapi susu yang digunakan adalah produk susu hewani, bukan susu nabati yang berasal dari kacang-kacangan seperti kacang kedelai atau kacang almond.

3. Minum air putih

Air putih mampu menyapu bersih noda kopi di gigi yang menempel. Meminum air setelah minum kopi praktis menjaga gigi agar tetap bersih.

4. Minumlah kopi dengan cepat

Bagi yang ingin benar-benar terhindar dari noda kopi di gigi, mungkin perlu meminum kopi dengan cepat. Durasi minum yang singkat tentu saja menjadikan gigi tidak terpapar lebih lama oleh kopi, oleh karenanya noda dan ampas kopi tidak menempel.

5. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet bebas gula dapat meningkatkan jumlah air liur, dan air liur inilah yang dapat membantu menyapu asam dan plak dari gigi sehingga noda kopi tidak mewarnai gigi kamu.

Cara Menghilangkan Noda Kopi di Gigi

noda kopi di gigi

Apa yang harus dilakukan kalau noda kopi sudah telanjur menempel dan membuat perubahan warna pada gigi? Berikut ini tips dan cara menghilangkan noda kopi secara alami menurut para ahli :

1. Siwak

Gunakan siwak atau pasta gigi yang mengandung ekstrak siwak untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Penelitian menunjukkan bahwa dengan pemakaian siwak atau pasta gigi dengan ekstrak siwak secara teratur terbukti dapat menghilangkan pewarnaan ekstrinsik akibat noda kopi.

2. Bersihkan dengan benang gigi

Cara membersihkan gigi dengan benang gigi ini sudah jarang sekali digunakan dan hampir hilang. Terlebih untuk masyarakat perkotaan yang tidak punya waktu untuk memperhatikan hal-hal kecil dan tidak mau ribet. 

Keuntungan membersihkan dengan benang gigi setiap hari dapat berdampak besar pada kesehatan gigi kamu. Apalagi menyikat gigi saja ternyata tidak bisa menghilangkan semua bakteri dan kotoran yang tertinggal di gigi kamu. Sehingga menggunakan benang gigi termasuk salah satu cara menghilangkan noda kopi di gigi yang efektif. 

3. Ekstrak kulit pisang

Kulit pisang mengandung kadar potasium, magnesium dan mangan yang dipercaya dapat membantu menghilangkan noda kopi di gigi. Kandungan vitamin dan mineralnya juga membantu menguatkan email gigi sehingga mengurangi sensitivitas gigi. 

Ekstrak kulit pisang mempunyai pH 6 yang relatif netral atau mendekati pH 7 sehingga merupakan bahan bleaching yang lebih baik untuk menghindari kerusakan yang dapat disebabkan oleh bahan yang terlalu asam atau basa. Hal ini menunjukkan bahwa pH ekstrak kulit pisang tidak menyebabkan erosi pada gigi.

4. Apel manalagi

Memakan apel manalagi secara teratur selama beberapa waktu terbukti membuat perubahan signifikan untuk menghilangkan noda kopi pada gigi. Perubahan warna gigi menjadi lebih putih dikarenakan kandungan asam malat pada buah apel manalagi yang diketahui mampu menghilangkan noda pada permukaan gigi. 

Selain noda hilang dan gigi menjadi lebih putih, memakan buah apel secara teratur juga bisa menguatkan gigi.

5. Periksa ke dokter gigi

Untuk kamu yang malas melakukan perawatan dengan bahan-bahan alami seperti di atas, tak ada salahnya berkunjung ke dokter gigi. Dokter gigi akan memeriksa, memberikan saran dan membantu proses bleaching yang tepat untuk kamu sehingga noda kopi lenyap dan tentu saja gigi kamu akan semakin sehat terawat dan mempesona.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana meminum kopi tanpa khawatir akan meninggalkan noda kopi pada gigi. Menikmati kopi setiap hari sekaligus penampilan gigi tetap terjaga, kombinasi manfaat yang tidak pernah membuat rugi.

Related posts
KecantikanKulit

7 Masker Alami untuk Kulit Kering

Kecantikan

9 Tips Agar Bibir Tidak Hitam

KecantikanKulit

Serba-Serbi Memilih Skincare untuk Kulit Sensitif

GigiKesehatan

Mengenal 8 Spesialisasi Dokter Gigi Jika Ingin Periksa Gigi