KecantikanKulit

7 Cara Merawat Wajah Berminyak dengan Budget Minim

cara merawat wajah berminyak

Kulit berminyak? Ugh, menyebalkan! Ya, banyak orang yang mengeluhkan kulit mereka yang berminyak. Selain membuat wajah menjadi nampak kusam dan gelap, kulit berminyak juga membuat make up menjadi cepat luntur dan hilang begitu saja.

Belum lagi jika kegiatan harianmu mengharuskan untuk berhadapan dengan polusi, debu, dan kotoran yang berpotensi menempel pada kulit dan terperangkap dalam pori-pori. Tersumbatnya pori-pori kulit akibat kotoran dan minyak berlebih ini akan menimbulkan masalah baru berupa jerawat dan komedo.

Baca Juga:

Sebenarnya, minyak pada kulit wajah memiliki fungsi melindungi kulit, serta menjaga kelembaban dan elastisitas kulit. Kamu yang memiliki jenis kulit berminyak sesungguhnya termasuk beruntung karena kulitmu tidak akan cepat keriput dan menua dibanding jenis kulit normal ataupun kering.

Namun tentunya kamu memerlukan perawatan ekstra agar kulitmu senantiasa lembab dan sehat. Perawatan ini tidak butuh banyak biaya, tetapi butuh konsistensi serta komitmen yang kuat. Bagi kamu yang punya budget terbatas jangan khawatir! Berikut ada 7 cara merawat wajah berminyak dan kusam yang ekonomis dan terjamin hasilnya.

1. Pilih produk pembersih wajah yang tepat

merawat wajah berminyak

Membersihkan wajah merupakan hal yang sangat vital dalam tahapan merawat kulit. Untuk itu, kamu harus memilih produk pembersih yang tepat agar tidak menimbulkan masalah pada kulit berminyakmu. Ada beberapa jenis bahan utama dalam kandungan pembersih wajah yang cocok digunakan oleh kulit berminyak.

Kamu bisa memilih produk pembersih wajah yang mengandung salicylic acid (asam salisilat) atau glycolic acid (asam glikolat), sebab kedua jenis bahan ini mampu melakukan deep cleansing secara maksimal dan menyeluruh sehingga tidak ada lagi kotoran yang terperangkap di bawah kulit berminyakmu.

Kamu juga bisa memilih pembersih yang memiliki kandungan utama antibakteri yang lembut serta bebas dari alkali, seperti misalnya montaline C40. Pembersih wajah yang mengandung panthenol atau vitamin B5 dapat menjadi opsi alternatif  karena mampu mengurangi produksi minyak di kulit wajah yang berlebih.

Kedua jenis bahan ini juga mampu memberikan hidrasi yang cukup bagi kulit wajah sehingga dapat membantu melembabkan, membuat kulit tetap elastis, serta mempercepat regenerasi kulit sehingga meninggalkan kesan kulit wajah yang halus, lembut, kenyal, serta sehat. Ingat, pastikan kamu tidak memilih pembersih dengan kandungan yang menimbulkan alergi atau iritasi pada kulit wajahmu, ya.

2. Jangan terlalu sering membersihkan wajah

merawat wajah berminyak

Apabila selama ini kamu berpikir bahwa semakin sering membersihkan wajah akan membuat kulit berminyakmu menjadi bersih dan sehat, maka ini adalah suatu kesalahan yang harus segera dihentikan. Bersihkan wajahmu maksimal hanya dua kali dalam sehari.

Jika kamu menggunakan pembersih wajah dengan kandungan asam salisilat atau asam glikolik, maka batasi membersihkan wajahmu cukup hanya satu kali sehari saja kecuali jika kamu menggunakan makeup yang sulit dibersihkan dengan air saja.

Terlalu sering membersihkan wajah akan mengikis lapisan pada kulit, dan justru akan membuat kulit menjadi kehilangan kelembabannya. Akibatnya, kulit justru menjadi kering dan rentan mengelupas.

3. Cuci wajah dengan air dingin

merawat wajah berminyak

Air yang hangat akan membuat pori-pori wajah menjadi terbuka. Akibatnya, kulit akan menjadi semakin berminyak dan terlihat kusam serta tak lagi cerah. Kulit juga menjadi rentan berjerawat serta timbul komedo karena pori-pori yang terbuka lebar berpotensi memerangkap kotoran serta debu di dalamnya. Oleh karenanya, gunakan air dingin untuk membersihkan wajah agar pori-pori tidak semakin membesar. Sesekali, usapkan es batu ke bagian wajah untuk mengecilkan pori-pori.

4. Gunakan scrub

merawat wajah berminyak

Scrub berfungsi untuk membersihkan wajah sampai ke dalam pori-pori dan mampu mengangkat sel kulit mati pada wajah, menghasilkan kulit wajah yang cerah dan lembab. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, rutin meng-scrub kulit wajahmu dapat menjaganya terlihat tetap glowing dan sehat. Gunakan scrub 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Pilih scrub dengan butiran yang lembut namun cukup kuat untuk mengangkat sel kulit mati. Pastikan kamu tidak menggosok wajahmu terlalu keras untuk menghindari kemungkinan iritasi pada kulit wajah. Tidak punya budget untuk beli produk scrub? Tak perlu khawatir.

Kamu bisa membuat sendiri scrub alami dari bahan-bahan yang mudah didapatkan seperti misalnya oatmeal, bubuk kopi, hingga gula. Campurkan bahan tersebut dengan madu, gel lidah buaya, ataupun bahan-bahan lainnya yang efektif mengurangi minyak pada wajah.

Balurkan ke seluruh bagian wajah, kemudian gosoklah dengan gerakan sirkular alias memutar. Pusatkan pada bagian T-zone yang biasanya lebih berminyak dari bagian wajah yang lain. Apabila ada jerawat di wajahmu, hindari menggosok bagian tersebut agar jerawat tidak semakin meradang.

5. Rutin gunakan masker

merawat wajah berminyak

Masker wajah dapat membantu menutrisi kulit wajah agar senantiasa sehat dan terjaga kelembabannya. Sama halnya dengan scrub, kamu bisa membuat sendiri masker alami dari bahan-bahan yang mudah kamu temukan. Tidak perlu membeli produk khusus masker yang biasanya cukup membuatmu merogoh kocek dalam-dalam.

Salah satu bahan yang efektif untuk jenis kulit berminyak adalah lemon. Air perasan lemon yang digunakan sebagai masker mampu mencerahkan kulit serta mengecilkan pori, juga mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Kamu juga bisa mencoba masker dari putih telur yang mampu mengangkat komedo hingga ke akar-akarnya dan mencegah jerawat pada wajah.

Jika kamu merasa kulitmu membutuhkan hidrasi lebih, cobalah menggunakan gel lidah buaya sebagai masker untuk menambah kelembaban pada kulit wajahmu agar tidak terlalu berminyak.

6. Kurangi penggunaan makeup

merawat wajah berminyak

Penggunaan makeup setiap hari turut berkontribusi memperparah keadaan kulit berminyakmu. Makeup, terutama yang diaplikasikan secara tebal alias high coverage, akan membuat kulit wajah menjadi sulit bernafas.

Ditambah lagi jika kamu tidak membersihkannya secara teliti, sisa makeup yang bercampur dengan debu dan kotoran akan menyebabkan wajah menjadi berjerawat dan timbul komedo. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, gunakan makeup yang ringan.

Ganti foundationmu dengan loose powder dan sunblock, kurangi penggunaan makeup dekoratif seperti eye shadow, blush on, atau highlighter. Jika kulitmu sehat dan bersih, maka kamu tidak memerlukan makeup yang high coverage lagi, bukan?

7. Perhatikan asupan makananmu

merawat wajah berminyak

Kulit berminyak biasanya cenderung lebih mudah berjerawat, apalagi jika kamu tidak memperhatikan asupan nutrisimu. Gorengan, makanan berlemak, ataupun makanan pemicu seperti kacang-kacangan mampu membuat kulit berminyakmu yang tadinya mulus menjadi timbul beruntusan ataupun jerawat yang tentu saja bikin kesal. Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Oleh sebab itu, perhatikan makanan yang kamu pilih. Pilihlah jenis makanan sehat seperti misalnya sayur dan buah, yang dimasak dengan metode direbus sehingga minim minyak. Kurangi konsumsi gula berlebih karena dapat memicu timbulnya jerawat.

Jangan lupa pula untuk memerhatikan kuantitas air yang kamu minum setiap harinya. Minum air dalam jumlah yang cukup akan membantu menghidrasi kulitmu agar tidak terlalu berminyak dan tetap lembab sepanjang hari.

Related posts
KecantikanKulit

9 Manfaat Baby Oil untuk Wajah

KecantikanKulit

7 Cara Menghilangkan Bulu di Wajah yang Bisa Dicoba

KecantikanKulit

7 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

KecantikanKulit

13 Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan