KecantikanKulit

Jenis dan Manfaat Antioksidan Dalam Skincare

Manfaat Antioksidan dalam Skincare

Bagi para wanita, antioksidan mungkin tak asing lagi di telinga. Pasalnya, antioksidan adalah salah satu kandungan yang kerap terkandung dalam berbagai jenis skincare. Umumnya, antioksidan adalah penangkal radiakal bebas, molekul yang bisa menyebabkan kerusakan komponen sel kulit.  Antioksidan menyumbangkan elektron untuk menetralkan radikal bebas atau menghentikan terjadinya kerusakan kulit, seperti penuaan dini, hiperpigmentasi, eksim, jerawat, dan kanker kulit.

Baca Juga:

Demi mencegah terjadinya kerusakan kulit, biasanya orang disarankan untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya. Namun beberapa dermatologis mengungkapkan bahwa tabir surya saja tidak cukup. Diperlukan skincare seperti serum dan krim yang mengandung antioksidan demi menangkal radikal bebas, radiasi, polutan, dan pemicu kerusakan kulit lainnya seperti stres. 

Manfaat Antioksidan Dalam Skincare

Manfaat Antioksidan dalam Skincare

Dalam sistem tubuh, radikal bebas memang ada yang bermanfaat dan berbahaya. Apalagi, tubuh manusia bisa memproduksi radikal bebas demi menetralisir virus dan bakteri. Namun radikal bebas juga bisa mempengaruhi DNA, lipid, dan protein pada tubuh yang memicu terjadinya kerusakan kulit.

Belum lagi radiasi matahari, polusi, asap rokok, dan bahan kimia lainnya yang bisa memicu pembentukan radikal bebas.  Oleh karena itu, diperlukan antioksidan yang mampu melawan akibat radikal bebas, terutama untuk kulit. Berikut manfaat antioksidan dalam skincare:

1. Membantu mencegah penuaan dini

Perlu diketahui, kulit bisa mengalami stres oksidatif yang akan memecah kolagen, menghambat proses perbaikan alami kulit, dan memicu peradangan. Kamu bisa melihat akibatnya dari garis-garis halus, kerutan, kulit kendur, jerawat, dan warna kulit kusam yang muncul atau terjadi pada wajah. Antioksidan mampu menangkal akibat radikal bebas pada kulit dan membantu mencegah serta memperbaiki tanda-tanda penuaan dini.

2. Membantu mencegah kulit terbakar

Antioksidan memiliki sifat anti-inflamasi yang akan memperbaiki peradangan kulit akibat sinar matahari yang berbahaya. Selain itu, antioksidan dalam skincare bisa mencegah kulit terbakar dan memberikan perlindungan terhadap kulit yang rusak akibat sinar matahari.

3. Membantu mencerahkan kulit

Terkena radikal bebas dan paparan sinar matahari dapat memicu perubahan produksi melanin kulit sehingga menyebabkan munculnya bintik-bintik gelap dan membuat warna kulit tidak rata. Antioksidan dapat membantu mencegah pigmentasi kulit yang tidak normal. Beberapa antioksidan, seperti vitamin C, juga berfungsi sebagai penghambat tirosinase (enzim yang merangsang produksi melanin).

4. Membantu mencegah kanker kulit

Beberapa antioksidan, seperti vitamin A, C dan E, memiliki sifat anti-karsinogenik dan dapat membantu mencegah kanker kulit. Faktanya, anker kulit  paling sering berkembang pada kulit yang terpapar sinar matahari. Siapa pun yang menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari dapat terkena risiko kanker kulit, terutama jika kulit tidak dilindungi oleh tabir surya atau pakaian. 

Jenis dan Manfaat Antioksidan dalam Skincare

Manfaat Antioksidan dalam Skincare

Di zaman sekarang, banyak produk skincare yang mengklaim menggunakan antioksidan. Namun kamu harus jeli dalam memilihnya. Bahan antioksidan yang digunakan harus memiliki kemampuan anti-oksidatif yang cukup tinggi, berada pada konsentrasi yang cukup tinggi, cukup stabil untuk tidak terdegradasi, serta aktif secara biologis di kulit. Berikut jenis dan manfaat antioksidan dakam skincare:

1. Vitamin C

Vitamin C atau sering disebut askorbat dan tetrahexyldecyl askorbate merupakan antioksidan kuat yang mengikat dan menghilangkan radikal bebas berbahaya dari kulit, seperti yang dihasilkan dari paparan radiasi ultraviolet dan polutan. Vitamin C membantu mencegah penuaan kulit, termasuk mencerahkan bercak cokelat, menstimulasi kolagen, mengurangi garis halus dan kerutan, membuat kulit cerah, serta melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Vitamin yang larut dalam air ini dianggap sebagai solusi anti-aging paling tepat untuk semua jenis kulit.

Ketika skincare dioleskan, vitamin C akan menjaga daya tahan kulit serta membantu memperbaiki warna kulit yang tidak rata dan mencerahkan kulit kusam sehingga tampak lebih bersinar, seperti kulit yang awet muda. Seperti kebanyakan antioksidan, vitamin C juga dapat menenangkan dan membantu melembapkan kulit. Selain itu, vitamin C mengandung selenium, kandungan yang dapat membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan kanker kulit. 

Antioksidan ini bekerja dengan mempercepat sistem perbaikan kulit secara alami dan menghambat kerusakan kulit yang mungkin akan terjadi. Umumnya, vitamin C dapat ditemukan dalam semua jenis skincare, mulai dari lip balm hingga krim mata. Namun kebanyakan orang mendapatkan hasil maksimal dalam skincare yang mengandung vitamin C  untuk mencerahkan kulit.

2. Vitamin E

Vitamin E yang juga disebut tokoferol atau tokotrienol berfungsi untuk menangkal kerusakan akibat sinar matahari. Vitamin ini terkenal dalam dunia skincare karena larut dalam lemak dan tersedia dalam bentuk alami serta sintetis. Studi ilmiah menunjukkan bahwa vitamin E dapat mengurangi mengurangi risiko kanker kulit. Selain sifat antioksidannya, vitamin E juga dapat melindungi kulit dengan menyerap sinar UV.

Pakar menyarankan agar penggunaan antioksidan vitamin E digabungkan dengan vitamin C demi menstabilkan dan membantu regenerasi vitamin E. Vitamin E bekerja maksimal dengan vitamin C, sehingga produk serum atau anti-penuaan yang mengandung vitamin C dan vitamin E dapat bermanfaat ganda, yakni menjadi serum dan pelembap.

3. Vitamin A

Vitamin A atau sering disebut retinol dikenal sebagai antioksidan yang memiliki paling banyak manfaat. Mulai dari meratakan warna kulit, mengecilkan pori-pori, menghaluskan kulit, menghilangkan garis halus dan kerutan, hingga meningkatkan luminositas kulit. Tak hanya itu, retinol juga berkontribusi pada memberikan efek kulit kencang dan awet muda karena sifat anti-aging-nya. 

Vitamin A turut mendukung pergantian sel dengan mengelupaskan kulit dan mengurangi bintik-bintik yang merupakan tanda penuaan. Bahkan juga dapat memperbaiki struktur sel kulit, mengurangi produksi sebum, dan mendorong pembentukan kolagen sehingga bisa memperbaiki garis-garis halus dan kerutan.

Antioksidan ini cocok untuk orang yang ingin memperbaiki kondisi kulit dan mencegah terjadinya kanker kulit. Bahkan antioksidan vitamin A diyakini cocok untuk orang yang sering terpapar sinar matahari. Jika digunakan malam hari, antioksidan ini akan memberikan kelembapan. 

4. Vitamin B3

Vitamin B3 atau sering disebut niacinamide adalah antioksidan yang ditemukan pada  banyak makanan, terutama daging. Antioksidan dalam skincare ini memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti menghidrasi kulit, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta meningkatkan elastisitas kulit. Vitamin yang larut dalam air ini juga bekerja dengan bahan alami di kulit untuk membantu meningkatkan pori-pori yang membesar. 

Niacinamide juga mengurangi dampak kerusakan lingkungan karena kemampuannya untuk meningkatkan penghalang kulit (garis pertahanan pertama), plus itu juga berperan dalam membantu kulit untuk memperbaiki tanda-tanda kerusakan masa lalu. Jika tidak diawasi, jenis serangan harian ini membuat kulit tampak lebih tua, kusam, dan kurang bersinar.

Uniknya, niacinamide bekerja sangat baik jika dikombinasikan dengan berbagai produk skin care. Seperti skin care yang mengandung  retinol, peptida, asam hialuronat, AHA, BHA, vitamin C, dan semua jenis antioksidan lainnya. Manfaat lain yang niacinamide adalah membantu memulihkan dan mengembalikan permukaan kulit yang kehilangan kelembapan. Bahkan juga membantu kulit meningkatkan produksi alami dari ceramide yang berfungsi memperkuat kulit.

5. Green Tea

Bahan aktif utama dari ekstrak teh hijau atau polifenol juga dikenal sebagai katekin. Kandungan yang terdiri dari 30 hingga 35 persen dari daun teh hijau kering ini memiliki banyak efek antioksidan, termasuk anti-inflamasi, anti-karsinogenik, dan berfungsi melawan kerusakan kolagen.

Antioksidan dalam skincare ini berfungsi untuk mencegah terjadinya penuaan dini dan membantu mengurangi kemerahan serta peradangan. Studi penelitian juga mengungkapkan green tea mengandung antikoksidan yang berfungsi mengobati jerawat dan kulit berminyak.

6. Resveratrol

Resveratrol memiliki sifat anti-inflamasi sehingga bisa mencegah terjadinya pigmentasi dan degradasi kolagen yang diinduksi UVB. Selain itu, resveratrol dapat membantu mencerahkan kulit, mencegah garis-garis halus, dan membantu mengurangi kulit kemerahan. Biasanya, resveratrol sering ditemukan dalam pelembap dan krim mata. Kandungan ini secara alami bisa ditemui pada buah beri, kacang tanah, dan anggur merah.

Sebagai antioksidan yang kuat, resveratrol sebaiknya dikombinasikan dengan antioksidan yang larut dalam air dan yang larut dalam lemak. Radikal bebas memengaruhi kadar air dan lemak pada sel kulit sehingga dibutuhkan campuran antioksidan yang larut dalam air (vitamin C atau green tea) dan antioksidan yang larut dalam lemak (vitamin A atau vitamin E ). Studi penelitian di Jepang menyatakan resveratrol mengaktifkan pembaruan sel untuk membuat kulit kencang sehingga tampak awet muda.

7. Kurkumin/Kunyit

Antioksidan ini bisa ditemukan dalam akar kunyit. Kurkumin mampu mencegah terjadinya peradangan, mempercepat penyembuhan luka, mencegah kulit berminyak dan berjerawat, melawan radikal bebas, serta melindungi kulit dari penuaan dini dan jerawat.  Kunyit mengandung antioksidan dan komponen antiinflamasi yang dapat membuat wajah cerah dan glowing secara alami. 

Yuk, lindungi diri dengan skincare seperti tabir surya dan pelembap yang  mengandung antioksidan! Sesuaikan juga jenis antioksidan dengan kondisi kulitmu untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Related posts
KecantikanKulit

7 Cara Menghilangkan Bulu di Wajah yang Bisa Dicoba

KecantikanKulit

7 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

KecantikanKulit

13 Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan

KecantikanKulitPria

Perhatikan Hal ini Saat Pilih Produk Perawatan Wajah Pria