KecantikanKesehatanPria

Jerawat Pada Pria: Penyebab dan Cara Mengatasi

jerawat pada pria

Jerawat bukanlah merupakan masalah kulit yang dibedakan atas gender. Tidak hanya wanita, pria juga bisa terkena masalah kulit berjerawat ini. Jerawat muncul karena pori-pori tersumbat oleh minyak yang berlebihan.

Baca Juga:

Ternyata pria memiliki hormon yang bisa memicu produksi minyak berlebih dibanding wanita, tetapi hal ini tidak berarti penyembuhan jerawat pada pria lebih sulit ketimbang menyembuhkan jerawat pada wanita. Lalu, apa saja penyebab pria berjerawat?

Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Pria

jerawat pada pria

Jerawat muncul karena diawali oleh berbagai kebiasaan buruk. Apa saja kebiasaan buruk yang  menjadi penyebab pria berjerawat? Berikut penjelasannya.

1. Menyentuh wajah

Kebiasaan buruk yang sering menjadi penyebab timbulnya jerawat adalah sering menyentuh wajah. Padahal di telapak tangan ada banyak sekali bakteri dan kuman yang bisa menjadi sumber penyakit, termasuk menyebabkan munculnya jerawat.

Tanpa disadari, tangan yang kotor sering menyentuh kulit wajah sehingga membuat kuman dan bakteri menempel di kulit dan mengakibatkan pori-pori tersumbat. Makanya pastikan apapun barang atau benda yang menempel di wajah harus dipastikan kebersihannya..

2. Perawatan rambut

Pria sering mengabaikan perawatan rambut yang dianggap sepele. Padahal perawatan rambut seperti keramas, tidak hanya diwajibkan bagi wanita tetapi juga pria. Penting sekali bagi pria dan wanita untuk melakukan keramas rutin karena ternyata bisa memberikan pengaruh yang tidak sehat pada kulit wajah.

Rambut yang kotor dan tidak dirawat tidak hanya mempengaruhi penampilan tetapi juga bisa menyebabkan jerawat. Keringat, aroma, dan debu yang menempel di rambut bisa mengotori wajah sehingga memicu munculnya jerawat pada pria. Rambut lain di wajah seperti kumis dan janggut yang tidak terpelihara juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat.

3. Kebiasaan makan yang salah

Apa yang kamu konsumsi setiap hari ternyata juga berpengaruh pada kesehatan kulit wajah. Mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Terlebih jika kamu makan makanan yang  mengandung lemak dan berminyak. Oleh sebab itu, perhatikan apa yang kamu konsumsi agar wajah dan kulit tubuh lainnya terbebas dari masalah jerawat.

4. Merokok dan konsumsi alkohol

Penyebab timbulnya jerawat pada pria adalah efek dari mengonsumsi rokok dan minuman yang mengandung alkohol. Pria memang lebih cenderung lebih banyak menjadi perokok aktif ketimbang wanita. Konsumsi rokok dan alkohol ini merangsang aktivitas hormonal yang mengakibatkan wajah memproduksi minyak berlebih. Sehingga akan berdampak buruk di wajah dengan munculnya masalah kulit seperti jerawat dan lainnya.

5. Faktor stres

Jerawat pada pria juga dipicu oleh adanya faktor stres. Stres sebenarnya bisa menyerang siapa saja, terlebih pria. Bisa stres dalam pekerjaan di kantor, maupun stres menghadapi persoalan kehidupan. Meski begitu, pria tidak mengetahui bahwa stres bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah.

Ketika stres, otot di wajah akan menjadi tegang dan membua kelenjar keringat meningkat. Akibatnya muncul masalah jerawat. Jika stres, sebaiknya kamu mengeluarkan beban pikiran dengan traveling atau curhat kepada teman terdekat agar tidak mengalami stres berkepanjangan.

Mengatasi Jerawat Pada Pria

jerawat pada pria

Ada beberapa cara mengatasi jerawat pada pria yang harus kamu ketahui agar kulit wajah kamu senantiasa bersih dan mulus. Berikut yang bisa kamu lakukan.

1. Bersihkan wajah secara teratur

Membersihkan wajah rutin dan teratur merupakan hal yang wajib dilakukan tidak hanya oleh wanita tetapi juga pria. Sisa kotoran dan minyak serta sisa make up bisa membuat pori-pori kamu tersumbat jika tidak dibersihkan dengan baik dan benar. Jika saluran kelenjar penghaisl minyak di wajah tersumbat, itu bisa memicu tumbuhnya jerawat.

2. Pilihlah produk perawatan wajah yang sesuai

Jangan sembarangan memilih produk kecantikan untuk wajah sebab bisa menimbulkan jerawat atau disebut dengan acne cosmetica. Kamu perlu menghindari produk yang menyebabkan iritasi dan mengandung alkohol sebab produk tersebut bisa menimbulkan jerawat di wajah. Penting juga memilih produk pembersih wajah yang bisa membersihkan hingga pori-pori terdalam. Kamu bisa mencoba produk dengan kandungan carnitine dan ekstrak super fruit yang disebut ampuh bersihkan wajah menyeluruh.

3. Kendalikan stres

Stres bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Semakin tinggi tingkat stres seseorang maka akan semakin meningkat juga kondisi jerawatnya.

4. Berhenti merokok

Mengatasi jerawat pada pria bisa dengan berhenti merokok. Ini seperti tindakan pencegahan. Merokok bisa memicu produksi radikal bebas dalam tubuh yang kemudian memicu produksi protein penyebab inflamis atau peradangan 9protein sitokin. Molekul inilah yang berperan ketika fase pertama tumbuhnya jerawat. Kadar sitokin yang tinggi juga terdapat pada pori-pori yang  mengalami sumbatan. Jadi, jika ingin terbebas dari jerawat, kamu harus berhenti merokok.

5. Kurangi konsumsi dairy food

Menurut penelitian, ternyata mengonsumsi produk yang mengandung susu dan dairy bisa meningkatkan produksi sebum yang menjadi pemicu sumbatan di kelenjar minyak sehingga jerawat muncul di wajah. Mengatasi jerawat pada pria bisa dimuali dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan baik bagi tubuh dan kulit.

6. Bersihkan ponsel yang penuh bakteri

Kuman dan bakteri banyak menempel pada ponsel kamu. Menempelkan ponsel terlalu sering di wajah bisa menyebabkan muka berjerawat karena kuman pada ponsel menempel di wajah. Solusinya yaitu dengan menggunakan earphone dan rajin untuk membersihkan ponsel kamu sebelum digunakan.

7. Perhatikan alat cukur yang digunakan

Gunakan pisau cukur sekali pakai agar lebih aman dan terhindar dari kuman. Jika menggunakan produk yang berkali-kali pakai, pastikan alat cukur tersebut selalu dalam keadaan bersih. Sebab, alat ini bisa memicu tumbuhnya jerawat.

8. Obati jerawat yang ada

Jerawat yang sudah muncul di wajah tidak boleh disepelekan. Artinya jerawat tersebut harus sesegera mungkin diobati agar tidak terjadi peradangan yang bisa menyebabkan komplikasi berupa scar. Scar jerawat berupa bercak gelap atau merah yang susah untuk dihilangkan. Selain itu juga membuat tekstur kulit kamu tidak rata. Jika sudah pada kondisi ini, pengobatan akan lebih susah lagi. Kamu pastinya gak mau kan?

Semoga informasi di atas bisa membantu kamu mengatasi jerawat yang muncul ya!

Related posts
KecantikanKulit

13 Langkah Perawatan Kecantikan ala Korea

Diet & NutrisiKecantikanRambut

12 Makanan untuk Rambut Sehat

GigiKecantikan

10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Scaling Gigi

KehamilanKesehatanPrakonsepsi

5 Jenis Vaksin Sebelum Menikah yang Disarankan