KecantikanKulit

Kapan Usia Tepat Mulai Gunakan Produk Anti Aging?

produk anti aging

Pasti kamu sudah sering dengar produk anti aging. Penggunaan produk anti aging bertujuan untuk mengurangi dan juga memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan terutama di kulit wajah.

Tanda-tanda penuaan ini biasanya terlihat cukup jelas di kulit sehingga bisa mengurangi kepercayaan diri. Menggunakan produk yang mengandung anti aging merupakan salah satu solusi agar kerutan di kulit wajah bisa tersamarkan.

Baca Juga:

Sebagian dari kamu juga pasti bertanya-tanya, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan produk yang satu ini. Apakah aman dipakai ketika masih muda, atau menggunakan anti aging saat sudah berusia 30 tahun ke atas saja?

Usia untuk Mulai Gunakan Produk Anti Aging

produk anti aging

Sesuai dengan tujuannya, tentu saja penggunaan produk anti aging ini sebaiknya dimulai ketika sudah mulai muncul tanda-tanda penuaan di kulit wajah. Hal ini biasanya terlihat ketika berusia 30 tahun awal. Tanda-tanda yang paling terlihat adalah garis halus, kerutan di kulit wajah, serta pigmentasi kulit yang tidak merata.

Dengan demikian, terjawab sudah pertanyaan untuk menggunakan produk anti aging di usia awal 20-an. Tentu di usia tersebut kamu kulit kamu belum membutuhkannya. Meskipun penggunaan produk yang satu ini akan lebih menunjukkan hasil yang baik jika sedini mungkin digunakan, tetapi ada baiknya gunakan produk tersebut saat tanda penuaan mulai terlihat di wajah kamu.

Tanda-tanda Penuaan Pada Kulit

produk anti aging

Mengenai kapan usia tepat mulai gunakan produk anti aging ini bisa diketahui dari tanda-tanda penuaan yang sudah muncul di kulit wajah. Ada beberapa tanda yang biasanya terlihat:

  • Muncul kerutan di area sekitar mata serta di area antara alis dan juga dahi
  • Elastisitas kulit yang mengendur atau berkurang
  • Garis senyum yang semakin dalam
  • Bintik cokelat mulai muncul
  • Pori-pori terlihat membesar
  • Warna kulit tidak merata

Nah, ketika tanda-tanda di atas sudah mulai kamu rasakan, segeralah mulai menggunakan produk anti aging agar tanda-tanda penuaan tersebut bisa tersamarkan. Biasanya bagian tubuh yang sering terkena sinar matahari seperti area tangan, wajah, dan leher menjadi area yang paling kelihatan tanda-tanda awal penuaan. 

Bahan-Bahan Penting yang Terkandung Dalam Produk Anti Aging

produk anti aging

Tentu saja ada banyak sekali produk-produk anti aging yang dengan mudah bisa kamu temukan di pasaran. Tapi kamu perlu tahu beberapa bahan penting yang biasanya ada dalam produk anti aging.

1. Biotin

Menurut studi yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, vitamin H atau dikenal sebagai biotin ini bisa mengurangi gejala seperti kulit bersisik, retak di sudut mulut, serta gejala rambut rontok.

Biotin ini bisa membantu menguatkan rambut, kuku, dan kulit sebab membantu sel-sel mencapai siklus pertumbuhan secara penuh. Untuk mendapatkan kandungan biotin ini secara alami, bisa ditemukan pada telur, alpukat, kembang kol, kacang, dan kedelai.

2. Asam Alfa-lipoat

Tanda-tanda penuaan kulit bisa dicegah dengan asam alfa-lipoat. Selain itu, kandungan ini juga bisa memberikan efek sejuk di kulit wajah. Tidak hanya itu, asam alfa-lipoat ini juga melindungi kulit, meningkatkan produksi energi sel dan juga bermanfaat mengurangi penuaan juga radang.

3. Ceramide

Bahan yang terdapat dalam produk kecantikan anti aging yang satu ini mampu melembapkan kulit yang kering dan iritasi. Kulit sebenarnya juga mengandung ceramide alami yang berfungsi mengikat air sehingga kulit bisa terus terhidrasi. Namun, seiring bertambahnya usia, ceramide mengalami penurunan sehingga kamu perlu menggunakan produk anti aging dengan kandungan ceramide ini.

4. Teh hijau

Sudah tahu dong kalau teh hijau mengandug antioksidan dan anti inflamasi. Teh hijau ini ternyata juga memiliki manfaat anti penuaan karena mengandung polifenol, sejenis flavonoid yang mengurangi kerusakan akibat sinar matahari. Teh hijau juga berfungsi mengurangi kerusakan kolagen dan melindungi kulit dari kanker serta efektif meregenerasi sel kulit.

5. Koenzim Q10

Kulit yang sudah kekurangan koenzin Q10 akan membuat kulit menjadi kurang memproduksi kolagen. Hal ini biasanya terjadi pada yang sudah berusia 30 tahun ke atas. Sehingga penting untuk menggunakan produk dengan kandungan Koenzim Q10 ini.

6. Hyaluronic Acid

Asalam yang satu ini merupakan pelembap yang kuat dan menjadi faktor penting yang menjaga kulit tetap lentur dan terhidrasi. Semakin efektif jika kamu bisa mengaplikasikannya dua kali sehari.

7. Vitamin C

Antioksidan yang bermanfaat melindungi kulit dari polusi lingkungan dan sinar buruk UV adalah vitamin C. Selain itu, Vitamin C ini juga bisa meningkatkan kolagen kulit sehingga kulit lebih bersinar dan tanda-tanda kriput dan garis halus di wajah bisa berkurang.

8. Jojoba oil

Minyak jojoba merupakan minyak yang diekstrak dari tumbuhan jojoba yang dikenal kaya dengan vitamin E, vitamin B Kompleks, dan seng yang bisa membantu merawat kulit sensitif dari munculnya tanda-tanda penuaan. Jika digunakan secara teratur, Jojoba oil ini juga mampu mengendalikan jerawat dan juga emnghilangkan lingkaran hitam di area bawah mata.

9. Kafein

Mengonsumsi kafein secara berlebihan bisa membuat kulit cerah kamu berkurang. Tetapi jika kafein diaplikasikan ke kulit wajah, bisa membuat kulit jadi lebih kencang. Bahkan kafein ternyata punya khasiat antioksidan yang begitu kuat sehingga bisa melindungi kulit dari radiasi UV dan meperlambat proses photoaging di kulit wajah kamu.

10. Retinol

Retinol merupakan turunan dari vitamin A yang berkhasiat mengurangi kerutan di kulit wajah serta mampu meratakan pigmentasi kulit. Bahan aktif yang satu ini ada dalam produk anti aging kamu.

Selain menggunakan produk anti aging, kamu juga perlu melakukan perawatan medis sehingga tanda-tanda penuaan bisa diatasi lebih maksimal. Bisa dengan melakukan chemical peeling, laser toning, microneedle therapy dan tindakan medis lainnya yang kulit kamu butuhkan. Tapi pastikan hanya melakukannya dengan dokter spesialis ya!

Related posts
KecantikanKulit

7 Masker Alami untuk Kulit Kering

Kecantikan

9 Tips Agar Bibir Tidak Hitam

KecantikanKulit

Serba-Serbi Memilih Skincare untuk Kulit Sensitif

KecantikanKulit

10 Manfaat Petroleum Jelly untuk Kulit