KecantikanPriaRambut

Tips Mengatasi Kebotakan pada Pria

Kebotakan pada Pria

Dibandingkan wanita, pria lebih mudah dan lebih cepat mengalami kebotakan pada rambutnya. Apalagi bagi pria yang memiliki keturunan botak, hal ini akan lebih mudah untuk terjadi di usia muda. Umumnya pria yang memiliki keturunan botak akan mulai mengalami kerontokan rambut di usia 20 tahunan dan jika hal ini terus berlangsung maka akan menyebabkan kebotakan di usia muda. 

Baca Juga:

Kebotakan rambut memang sangat mengganggu, apalagi bagi pria muda karena akan menurunkan rasa percaya diri.

Lantas langkah apa saja agar kerontokan pada rambut mudah ditanggulangi? Berikut adalah beberapa tahapan yang mungkin bisa kamu coba untuk mengobati kebotakan pada pria.

1. Olahraga dan Tidak Merokok

Kebotakan pada Pria

Olahraga memang suatu kewajiban bagi tubuh kamu, hal ini akan membantu tubuh kamu untuk tetap sehat dan bugar, apalagi jika hal tersebut dilakukan dengan rutin dan diikuti dengan diet makanan yang sehat sehingga suplai darah yang penuh nutrisi akan tetap terjaga dan akan merawat pertumbuhan rambut kamu. 

Di sisi lain, umumnya kebanyakan pria adalah seorang perokok, namun sayangnya rokok mengandung banyak racun yang dapat membahayakan tubuh kamu dan memungkinkan untuk merusakan organ tubuh kamu sehingga akan mengganggu kesehatan dan berdampak kepada penyakit yang berbahaya.

Salah satu gangguan kesehatan yang mungkin terjadi adalah kerontokan rambut, hal ini karena tubuh kamu dipaksa untuk mengkonsumsi racun yang tidak dibutuhkan oleh tubuh kamu.

2. Menjaga Pola Hidup

Kebotakan pada Pria

Pola hidup yang teratur memang sangat penting, diantaranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang dan dibutuhkan oleh tubuh, seperti sayuran, buah-buahan, daging, dan makanan sehat lainnya yang dapat mensuplai nutrisi yang baik untuk rambut kamu. Namun selain menjaga pola makan yang sehat, kamu juga harus mengatur stress dengan baik. 

Kamu harus mampu menjaga tubuh kamu untuk selalu bahagia dan mengurangi stress agar rambut kamu tetap menawan dan tumbuh dengan baik. Kebanyakan orang mengaku mengalami kerontokan ketika mengalami stress atau bekerja di bawah tekanan sehingga hal ini akan memperparah kondisi kebotakan pada pria.

3. Merawat Rambut dan Kulit Kepala

Kebotakan pada Pria

Setelah menjaga keseimbangan dari dalam tubuh, kamu juga tetap membutuhkan beberapa perawatan rambut dari luar. Diantaranya adalah dengan melakukan pijatan-pijatan ringan pada kulit agar peredaran darah di bawah permukaan kulit kamu tetap lancar sehingga bisa mencegah kerontokan.

Perhatikan juga sampo dan masker rambut yang kamu gunakan, tak ada salahnya jika kamu menggunakan masker rambut seminggu sekali sehingga rambut kamu tetap ternutrisi dengan baik. Dan hal lainnya adalah dengan menggunakan perawatan rambut tambahan, seperti menggunakan minyak rambut agar rambut kamu tidak kering dan tidak mudah patah sehingga dapat tumbuh dengan sehat.

4. Mengobati dengan Obat dan Laser

Kebotakan pada Pria

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunjungi dokter spesialis dan mintalah saran dari dokter untuk memberikan obat yang dibutuhkan oleh jenis rambut dan juga jenis kerontokan yang kamu alami.

Lakukanlah pengobatan dengan rutin sesuai anjuran dokter dan amati perubahannya. Jika kamu merasa pengobatan tersebut terlalu lama dan tidak membuahkan hasil, kamu dapat mencoba pengobatan kerontokan rambut dengan laser.

Laser dipercaya dapat menumbuhkan rambut di area yang botak, hal ini terjadi karena laser akan membakar permukaan kulit kepala dan menimbulkan efek inflamasi sehingga akan merangsang kulit kepala untuk menumbuhkan rambut yang baru.

Selain hal-hal di atas, kamu juga harus mengetahui tingkat kebotakan pada rambut kamu agar pencegahan kerontokan pada rambut pria lebih efektif. Jangan lupa untuk tetap memeriksakan kondisi kesehatan tubuh, olahraga secara teratur, dan menghindari stres.

Maka dari itu, yuk mulai sekarang lebih aware lagi terhadap kesehatan rambut. Tak hanya wanita, kamu para pria juga berhak memiliki rambut yang sehat dan menawa, lho! Semoga bermanfaat!

Related posts
KecantikanPriaRambut

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Pria

KecantikanKulit

Ini Dia Tips Memilih Sabun Cuci Muka Untuk Kulit Kering

Kecantikan

Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur? Mungkin Ini Alasannya!

KecantikanKulit

6 Manfaat Madu untuk Wajah