KecantikanKulitPria

8 Langkah Mencegah Jerawat pada Pria

mencegah jerawat pada pria

Serangan jerawat memang tidak melihat jenis kelaminnya. Pria atau wanita semuanya bisa mengalami kulit wajah berjerawat. Tapi ternyata munculnya jerawat pada pria dan kulit wanita memiliki perbedaan. Perbedaan yang dimaksud berada pada jenis kulit dan juga pola hormonal.

Baca Juga:

Pola hormonal yang dimaksud adalah kadar androgen yang berbeda yang dimiliki wanita dan wanita. Level androgen antara pria lebih konstan ketimbang pada wanita, sehingga jerawat akan terus ada selama tidak diobati. Sementara kadar androgen pada wanita itu dipengaruhi oleh siklus menstruasi sehingga kadang jerawat pada wanita muncul tiba-tiba dan hilang juga dengan sendirinya.

Jerawat pada Pria dan Wanita

mencegah jerawat pada pria

Namun menurut sebagian dokter, penyembuhan jerawat yang sulit pada pria disebut kurang tepat karena ternyata jerawat bukanlah permasalahan kulit yang dibedakan atas jenis kelamin penderita, sebab faktor penyebabnya juga sama.

Secara umum, jerawat disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori karena produksi minyak yang berlebihan dan peningkatan hormon. Meskipun memang jumlah produksi minyak pada pria lebih banyak daripada wanita. Namun, bukan berarti hal ini membuat penyembuhan jerawat pada pria lebih susah ketimbang wanita.

Melihat pada proses terbentuknya jerawat pada pria dan wanita juga sama. Minyak atau sebum yang diproduksi kelenjar minyak bergerak ke permukaan kulit melalui akar rambut. Kemudian kelenjar tersumbat karena sel-sel kulit sehingga membuat minyak terperangkap dan tidak bisa keluar.

Dalam kondisi minyak yang tersumbat pada sel-sel kulit ini, bakteri propionibacterium acnes akan tumbuh dan terjadi peradangan dan jerawat pun muncul. Jika jerawat pada pria disebut lebih sulit untuk dihilangkan mungkin dipengaruhi oleh gaya hidup. Seperti misalnya kebiasaan merokok pada pria lebih sering ketimbang wanita, membuat jerawat jadi susah hilang.

Kandungan racun pada rokok juga dapat menyebabkan kerusakan kulit. Tidak heran jika seorang perokok memiliki kulit yang lebih kusam dan tampak lebih tua dari yang seharusnya. Pada perokok juga risiko-risiko gangguan kulit lainnya juga meningkat, termasuk masalah jerawat.

Aktivitas pria yang cenderung lebih serig di luar ruangan ketimbang wanita juga berpengaruh pada kondisi jerawat di wajah. Terlalu lama dan sering berada di luar ruangan berarti wajah sering terpapar debu dan polusi serta kotoran lainnya. Ditambah lagi faktor pria yang malas membersihkan wajah setelah beraktivitas. Mungkin membersihkan wajah, tetapi hanya sekilas saja, tidak benar-benar hingga bersih dan melanjutkan dengan serangkaian produk kecantikan lainnya seperti wanita.

Sehingga diambil kesimpulan bahwa penyembuhan masalah jerawat pada pria lebih sulit dihiangkan kurang tepat. Karena jerawat tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin melainkan faktor-faktor kebiasaan dari masing-masing orang. Jika wanita memiliki gaya hidup yang tidak sehat, bukan tidak mungkin permasalahan kulit wajah yang dialaminya juga akan sulit diatasi.

Cara Mencegah Munculnya Jerawat pada Pria

mencegah jerawat pada pria

1. Hindari terlalu sering konsumsi dairy food

Dalam publikasi Journal of American Academy of Dermatology menyebutkan, produk dengan kandungan susu dan dairy bisa meningkatkan produksi minyak alias sebum di wajah. Sedangkan sebum merupakan pemicu terjadinya penyumbatan di kelenjar minyak yang dapat menimbulkan kerawat di kulit wajah.

2. Tidak merokok

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, merokok dapat memicu produksi senyawa kimiawi yang disebut radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas inilah yang membuat tubuh kamu memproduksi protein sehingga menyebabkan peradangan (inflamasi) yang sering disebut sitokin. 

Sitokin inilah yang disebut memiliki peran ketika fase-fase awal munculnya jerawat. Pada penelitian yang sudah dilakukan, pori-pori yang tersumbat, banyak ditemukan sitokin pemicu jerawat. Sehingga diambil kesimpulan bahwa jerawat akan hilang dan tidak muncul jika kamu berhenti merokok. 

Tidak hanya rokok bentuk fisik, tetapi merokok dengan e-cigarettes atau dikenal dengan istilah vape, ternyata juga memiliki efek yang sama saja. Keduanya dapat meningkatkan sitokin dalam tubuh dan menyebabkan peradangan dan munculnya jerawat.

3. Bersihkan wajah secara  teratur

Baik pria ataupun wanita, wajib untuk memastikan wajahnya bersih. Membersihkan wajah haruslah teratur dan rutin agar kulit wajah terhindar dari jerawat. Sisa kotoran, minyak, polusi, ataupun debu yang menempel pada wajah akan membuat saluran kelenjar penghasil minyak akan tersumbat sehingga memicu munculnya jerawat. Jadi, rajinlah mencuci dan membersihkan wajah, bro!

4. Pilih produk perawatan kulit yang tepat

Memilih produk perawatan wajah yang tidak tepat bisa memicu munculnya jerawat di wajah. Hindari produk kecantikan yang mengandung alkohol dan juga terlalu iritatif karena bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Sebaiknya memilih produk perawatan wajah yang cocok di kulit dan kemampuan lainnya. Seperti misalnya membersihkan kotoran yang menempel di kulit bahkan hingga ke pori-pori terdalam. Biasanya permbersih ini mengandung carnitine dan sebagainya yang bisa membersihkan wajah secara menyeluruh.

5. Rutin membersihkan ponsel

Ponsel ternyata juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di wajah karena banyaknya kuman dan bakteri yang menempel. Lalu, ponsel ini sering menempel di wajah ketika menelpon seseorang. Inilah yang menyebabkan munculnya jerawat di wajah. Solusinya adalah dengan membersihkan ponsel sebelum digunakan.

6. Bersihkan alat cukur sebelum digunakan

Usahakan untuk menggunakan pisau cukur hanya sekali pakai saja. Selain itu, perhatikan juga kebersihan alat cukur yang akan kamu gunakan serta produk aftershave nya. Sebab, benda-benda ini bisa memicu munculnya jerawat.

7. Kendalikan stres

Ternyata jerawat pada pria juga dipengaruhi oleh kondisi psikologis seperti stres, misalnya. Menurut penelitian yang dilakukan tahun 2007, semakin tinggi tingkat stress seseorang, semakin parah pula kondisi jerawatnya.

8. Jangan membiarkan jerawat yang ada

Jerawat yang sudah muncul di wajah harus diobati segera agar peradangan juga bisa segera diatasi. Membiarkan jerawat bisa menyebabkan munculnya komplikasi sehingga munculnya scar. Scar jerawat ini bermacam-macam bentuknya, bisa berupa bercak gelap atau merah yang susah dihilangkan, tekstur kulit tidak rata, dan sebagainya.

Yuk, hindari munculnya jerawat pada pria atau wanita agar semakin percaya diri. Jangan melakukan hal-hal yang bisa menyebabkan munculnya jerawat jika kamu sudah mengetahuinya!

Related posts
KecantikanKesehatan

Bahaya Kosmetik Palsu dan Oplosan Serta Cara Menghindarinya [Panduan Lengkap]

KecantikanKulit

Serba-Serbi Jerawat Batu yang Harus Kamu Tahu

KecantikanKulit

11 Penyebab Wajah Kusam yang Sering Tak Disadari

Gaya HidupKebugaranPria

5 Gerakan Senam Kegel untuk Pria