KecantikanKulit

13 Langkah Perawatan Kecantikan ala Korea

Perawatan Kecantikan ala Korea

Berkat demam K-pop dan drama, wajah mulus, cerah, dan glowing membuat perawatan kecantikan ala Korea amat diminati oleh kalangan wanita Indonesia. Meski terkenal dengan praktik operasi plastik, ternyata tidak semua wanita Korea melakukan operasi plastik untuk mendapatkan kulit cerah dan mulusnya.

Baca Juga:

Tetapi dengan melakukan perawatan sehingga mendapatkan kulit wajah yang mulus, terawat, dan sehat. Perawatan kulit kecantikan ala korea ini dilakukan dengan konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Setelah mengetahui jenis kulit kamu, perawatan kulit menggunakan produk kecantikan menjadi mudah untuk kamu lakukan. Apa saja 13 urutan perawatan kecantikan ala korea yang bisa kamu tiru? Berikut informasinya!

1. Cleansing

Tentu saja, tahapan pertama jika ingin mendapatkan kulit mulus seperti wanita Korea, kamu harus rutin untuk membersihkan kulit wajah. Tahap pertama yang harus kamu lakukan ketika mengikuti perawatan kecantikan ala korea yaitu cleansing, yaitu mengangkat kotoran atau sisa make up yang menempel di kulit wajah dengan menggunakan oil cleanser agar dibersihkan secara mendalam.

Setelah menggunakan oil cleanser, bersihkan wajah dengan foam cleanser agar kotoran bisa terangkat secara maksimal. Penggunaan foam cleanser ternyata bisa menyeimbangkan pH kulit. Gunakan produk yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit wajah yang sedang kamu hadapi.

2. Toning

Setelah melewati tahap cleansing atau tahap pertama, masuk pada tahap kedua yaitu pemakaian toner. Biasanya di Korea, toner merupakan produk yang mengandung bahan-bahan yang terkenal memiliki khasiat baik seperti aloe vera, hyaluronic acid, dan kandungan lainnya. Penggunaan toner ini berfungsi agar kulit wajah lebih lembap dan kencang. Carilah produk toner yang ringan dan mudah diserap kulit dan tidak meninggalkan rasa lengket.

3. Essence

Tahap ketiga dari rangkaian perawatan ala Korea adalah essence. Essence berfungsi menutrisi kulit dan membuat produk-produk kecantikan yang digunakan lebih efektif. Di korea sendiri, ada dua jenis essence yang biasa digunakan, yaitu first essence dan regular essence.

Namun, first essence jarang digunakan, orang lebih banyak menggunakan regular essence dalam perawatan kecantikannya. Tekstur dari kedua essence ini sebenarnya hampir sama, yaitu sama-sama cair dan lebih cepat untuk meresap ke dalam kulit.

4. Spot treatment dan vitamin C

Vitamin C merupakan produk yang banyak digunakan dan dicari oleh wanita karena mampu membuat kulit terlihat lebih cerah dan putih. Produk vitamin C bisa diandalkanu untuk berbagai fungsi seperti whitening, spot treatment, brightening, dan pore tighteing. 

Namun, penggunaan vitamin C ini bukan tanpa efek samping, lho. Sel-sel kulit mati bisa terkelupas dan kulit menjadi sensitif saat terkena sinar matahari. Sehingga penting untuk menggunakan sunscreen di siang hari baik beraktivitas di luar ruangan atau di dalam ruangan.

5. AHA dan BHA

Jangan pusing dulu jika baru pertama kali mendengar dua istilah ini. AHA merupakan Alpha Hydroxy Acid dan BHA adalah singkatan dari Beta Hydroxy Acid. Kedua jenis kandungan dalam skincare ini adalah exffoliator yang bisa mencegah kulit kamu keriput, menghilangkan jerawat, mengurangi garis halus yang muncul di wajah, serta menghilangkan komedo yang mengganggu.

Pada rangkaian perawatan kecantikan ala korea, penggunaan AHA dan BHA ini dilakukan sebelum serum. Bahkan bisa digunakan di siang hari dengan tetap menggunakan sun protection. Masalah-masalah kulit yang muncul akan semakin kompleks seiring dengan bertambahnya usia.

6. Ampoule dan serum

Nah, produk perawatan kecantikan ala korea yang wajib digunakan selanjutnya adalah serum. Penggunaan serum jadi salah satu kunci kulit wajah wanita korea yang mulus tanpa noda. Selain serum, ada juga ampoule yang juga menjadi bagian penting. Serum dan ampoule ini seringnya dismakan oleh sebagian orang, padahal keduanya berbeda.

Dilihat dari tingkat konsentrasinya, ampoule lebih tinggi dibanding serum. Ampoule terbuat dari satu jenis bahan yang bisa mengatasi satu permasalahan kulit. Berbeda dengan serum yang memiliki konsentrat yang leih kental, dan terbuat dari banyak bahan sehingga mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit, gak Cuma satu saja. Namun, wanita korea biasanya secara umum hanya menggunakan salah satunya saja.

7. Sheet mask

Step selanjutnya penggunaan sheet mask. Ritual yang satu ini wajib dilakukan jika ingin memiliki wajah mulus bersinar seperti wanita korea. Penggunaan sheet mask dalam rangkaian perawatan kecantikan ala korea dilakukan di malam hari yang rutin lebih kurang tiga kali dalam seminggu. 

Menggunakan masker atau sheet mask ini dilakukan setelah menggunakan serum agar mengunci skincare yang digunakan sebelumnya bisa terkunci dan bekerja secara lebih maksimal. Namun, menggunakan sheet mask juga bisa dilakukan di siang hari sebelum menggunakan make up. Hal ini dilakukan agar kulit wajah terlihat bercahaya dan lebih segar.

Menggunakan sheet mask  juga mudah. Pasang sheet mask dengan rapi di seluruh permukaan wajah lalu diamkan sekitar 10-20 menit. Lepas masker dan tepuk-tepuk wajah perlahan agar kandungannya meresap dengan baik di kulit wajah.

8. Face oil

Untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering, tambahkan essential oil sebagai perawatan tambahan dalam rangkaian perawatan kecantikan ala korea. Minyak yang digunakan pada umumnya seperti jojoba oil, tea tree, argan oil, dan essential oil lainnya.

9. Emulsion

Emulsion atau dikenal dengan pelembap adalah produk yang juga sangat penting. Teksturnya ringan seperti lotion yang mengandung susu dan berwarna putih. Cara menggunakannya juga sama dengan produk lainnya. Cukup oleskan dengan lembut pada kulit wajah dengan menggunakan kapas.

10. Eye cream

Mata menjadi salah satu bagian wajah yang juga sensitif karena memiliki kulit yang tipis. Jika salah perawatan, bagian mata ini akan mudah mengalami penuaan dini.

Untuk mencegahnya perlu menggunakan eye cream. Sebenarnya penggunaan eye cream ini tidak hanya menjadi perawatan kecantikan korea saja, melainkan juga menjadi rekomendasi produk kecantikan Amerika.

11. Lotion

Penggunaan lotion pada wajah juga sebagai pelembap, baik untuk kulit normal maupun kulit kombinasi. Tingkat konsistensi lotion ini lebih kental jika dibandingkan emulsion tetapi lebih cair dari cream. 

12. Night cream

Penggunaan night cream penting dilakukan di malam hari karena memberikan manfaat baik untuk kulit wajah. Menggunakannya sebelum tidur bisa membuatnya bekerja secara optimal untuk membuat kulit wajah sehat dan terjaga kelembapannya. Sehingga ketika bangun tidur, kulit wajah terasa cerah dan lebih segar.

13. Sleeping mask

Perawatan kecantikan ala korea diakhiri dengan menggunakan sleeping mask. Sesuai dengan namanya, sleeping mask ini digunakan sebelum tidur dan dibilas bersih ketika bangun tidur.

Related posts
KecantikanKesehatan

Bahaya Kosmetik Palsu dan Oplosan Serta Cara Menghindarinya [Panduan Lengkap]

KecantikanKulit

Serba-Serbi Jerawat Batu yang Harus Kamu Tahu

KecantikanKulit

11 Penyebab Wajah Kusam yang Sering Tak Disadari

KecantikanKulit

Tips Mencegah Bekas Jerawat Muncul di Wajah