Diet & NutrisiKecantikanRambut

12 Makanan untuk Rambut Sehat

Makanan untuk Rambut Sehat

Memiliki rambut sehat adalah dambaan setiap orang, khususnya wanita. Sebenarnya merawat rambut agar tetap sehat bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu ke salon. Cukup memilih produk perawatan rambut yang sesuai agar bisa menjaga kesehatan rambut. 

Baca Juga:

Rambut indah belum tentu tanpa masalah. Bisa saja seiring berjalannya waktu, muncul berbagai masalah seperti rambut rontok, bercabang, dan kering. Sebenarnya untuk mendapatkan rambut sehat, tidak hanya tergantung pada produk kesehatan rambut yang digunakan, tetapi juga memperhatikan konsumsi makanan yang baik untuk rambut

Makanan yang baik untuk rambut ternyata mempengaruhi kesehatan rambut. Ada beberapa daftar makanan yang berguna untuk membuat rambut sehat.

1. Ikan salmon

Makanan untuk Rambut Sehat

Ikan-ikan sejenis salmon, mackarel, dan sarden merupakan jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 ini ada pada membran sel di kulit kepala serta ada pada minyak di rambut yang membuat rambut kamu tetap terhidrasi setiap saat. Selain itu, 3 persen dari rambut kamu terdiri dari asam lemak 3.

Salah satu ikan yang kaya akan lemak omega 3 adalah ikan salmon. Dengan mengonsumsi ikan salmon, bisa membuat rambut kamu terlihat lebih berkilau, lebat dan membantu pertumbuhan rambut. Meskipun dibutuhkan oleh tubuh, tetapi tubuh tidak bisa memproduksi sendiri asam lemak omega 3. Sehingga penting untuk mendapatkan asupan yang cukup dari makanan yang kamu konsumsi.

2. Bayam

Makanan untuk Rambut Sehat

Sayur bayam kaya akan vitamin A, vitamin C, beta karoten, folat, dan zat besi. Nutrisi-nutrisi yang ada pada sayuran hijau, termasuk bayam, dikenal bermanfaat untuk tubuh. Nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam sayur bayam bekerja sama untuk menjaga kesehatan rambut kamu.

Rambut akan terus terjaga agar tetap lembap dan tidak kering yang bisa menyebabkan rambut patah-patah atau pecah. Jika ingin mengganti bayam, kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi kale.

3. Greek yoghurt

Makanan untuk Rambut Sehat

Seperti yang sudah diketahui, jenis greek yoghurt kaya akan vitamin B5 atau dikenal dengan asam pantotenik. Selain itu, greek yoghurt juga kaya akan protein yang bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

Vitamin B5 berfungsi membantu aliran darah ke kulit kepala dan membuat pertumbuhan rambut lebih baik. Vitamin yang terdapat pada greek yoghurt ini juga berfungsi mengatasi masalah rambut rontok.

4. Daging tak berlemak

Makanan untuk Rambut Sehat

Tubuh yang kekurangan portein akan menghambat pertumbuhan rambut dan bahkan berpotensi menghentikan pertumbuhan rambut. Ini akan berefek pada kebotakan rambut jika pertumbuhan rambut berhenti dan terjadi kerntokan pada rambut yang ada di kepala.

Oleh sebab itu penting menjaga agar protein dalam tubuh tetap terus tercukupi. Kamu bisa mendapatkan asupan protein dari daging yang tidak berlemak seperti daging ayam, dagng kalkun, serta jenis daging lainnya yang tidak mengandung terlalu banyak lemak jenuh.

5. Sereal 

Makanan untuk Rambut Sehat

Salah satu akibat besar dari kekurangan zat besi dalam tubuh adalah munculnya masalah rambut rontok. Namun, kamu bisa mencukupi asupan zat besi dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan-makanan seperti sereal yang terfortifikasi, pasta, gandum, susu, lentil, dan kacang.

Bisa juga mendapatkan asupan zat besi dari daging sapi khususnya ati. Atau bisa juga mengonsumsi kerang dan jug asayuran hijau agar zat besi yang dibutuhkan tubuh bisa dipenuhi.

6. Jambu

Makanan untuk Rambut Sehat

Seperti sudah diketahui bahwa buah jambu merupakan buah yang banyak ditemukan di kawasan tropis. Buah jambu kaya akan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C ini berfungsi melindungi rambut yang rusak seperti patah-patah.

Bahkan jumlah kandungan vitamin C yang terdapat pada jambu jumlahnya 4 kali lebih banyak daripada jumlah vitamin C yang harus didapatkan tubuh setiap harinya, hanya dengan mengonsumsi segelas air ekstrak jambu dalam ukuran 377 mg. Luar biasa, bukan?

7. Kayu manis (cinnamon)

Makanan untuk Rambut Sehat

Pada setiap sarapan pagi yang kamu konsumsi, kamu bisa menambahkan bubuk kayu manis di atasnya yang berfungsi membantu sirkulasi darah ke kulit kepala. Hal ini penting karena pada aliran darah menuju kulit kepala tersebut juga membawa oksigen dan nutrisi yang diperlukan oleh kantung rambut kamu.

8. Ubi jalar

Makanan untuk Rambut Sehat

Antioksidan yang terkandung pada ubi jalar dibutuhkan oleh tubuh. Antioksidan yang disebut juga beta karoten ini dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A yang berfungsi untuk menghindari rambut kering.

Selain itu, beta karoten ini juga berfungsi merangsang kelenjar yang ad di kulit kepala untuk memproduksi sebum yang membuat rambut kamu tidak akan mengalami kekeringan.

9. Tiram

Makanan untuk Rambut Sehat

Rambut sehat bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan mineral zinc, salah staunya adalah tiram. Tubuh yang kekurangan zinc bisa membuat kamu kehilangan rambut indahmu serta rambut pada bulu mata.

Pertumbuhan rambut sangat bergantung pada zinc karena mineral inilah yang membantu rambut bekerja secara lebih maksimal. Zinc ini juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi daging sapi, lobster, kepiting, serta sereal.

10. Telur

Makanan untuk Rambut Sehat

Kesehatan rambut juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi telur karena dapat membantu menjadikan rambut sehat. Vitamin B yang tinggi dalam telur disebut biotin membantu pertumbuhan rambut. Penyerapan vitamin B akan lebih maksimal dengan adanya sulfur yang juga terkandung dalam telur.

11. Kelapa

Makanan untuk Rambut Sehat

Jika ingin mendapatkan hidrasi yang natural bagi kesehatan rambut, kamu bisa mengonsumsi air kelapa karena mengandung kalium. Kalium merupakan elektrolit yang membantu nutrisi pada sel tubuh berpindah.

Minyak kelapa juga baik untuk menjadikan rambut sehat karena kaya akan lemak sehat, vitamin K, vitamin E, serta mineral. Di mana nutrisi tersebut berguna untuk kesehatan rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut serta membuat kulit kepala tetap lembab.

12. Oats

Makanan untuk Rambut Sehat

Makanan yang baik untuk rambut selanjutnya adalah oats yang diketahui kaya akan magnesium, biotin, zinc, serta kalium. Jika nutrisi tersebut kurang, rambut akan mudah rapuh dan juga patah. Sebaiknya, menurut anjuran dokter, oat diendapkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Misalnya membuat oats yang dicampur susu. Ada baiknya membiarkan oats terserap oleh susu di malam harinya dan baru dikonsumsi di pagi harinya sebagai menu sarapan sehat.

Related posts
KecantikanKesehatan

Bahaya Kosmetik Palsu dan Oplosan Serta Cara Menghindarinya [Panduan Lengkap]

KecantikanKulit

Serba-Serbi Jerawat Batu yang Harus Kamu Tahu

KecantikanKulit

11 Penyebab Wajah Kusam yang Sering Tak Disadari

KecantikanKulit

Tips Mencegah Bekas Jerawat Muncul di Wajah