KecantikanKulit

7 Manfaat Air Mawar untuk Wajah

Manfaat Air Mawar untuk Wajah

Air mawar sudah tidak diragukan lagi manfaatnnya untuk kecantikan wajah, sudah digunakan selama ribuan tahun jadi ramuan tradisional. Bahkan banyak juga produk kecantikan sekarang yang menggunakan kandungan air mawar menjadi bahan dasarnya. Ternyata manfaat air mawar ini begitu banyak, yaitu untuk mencerahkan kulit, mengecilkan pori-pori di wajah, dan sebagainya.

Baca Juga:

Menggunakan air mawar untuk kulit memberikan efek relaksasi karena mengandung bahan antiseptik dan antibakteri. Kulit yang radang dan terkena efek ruam juga bisa diredakan dengan anti inflamasi yang ada pada air mawar.

Vitamin A, C, dan E yang terkandung di dalamnya juga baik sebagai antioksidan yang mampu menjadi anti aging (penuaan). Mau tahu apa saja manfaat air mawar untuk wajah? Yuk simak penjelasannya bersama Okadoc Indonesia berikut ini.

Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat Air Mawar untuk Wajah

Air mawar memiliki fungsi yang begitu banyak. Jika tertarik untuk merasakan manfaatnya, kamu harus tahu cara menggunakan air mawar agar hasilnya lebih maksimal. 

1. Dapat mencegah munculnya jerawat

Air mawar seperti yang udah disebutkan bahwa mengandung antiseptik yang bermanfaat untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat. Agar terbebas dari jerawat, cara menggunakan air mawar ini cukup di pagi dan malam hari, setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan skincare. Penggunaan secara rutin bisa membuat kulit kamu cerah dan masalah kulit berjerawat bisa segera diatasi.

2. Menjadi toner alami wajah

Manfaat air mawar untuk wajah ini mungkin sudah tidak asing lagi. Banyak yang menggunakan air mawar sebagai toner atau juga pembersih wajah yang akan membuat kulit wajah kamu segar. Cara menggunakan air mawar sebagai toner juga gak susah, tuang air mawar di kapas dan tepuk lembut di wajah. Lakukan secara rutin sebelum tidur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mencegah penuaan dini

Dalam air mawar ditemukan formula yang bisa diandalkan, yaitu rose hip seeds. Kandungan vitamin C ini bermanfaat sebagai antioksidan yang mampu meminimalisir munculnya kerutan di wajah dan garis halus sehingga wajah tampak lebih awet muda.

4. Mencerahkan kulit wajah

Manfaat air mawar lainnya yaitu untuk mencerahkan kulit wajah. Kandungan seperti vitamin A dan E yang terkandung dalam air mawar akan bekerja mengeksfoliasi kulit wajah. Tidak hanya itu, antioksidan dari air mawar ini juga dapat meregenerasi jaringan kulit dan memperkuat sel-sel kulit wajah.

5. Meredakan peradangan kulit

Kandungan anti inflamasi pada air mawar ternyata bagus untuk mengurangi kemerahann pada kulit yang disebabkan oleh iritasi kulit seperti jerawat dan masalah kulit lainnya. Bahkan air mawar juga bisa mengurangi minyak berlebih di wajah dan membersihkan pori-pori wajah sehingga tidak menyebabkan munculnya komedo.

6. Memberi efek relaksasi

Manfaat air mawar yang terkenal yaitu memberikan efek relaksasi alias menenagkan kulit. Jika kamu suka kegiatan berendam, kamu bisa mencampurkan air mawar ini ke dalam bak air hangat saat menikmati aktivitas berendam.

Cara menggunakan air mawar untuk berendam ini mudah, cukup campurkan dua gelas ekstrak air mawar agar memberikan efek relaksasi yang maksimal bagi kulit tubuh setelah penat dengan rutinitas harian. 

7. Melembabkan kulit bagian bawah mata

Apakah kamu salah satu yang memiliki kulit kering di bawah mata? Nah, ternyata nutrisi pada air mawar ini bisa melembabkan area bawah mata, lho. Sehingga kulit bagian bawah mata kamu tetap terhidrasi seharian. Gunakan rutin agar manfaat air mawar ini bisa kamu rasakan secara maksimal.

Manfaat Air Mawar Lainnya

Manfaat Air Mawar untuk Wajah

1. Mengurangi ketombe

Ternyata air mawar bisa mengurangi ketombe yang ada di kepala kamu, lho. Manfaat air mawar ini memang sudah terkenal karena bisa mengatasi radang yang terjadi di kulit kepala dan bisa menghilangkan ketombe pada rambut.

Cara menggunakan air mawar ini mudah kok, gunakan sebagai kondisioner alami pada rambut sehingga nutrisi yang  terkandung pada air mawar bisa mengurangi ketombe yang ada.

2. Memanjangkan rambut

Selain bermanfaat untuk menghilangkan ketombe, air mawar juga bermanfaat untuk memanjangkan rambut, lho. Jika kamu mengalami masalah rambut yang sulit tumbuh panjang, ada baiknya mencoba menggunakan air mawar ini. Cara menggunakan air mawar untuk memanjangkan rambut ini cukup mudah, kamu hanya perlu mengusapkan air mawar pada rambut secara rutin.

3. Menjaga kesehatan rambut

Rambut kering dan mudah kotor? Mungkin kamu perlu mencoba ramuan air mawar. Ekstrak mawar ini bisa merawat dan menjaga kesehatan rambut kamu agar penampilan kamu bisa terus terjaga. Cara menggunakan air mawar ini hanya dengan mengusapkannya pada rambut yang terasa kering dan kotor. Tenang saja, karena kandungan antiseptik nya tidak akan menyebabkan iritasi.

4. Mengurangi garis akibat celana dalam

Pada bagian lipatan kaki dan bagian kewanitaan seringnya ada bekas pakaian dalam. Tentu saja ini mengganggu karena tidak enak dipandang mata. Parahnya lagi, kadang bekas yang ditinggalkannya berwarna merah. Jangan khawatir, sebab kamu bisa menggunakan manfaat air mawar untuk menghilangkannya. Caranya cukup dengan mengompresnya dengan air mawar. 

5. Perawatan penyakit kulit

Bagi warga negara di daerah tropis, penyakit kulit mungkin sudah tidak asing lagi. Ternyata manfaat air mawar ini bisa digunakan sebagai perawatan penyakit eczema, dermatitis, lecet, dan luka bakar. Air mawar menjadi antiseptik dan anti inflamasi untuk merawat kulit agar lebih baik.

Cara Membuat Air Mawar Sendiri

Manfaat Air Mawar untuk Wajah

Meskipun air mawar sudah banyak dijual di pasaran, tetapi kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Meracik sendiri berarti menghemat biaya. Cara membuatnya mudah, kamu perlu menyiapkan 2-3 bunga mawar segar dan terbebas dari pestisida. Sediakan juga air bersih dan steril. Lepaskan kelopak mawar lalu cuci hingga bersih secara perlahan saja.

Masukkan kelopak mawar bersih dalam panci dengan air yang tidak terlalu banyak agar manfaat mawar tidak hilang. Didihkan dengan api rendah hingga bunga mawar tidak berwarna lagi. Masukkan cairan dalam botol spray dan simpan pada kulkas untuk menjaga kesegarannya. 

Related posts
KecantikanKulit

13 Langkah Perawatan Kecantikan ala Korea

Diet & NutrisiKecantikanRambut

12 Makanan untuk Rambut Sehat

GigiKecantikan

10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Scaling Gigi

KecantikanRambut

9 Cara Memanjangkan Rambut dengan Alami