KecantikanKulit

7 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Cuka apel pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Cairan herbal ini ternyata memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Bahkan manfaat cuka apel sudah dikenal sejak jaman Yunani kuno yang digunakan untuk pengobatan oleh ahli kesehatan di jaman itu.

Baca Juga:

Cairan cuka apel ini didapat dengan cara melumatkan apel dan memeras cairannya. Kemudian, masukkan bakteri dan ragi sehingga fermentasi alkohol bisa dimulai. Kemudian, cairan apel juga ditambahkan gula yang diubah jadi alkohol. Nantinya alkohol dirubah menjadi cuka oleh suatu bakteri yang bertugas membentuk asam asetat (acetobacter).

Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Setelah melalui proses fermentasi, pada cuka apel akan tersisa kandungan seperti asam asetat, katekin, asam gallic, dan sebagainya. Kandungan inilah yang membuat cuka apel bermanfaat sebagai antioksidan dan antibakteri. Selain baik untuk kesehatan, cuka apel untuk wajah juga memberikan banyak manfaat. Simak manfaat cuka apel untuk wajah berikut ini:

1. Mengatasi jerawat

Jerawat yang membandel di wajah memang membuat siapa saja risih. Pasti malu banget kalo ketemu teman, sahabat, gebetan, atau bahkan pacar, tapi kondisi muka berjerawat. Nah, ternyata cuka apel bisa membantu kamu mengatasi masalah jerawat, lho.

Kandungan asam malat pada cuka apel berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur. Jika digunakan secara rutin dan teratur, wajah kamu bisa terhindari dari bercampurnya minyak, kotoran, dan juga bakteri yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Tentu menggunakan cuka apel bisa kamu andalkan untuk mengatasi jerawat.

2. Mengurangi bintik-bintik penuaan

Sering dengar kandungan Alpha Hydroxy Acid alias AHA? Kandungan ini sering akan sering kamu temukan di dalam produk skincare yang sering kamu gunakan. Kabar bagusnya, kamu bisa menemukan kandungan tersebut dalam cuka apel.

Manfaat cuka apel untuk wajah ini bisa menghilangkan kulit mati dan mendorong pembentukan sel kulit baru sehingga lebih sehat dan membuat kulit kamu terlihat lebih cantik terawat. Kini wajah mulus bukan lagi sekadar mimpi! Bekas jerawat juga bisa hilang dengan menggunakan cuka apel untuk wajah, lho.

3. Mencegah kerutan

Gunakan cuka apel setiap hari pada kulit wajah agar kerutan kamu bisa tersamarkan. Kandungan asam pada cuka apel bisa membuat kerutan dan garis-garis halus pada wajah kamu semakin berkurang. Sehingga tampilan kamu akan lebih memikat dan awet muda.

4. Menyeimbangkan pH kulit

Kulit yang terlalu kering atau terlalu berminyak serta wajah yang kencang dan elastis. Hal ini bisa jadi karena pH kulit wajah yang tidak seimbang. Selain itu, pH kulit yang tidak seimbang bisa menyebabkan gangguan-gangguan kulit lainnya juga.

Tapi, kamu bisa memanfaatkan cuka apel agar produksi sebum di wajah kamu bisa seimbang. Kandungan pH pada cuka apel ini mirip dengan lapisan pH pada kulit, sehingga menggunakan cuka apel secara rutin bisa mencegah kulit wajah kamu kering atau terlalu berminyak.

5. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori yang besar tentu mengganggu tampilan wajah kamu. Cuka apel mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA) bisa membantu pembentukan sel kulit baru yang membuat penampilan kamu lebih mempesona. Kandungan AHA ternyata juga bisa mengecilkan pori-pori kulit sehingga kulit wajah lebih halus saat disentuh. Manfaat AHA yang lainnya adalah bisa mencerahkan kulit karena proses pigmentasi yang maksimal.

6. Detoks kulit

Cuka apel juga bermanfaat untuk membersihkan kulit wajah dan mengeluarkan racun yang ada. Racun pada kulit ini yang membuat kulit terlihat kusam dan berjerawat. Cuka apel juga mengandung beta karoten yang bisa mencegah kulit rusak. Manfaat cuka apel untuk wajah juga bisa untuk mengangkat sel kulit mati dan diganti dengan sel kulit yang baru. 

7. Mengatasi sunburn

Sinar matahari memang akan mengganggu liburan di pantai kamu. Tapi rasa perih dan sakit akibat terbakar sinar matahari tentu saja bisa kamu atasi dengan manfaat cuka apel. Masalah kulit terbakar matahari ini bisa diatasi dengan menyeimbangkan kada pH kulit wajah. Bahkan cuka apel juga akan mempercepat penyembuhan dan melindungi kulit agar tidak lecet atau mengelupas akibat terbakar sinar matahari.

Cara Penggunaan Cuka Apel untuk Wajah

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Cuka apel untuk wajah sangat mudah untuk diaplikasikan. Bisa dijadikan toner, masker, atau menjadi pembersih wajah sehari-hari. Tapi gak boleh sembarangan, karena ada aturannya juga. Yuk simak cara menggunakan cuka apel untuk wajah.

1. Toner wajah

Seperti penggunaan toner pada umumnya, toner digunakan setelah membersihkan wajah agar kotoran dan sisa minyak dan makeup terangkat sempurna dari wajah. Tapi jangan gunakan cuka apel secara langsung ya. Cara menggunakan cuka apel untuk dijadikan toner adalah dengan mencampurkan air dengan cuka apel dengan perbandingan 1:2.

Lalu, tuangkan toner pada kapas, lalu oleskan pada wajah agar kulit sehat dan kerutan berkurang. Jika kulit sensitif, campurkan cuka apel dengan lebih banyak air.

2. Masker wajah

Kulit wajah memang mengganggu. Tapi cuka apel ternyata bisa jadi solusi. Campurkan dua sendok makan madu dnegan satu sendok makan cuka apel, aduk rata. Masker dari campuran cuka apel dan madu ini bisa langsung dioleskan di wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Biarkan masker menempel selama 20 menit pada kulit. Setelahnya, bilas wajah dengan air hangat dan bilas dengan air dingin biasa setelahnya. 

Cara menggunakan cuka apel untuk wajah agar lebih cerah bisa dilakukan dengan mencampurkan 2 sendok makan krim asam sebagai campuran maskernya. Cukup gunakan masker 2 kali seminggu agar kulit lembap, menghilangkan kulit mati, mencerahkan kulit, menghilangkan bekas jerawat, serta mengecilkan pori-pori yang besar.

3. Obat jerawat

Agar cuka apel bisa menjadi obat jerawat, caranya cukup mudah. Campurkan cuka apel dengan air perbandingan 1:3. Lalu oleskan campuran cuka apel tersebut di bagian kulit berjerawat. Tunggu beberapa detik dan bilas dengan air, keringkan. Campuran ini bisa membuat bekas jerawat kamu menghilang asal digunakan dengan rutin.

4. Garam mandi

Buat yang suka berendam, aktivitas mandi kamu akan jadi menyenangkan dan mendapat relaksasi dengan cuka apel sebagai garam mandi. Cara menggunakan cuka apel ini mudah, kamu hanya perlu mencampurkannya pada air rendaman yang akan digunakan. 500 ml cuka apel dicampur dengan 650 gram garam epsom serta sekitar 15 tetes essential oil. Selamat mencoba!

5. Mengatasi gigitan serangga

Kulit yang gatal akibat serangga tentunya sangat mengganggu. Tapi tenang, masalah ini bisa diatasi dengan cara alami dengan cuka apel. Cara menggunakan cuka apel ini juga tidak susah. Cukup tepuk dengan lembut bagian yang gatal menggunakan kapas yang sudah dituangkan cuka apel terlebih dahulu.

Related posts
KecantikanKulit

7 Tips Memilih Serum untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

7 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

Penyebab Pori-Pori Membesar yang Harus Kamu Tahu

KecantikanKulit

5 Tanda Skincare Tidak Cocok dengan Kulitmu