KecantikanKulit

6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Kulit

lidah buaya untuk kesehatan

Akhir-akhir ini, lidah buaya menjadi primadona di kalangan wanita. Tumbuhan dengan bentuk khas bergerigi ini menjadi bahan utama yang hampir dipakai oleh seluruh merek skincare, baik produksi dalam negeri maupun luar negeri.

Mulai dari pelembab hingga tabir surya, semua brands berlomba-lomba mencantumkan aloe vera alias lidah buaya ini sebagai bahan baku utamanya.

Baca Juga:

Hal ini bukan hanya gimmick marketing saja karena lidah buaya memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan kulit.

Bagi kamu yang ingin tahu apa saja manfaat lidah buaya untuk kulit wajah maupun keseluruhan tubuh, yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Melembabkan Kulit

manfaat lidah buaya

Gel lidah buaya, adalah salah satu bahan yang ampuh dalam mengembalikan kelembaban kulit wajah, memberikan efek kulit yang kenyal, sehat, dan juga bercahaya.

Menariknya, nilai plus gel lidah buaya dibanding bahan-bahan pelembab lainnya adalah bahan ini tidak meninggalkan lapisan berminyak saat digunakan sekaligus mampu melembutkan kulit tanpa menyumbat pori-pori pada kulit wajah sehingga tidak menyebabkan jerawat bagi pemilik jenis kulit acne-prone.

2. Menyembuhkan Luka

manfaat lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu bahan yang ampuh digunakan untuk mengobati berbagai jenis luka. Dr. Danhof dari North Texas Research Laboratories menyatakan bahwa lidah buaya mampu membuat sel kulit beregenerasi delapan kali lebih cepat serta mampu menembus lapisan luar kulit atau yang disebut sebagai epidermis empat kali lebih cepat dibanding air.

Lidah buaya diyakini mampu mempercepat penyembuhan luka berkat sifat antivirus serta anti inflamasi, yang mana kedua sifat ini juga berperan dalam mengurangi rasa sakit pada luka yang jenisnya basah ataupun luka di bagian mulut.

Kandungan asam amino, vitamin C, vitamin B1, B2 serta B6 memperkuat khasiat lidah buaya sebagai obat pereda rasa sakit alami pada luka dan melindungi sistem kekebalan pada tubuh melalui antibodi yang diciptakannya. Selain itu, kandungan anti bakterinya juga mampu mencegah infeksi sehingga proses pemulihan luka pun tak terhambat.

3. Mencegah Jerawat dan Komedo

manfaat lidah buaya

Siapa yang tak sebal dengan jerawat dan komedo? Bila kamu mengalami hal yang sama, tak usah khawatir. Manfaatkan saja gel lidah buaya sebagai solusinya, baik dalam bentuk masker alami ataupun produk skincare yang lebih praktis.

Lidah buaya memiliki sifat anti-bakteri, anti-mikroba serta antiseptik sehingga mampu mencegah bakteri dan patogen lain yang menyebabkan infeksi serta pembengkakan.

Sedikit tips untuk membantu mempercepat penyembuhan serta mencegah jerawat datang kembali, kamu bisa mencoba mencampurkan gel lidah buaya dengan madu, kemudian oleskan pada bagian kulit yang memerlukan dan diamkan beberapa saat sebelum dibilas.

4. Mengencangkan Kulit Wajah

manfaat lidah buaya

Bagi kamu yang sudah mengalami indikasi penuaan maupun yang belum, ada baiknya untuk mulai rutin menggunakan lidah buaya sebagai solusi mencegah penuaan.

Lidah buaya mengandung vitamin C dan E, beta-karoten, serta zat antioksidan yang mampu meremajakan sel-sel kulit, menyamarkan garis-garis kerutan halus pada wajah, serta menunda penuaan.

Kandungan dalam lidah buaya ini juga membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah sekaligus menghidrasi dan menjaga kelembaban kulit serta membuatnya kulit menjadi kencang.

Apabila kamu memiliki aktivitas harian yang padat dan tidak punya waktu lebih untuk merawat wajah, kamu bisa mengonsumsi lidah buaya yang berbentuk suplemen untuk menambah produksi kolagen dalam tubuh sehingga elastisitas kulit menjadi meningkat dalam hitungan 90 hari.

5. Melembabkan dan Membuat Bibir Merona

manfaat lidah buaya

Manfaat lidah buaya lainnya bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi bibir kering, pecah-pecah dan berwarna pucat. Kandungan vitamin E pada lidah buaya mampu membuat bibir kembali menjadi lembab.

Apabila dioleskan secara rutin dan terus menerus, maka lidah buaya mampu membantu mengembalikan rona bibir yang cerah, sehingga bibirmu akan kembali terlihat lembab, plumpy, sehat dan merona cerah meski tanpa lipstik.

Sebagai perawatan setelahnya, kamu bisa memilih lipbalm yang mengandung lidah buaya untuk menambah warna pada bibir agar terkesan lebih hidup namun tetap natural.

6. Melembabkan Kulit Kepala dan Mencegah Ketombe

manfaat lidah buaya

Punya masalah rambut berketombe? Jika kamu mengalami hal ini, gunakan saja lidah buaya. Oleskan di kulit kepala, diamkan beberapa saat.

Akan lebih baik apabila kamu menutup kepala dengan haircap agar khasiatnya lebih optimal. Setelah beberapa saat, bilas dengan air dan keramaslah dengan shampoo seperti biasa. Kulit kepala akan terasa lembab dan lebih bersih, ketombe pun tak timbul lagi.

Psstt, lidah buaya juga mampu menyuburkan rambut serta mengembalikan kilau hitam alami rambut lho. All in one, praktis dan mudah, bukan?

Temukan info kesehatan lain di Okadoc Indonesia. Portal informasi kesehatan terlengkap dan terbaru.

Related posts
KecantikanKulit

7 Tips Memilih Serum untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

7 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

Penyebab Pori-Pori Membesar yang Harus Kamu Tahu

KecantikanKulit

5 Tanda Skincare Tidak Cocok dengan Kulitmu