KecantikanKulit

10 Manfaat Petroleum Jelly untuk Kulit

manfaat petroleum jelly

Istilah petroleum jelly pastinya sudah tidak asing lagi ya di telinga kita. Terdiri dari campuran minyak mineral dan lilin, banyak banget manfaat petroleum jelly yang bisa kita dapatkan. Meski awalnya hanya digunakan sebagai obat penyembuh luka, kini manfaat petroleum jelly bisa kita rasakan untuk kulit juga!

Baca Juga:

Pemakaian petroleum jelly juga terbilang aman karena cocok digunakan untuk jenis kulit kering, berminyak ataupun sensitif. Manfaat petroleum jelly juga bisa mudah kita aplikasikan sehari – hari karena aman digunakan pada daerah kulit yang tipis dan sensitif. Khusus untuk kulit berminyak, ada baiknya untuk mengaplikasikan petroleum jelly tipis – tipis agar tidak menghambat pori – pori kulitmu.

Manfaat Petroleum Jelly untuk Kulit

manfaat petroleum jelly

1. Mengatasi kulit bibir dan kelopak mata

Fungsi inilah yang paling sering kita rasakan manfaatnya, tidak hanya kulit namun juga bibir dan kelopak mata. Kulit yang kering akan lebih beresiko pecah – pecah, gatal dan bahkan mengalami luka. Bagian kelopak mata merupakan bagian kulit yang paling rawan untuk terluka karena paling tipis dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Jika kelopak mata kamu kering, cobalah untuk mengoleskan sedikit petroleum jelly untuk menahan kelembaban dan juga menambah proteksi kepada kulit. Untuk hasil terbaik, cobalah untuk mengaplikasikan petroleum jelly saat kulitmu masih lembab.

2. Membantu menyembuhkan luka

Petroleum jelly bisa digunakan untuk memaksimalkan penyembuhan luka – luka kecil seperti tergores ataupun tergaruk. Salah satu manfaat petroleum jelly yang paling vital adalah menjaga kelembaban, sehingga jika diaplikasikan ke luka, bagian tubuh kamu yang terluka tidak akan meluas ataupun bertambah parah. Selama kamu rajin membersihkan bekas luka setiap hari, maka kamu tidak perlu mengaplikasikan anti bakteri lagi.

3. Mencegah peradangan kulit

Peradangan kulit bisa timbul ketika permukaan kulit satu sisi dengan sisi lainnya saling bergesekan satu sama lain ataupun bergesekan secara intens dengan pakaian atau celana yang melekat. Untuk mencegah timbulnya luka peradangan kulit, cobalah untuk mengoleskan petroleum jelly ke bagian tubuh yang rawan terkena peradangan kulit seperti kaki dan paha.

4. Merawat ruam akibat pemakaian popok

Pemakaian popok secara terus menerus, kelembaban bercampur pertumbuhan bakteri yang tak terkontrol seringkali menimbulkan ruam. Maka, jika anak kamu terkena ruam akibat popok, cobalah untuk mengaplikasikan petroleum jelly setiap berganti popok.

Dengan perawatan yang tepat, ruam bayi kamu akan membaik dalam jangka waktu tiga hingga empat hari. Namun, jika ruam di kulit tidak cenderung membaik, ada baiknya untuk memeriksakan anak kamu ke dokter ataupun dermatologis terpercaya.

5. Merawat kelembaban kuku

Kamu termasuk orang yang rajin melakukan manicure dan pedicure? Bukan tidak mungkin, kelembaban kuku kamu akan jauh berkurang dan menjadi kering. Untuk menghindari hal ini terjadi, cobalah untuk mengoleskan petroleum jelly secara tipis – tipis di daerah kuku dan kutikula saat sedang melakukan manicure ataupun pedicure.

Hal ini akan membantu mengurangi resiko terkelupasnya kulit kuku dan membantu mengurangi resiko rusaknya kuku. Untuk mendapatkan hasil terbaik, cobalah untuk mengoleskan petroleum jelly ketika kuku dalam keadaan lembab.

6. Merawat kulit wajah dan badan

Petroleum jelly bisa menggantikan fungsi body dan face lotion juga loh ternyata. Untuk menjaga kulit wajah dan kulit badan agar tetap lembab, cobalah untuk mengoleskan petroleum jelly setelah mandi. Kalau daerah sekitar hidung kamu lumayan kering, tidak ada salahnya juga untuk mengoleskan petroleum jelly agar hidung kamu terlindungi dari alergi, cuaca panas ataupun cuaca kering.

7. Mengobati tumit pecah – pecah

Kamu memiliki mobilitas yang tinggi? Atau kamu sering memakai sepatu hak tinggi ataupun wedges? Ketiga kemungkinan ini dapat mengakibatkan kulit tumit kamu pecah – pecah. Kulit tumit bisa dengan mudah kita rawat dengan merendam kedua kaki kita ke dalam air hangat yang ditambahkan dengan garam secara rutin dan berkala.

Setelah itu coba untuk mengeringkan kaki dengan handuk, kemudian aplikasikan petroleum jelly secukupnya dan pakailah kaus kaki yang berbahan katun.

8. Merawat kulit tangan

Kegiatan sehari – hari ataupun profesi kamu sehari – hari membuat tangan kamu kering? Kamu tak perlu mengurangi aktivitasnya, tapi kamu perlu menjaga kesehatan kulit tanganmu dengan lebih teliti lagi. Contohnya, bagi kamu yang suka berkebun, cobalah untuk memakai petroleum jelly setelah kamu membersihkan tangan.

Oleskan petroleum jelly dengan menyeluruh sebelum memakai sarung tangan untuk membantu mengunci kelembaban dan mempercepat penyembuhan jika ada luka atau goresan di kulit tanganmu.

9. Membersihkan make up

Pembersih yang mengandung minyak sudah lama dikenal sebagai bahan yang efektif untuk menghapus make up. Nah, kandungan minyak yang juga terkandung dalam petroleum jelly ini sangat aman untuk digunakan untuk area mata loh. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan cotton bud untuk mencapai berbagai daerah yang sulit dijangkau.

Tekan perlahan dan menyeluruh, usahakan jangan terlalu keras ya, bisa – bisa mata kamu malah jadi cedera. Pastikan untuk menutup mata selama proses pembersihan make up.

10. Mencegah noda pada kulit

Saat mewarnai rambut ataupun mengecat kuku, seringkali ada cat – cat yang tercecer dan menempel di kulit. Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, cobalah untuk mengaplikasikan petroleum jelly sebelum melakukan pengecatan rambut ataupun kuku. Jika ada noda menempel, maka noda tersebut akan lebih mudah dibersihkan.

Sisi Lain Petroleum Jelly yang Harus Kamu Tahu

manfaat petroleum jelly

Meski mengandung beragam manfaat, namun petroleum jelly hanya cocok digunakan untuk pemakaian eksternal. Jangan sampai termakan atau termasuk ke dalam tubuh. Hindari pemakaian petroleum jelly sebagai pelicin seksual karena dapat memicu infeksi bakteri di daerah ataupun organ seksual.

Petroleum jelly tidak bisa menyembuhkan luka terbakar akibat matahari. Paling tidak, petroleum jelly tidak tepat untuk digunakan sebagai penolong pertama saat kulitmu terbakar matahari. Hal ini disebabkan petroleum jelly justru dapat memerangkap panas dan membuat luka bakarmu bertambah parah.

Menurut American Academy of Dermatologists, petroleum jelly juga tidak dapat mengobati jerawat. Justru, petroleum jelly dapat menyebabkan break out pada kulit. Jika terdapat jerawat pada kulitmu, hindari pemakaian petroleum jelly karena dapat memperparah keadaan jerawat kamu saat itu.

Waspadai juga potensi alergi yang timbul terhadap beberapa merk petroleum jelly tertentu. Selayaknya perawatan kulit ataupun make up, petroleum jelly juga bisa tidak cocok untuk dipakai di kulit kamu. Sebaiknya coba dulu kecocokannya dengan mengoleskan sedikit petroleum jelly di belakang telinga kamu.

Jika setelah ditunggu beberapa lama, tidak menimbulkan reaksi apapun, berarti kamu cocok menggunakan petroleum jelly tersebut. Jadi, diteliti dulu sebelum pemakaian ya!

Related posts
KecantikanKulit

7 Masker Alami untuk Kulit Kering

Kecantikan

9 Tips Agar Bibir Tidak Hitam

KecantikanKulit

Serba-Serbi Memilih Skincare untuk Kulit Sensitif

KecantikanKulit

Pentingnya Double Cleansing Saat Membersihkan Wajah