Kecantikan

4 Buah-buahan untuk Memerahkan Bibir Secara Alami

memerahkan bibir secara alami

Warna bibir yang berubah dari yang mulanya pink kemerahan menjadi menghitam memang menjadi masalah serius bagi banyak orang. Perubahan warna bibir ini bisa jadi akan mengurangi rasa percaya diri, serta membuat khawatir karena mungkin saja merupakan indikasi bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh kita.

Baca Juga:

Apa sih penyebab bibir menghitam? Bagaimana cara memerahkan bibir dengan bahan-bahan alami? Yuk simak ulasan dari Okadoc Indonesia berikut ini!

Penyebab Bibir Menghitam

memerahkan bibir secara alami

1. Gaya hidup yang kurang sehat

Gaya hidup yang kurang sehat merupakan pemicu bibir mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap. Salah satu contoh gaya hidup yang kurang sehat adalah memiliki kebiasaan merokok. Bahan kimia yang terkandung pada rokok seperti nikotin hingga tar dapat menyisakan residu yang terakumulasi di bagian tubuh termasuk pada bibir.

Akumulasi residu bahan kimia ini menumpuk di bibir dan menyebabkan perubahan warna, dari yang semula kemerahan menjadi lebih gelap dan lama-kelamaan akan berubah menjadi hitam bila tidak dilakukan penanganan khusus.

Selain merokok, kebiasaan meminum alkohol juga menjadi salah satu contoh gaya hidup kurang sehat yang dapat memicu bibir menghitam. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat asam dalam alkohol, juga karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menimbulkan dehidrasi dan membuat bibir menjadi pecah-pecah serta rentan menghitam.

2. Kurang cairan/dehidrasi

Kurangnya konsumsi cairan akan berakibat pada hilangnya kelembaban di kulit, termasuk pada bibir. Tanpa konsumsi cairan yang cukup, bibir akan lebih mudah mengalami kekeringan, apalagi saat cuaca sedang panas dan kering.

Bibir yang kering ini rentan mengalami pecah-pecah, dan lebih berpeluang untuk berubah warna menjadi lebih gelap. Untuk mencegah hal ini terjadi, minumlah air mineral minimal dua liter sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, dukung dengan konsumsi buah serta sayur dan gunakan pelembab bibir alias lip balm bila dibutuhkan.

Hindari terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein karena kandungan kafeinnya adalah zat diuretik yang memicu kamu untuk buang air kecil. Apabila konsumsi kafein kita berlebih, maka kamu akan terus menerus buang air dan kehilangan banyak cairan yang berujung pada dehidrasi.

3. Mengalami hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi juga menjadi salah satu penyebab bibir menjadi hitam. Secara singkat, hiperpigmentasi dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan dimana kuantitas melanin dalam tubuh terlalu banyak, sehingga dapat memengaruhi warna kulit termasuk warna bibir. Melanin ini biasanya terbentuk bila terkena paparan matahari terlalu sering.

Wajah adalah bagian yang paling tinggi peluangnya untuk mengalami hiperpigmentasi karena rentan terpapar sinar matahari secara langsung. Untuk melindungi kulit wajah dari hiperpigmentasi tetapi tetap bisa leluasa beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya alias sunblock.

Khusus bagian bibir, pilih produk pemulas bibir baik lip balm, lip gloss, ataupun lipstick yang mengandung SPF minimal SPF 30 sebagai pelindung agar bibir tidak menghitam meski terpapar sinar matahari secara terus menerus.

4. Menggunakan kosmetik yang kadaluwarsa

Beberapa wanita terkadang melalaikan tanggal expired alias kadaluwarsa di kosmetik mereka. Sebagian lainnya tetap menggunakan kosmetik meski mengetahui bahwa tanggal kadaluwarsanya telah berakhir, dengan alasan produknya masih bisa digunakan.

Padahal, kebiasaan untuk tetap menggunakan produk meski melewati masa kadaluwarsanya memicu banyak dampak negatif bagi kulit. Misalnya saja untuk produk lipstik. Lipstik yang telah kadaluwarsa tentu saja akan mengalami penurunan kualitas dan memengaruhi kesehatan, salah satunya adalah mengakibatkan perubahan warna bibir menjadi lebih gelap.

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

memerahkan bibir secara alami

Bila warna bibir terlanjur menggelap, ada beberapa cara untuk mengatasinya, baik dengan menggunakan bahan alami, bahan kimia, hingga treatment medis khusus. Bagi kamu yang mencari cara memerahkan bibir dengan budget rendah, minim efek samping, namun tetap efektif dan terlihat hasilnya, maka cara alami adalah opsi yang tepat untukmu.

Buah-buahan berikut ini dapat membantumu untuk memerahkan bibir secara alami, seperti sediakala.

1. Stroberi

Buah yang identik dengan warna pink dan merah yang segar ini ternyata dapat membuat bibirmu menjadi kembali berwarna cerah dan tidak lagi gelap, lho. Ini karena stroberi mengandung vitamin C dengan kadar yang cukup tinggi sehingga mampu mencerahkan bagian kulit yang menggelap, termasuk bibir.

Stroberi juga mengandung antioksidan yang membuat warna buahnya menjadi merah terang, antioksidan ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang berpotensi membuat bibirmu jadi menggelap.

Cara menggunakannya, belah buah stroberi menjadi dua bagian. Oleskan bagian dalamnya pada bibir secara merata. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Ulangi proses ini secara rutin dan konsisten setiap harinya untuk hasil yang lebih optimal dan cepat terlihat.

2. Delima

Buah delima juga bisa menjadi opsi bahan alami memerahkan bibir yang bisa kamu pilih. Delima kaya akan kandungan polifenol. Polifenol sendiri merupakan salah satu jenis antioksidan. Sama seperti stroberi, antioksidan berupa polifenol pada delima ini mampu menangkal serangan radikal bebas pada kulit, termasuk bibir.

Bibir akan terjaga kesehatan dan juga warnanya bila terlindungi secara sempurna dari radikal bebas. Untuk menggunakannya, haluskan buah delima dengan menggunakan blender atau alat penghalus lainnya.

Haluskan hingga teksturnya berubah menjadi kental, kemudian oleskan di bibir dengan menggunakan kuas khusus masker yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

3. Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang mampu mengangkat sel kulit mati. Sel kulit mati yang terangkat akan memicu kulit untuk beregenerasi dengan baik, termasuk pada bibir. Tumpukan sel kulit mati bisa jadi menyebabkan bibir menjadi menggelap, oleh sebab itu jeruk nipis merupakan bahan yang ampuh untuk membuat bibir kembali merah merona.

Caranya pun cukup mudah. Belah jeruk nipis menjadi dua bagian. Peras airnya, letakkan dalam wadah kecil yang telah dibersihkan. Dengan menggunakan kuas bibir yang bersih atau cotton bud bersih, oleskan air perasan jeruk nipis secara merata ke seluruh bagian bibir.

Apabila terasa perih, campurkan madu untuk mengurangi efek perih yang muncul. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

4. Lemon

Kandungan lemon hampir sama seperti jeruk nipis, kaya akan vitamin C sehingga mampu membantu mengembalikan warna bibir menjadi merah merona. Cara menggunakannya pun relatif sama, yakni dengan mengoleskan air perasan lemon pada bibir dan biarkan selama 15 menit lalu dibilas sampai bersih.

Itu dia 4 buah-buahan yang bisa kamu gunakan untuk memerahkan bibir secara alami. Selain keempat bahan tersebut, kamu juga bisa menggunakan bahan alami lain dengan kandungan serupa. Selamat mencoba!

Related posts
KecantikanKulit

13 Langkah Perawatan Kecantikan ala Korea

Diet & NutrisiKecantikanRambut

12 Makanan untuk Rambut Sehat

GigiKecantikan

10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Scaling Gigi

KecantikanRambut

9 Cara Memanjangkan Rambut dengan Alami