KecantikanKulit

Memilih Sunscreen yang Tepat Untuk Kulit Berminyak

sunscreen untuk kulit berminyak

Sunscreen alias tabir surya, merupakan salah satu jenis skincare penting yang wajib digunakan, terutama mengingat Indonesia merupakan negara tropis dengan matahari yang terus bersinar sepanjang tahunnya.

Baca Juga:

Paparan sinar matahari secara berlebih dapat membawa pengaruh yang buruk bagi kulit seperti misalnya sunburn alias gosong pada kulit, hingga flek karena terpapar sinar matahari secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup panjang. Oleh sebab itu, kita membutuhkan perlindungan untuk kulit agar tetap aman meskipun terpapar sinar matahari sepanjang hari, dan sunscreen adalah jawabannya.

Sunscreen untuk Kulit Berminyak

sunscreen untuk kulit berminyak

Bagi pemilik kulit berminyak, penggunaan sunscreen mungkin menjadi hal yang dihindari karena membuat kulit wajah jadi terasa semakin berat dan berminyak, sangat tidak nyaman. Hal ini sebenarnya terjadi bukan karena semata penggunaan sunscreen, melainkan kesalahan saat memilih jenis sunscreen, sehingga wajah akan terasa lebih greasy bahkan bisa saja memicu munculnya jerawat di wajah.

Beberapa hal yang penting diperhatikan oleh pemilik kulit berminyak sebelum memilih sunscreen adalah kandungan dan teksturnya. Hindari sunscreen yang mengandung parfum atau pemutih, karena kedua bahan ini mampu memicu timbulnya jerawat yang rentan terjadi pada pemilik kulit berminyak.

Pilih sunscreen yang mengandung vitamin seperti vitamin E atau bahan-bahan lain seperti aloe vera yang mampu melembabkan kulit sehingga mengontrol produksi minyak pada wajah. Untuk tekstur, akan lebih baik untuk memilih sunscreen yang berjenis gel atau watery dibanding jenis krim atau lotion karena tekstur yang lebih ringan tentu akan lebih mudah diserap kulit sehingga tidak meninggalkan kesan greasy atau berat saat diaplikasikan.

Tekstur yang lebih ringan juga membantu menghindari pori-pori kulit menjadi tersumbat alias clogged pore, yang menjadi cikal bakal komedo dan jerawat pada wajah.

Rekomendasi Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Berminyak

sunscreen untuk kulit berminyak

1. Wardah Sunscreen Gel SPF 30

Siapa yang tak kenal dengan brand Wardah? Brand yang satu ini sangat populer di Indonesia berkat tagline kosmetik halalnya. Wardah merilis sunscreen yang dinamai Wardah Sunscreen Gel SPF 30 yang khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Tekstur gel pada sunscreen ini sangat cocok untuk jenis kulit berminyak karena mudah diserap oleh kulit dan tidak menimbulkan rasa lengket atau greasy di wajah.

Produk ini juga mengandung vitamin E sebagai antioksidan serta aloe vera dan pro vitamin B5 yang mampu membantu melembabkan kulit wajah, sangat sesuai bagi kulit berminyak yang mudah dehidrasi. Kabar baik lainnya, sunscreen ini dapat ditemukan dengan mudah di berbagai minimarket atau drugstore dengan banderol harga yang super terjangkau yakni sekitar 30 ribu saja.

2. Emina Sun Protection SPF 30 PA++

Rekomendasi kedua datang dari sister brand Wardah yakni Emina. Dengan menyasar segmentasi remaja, produk-produk Emina hadir dengan kemasan yang sangat ceria dan penuh warna. Emina memiliki produk sunscreen bernama Emina Sun Protection SPF 30 PA++. Sesuai namanya, sunscreen ini memiliki kelebihan berupa kandungan PA++ yang dapat melindungi kulit wajah dari sinar UV A, tidak seperti kebanyakan sunscreen lokal yang mampu menyediakan board spectrum.

Karena ditujukan bagi remaja, maka tekstur sunscreen ini dibuat sangat ringan, gampang menyerap dan tidak meninggalkan rasa lengket di kulit. Aman bagi pemilik kulit berminyak dan juga berjerawat. Harganya pun super ramah di kantong, yakni sekitar 28 ribu rupiah saja.

3. Skin Aqua Moisture Gel SPF 30

Merek yang satu ini juga cukup banyak beredar di drugstore atau supermarket di Indonesia. Brand asal Negeri Sakura, Jepang ini memiliki tekstur yang ringan seperti air karena dibuat dari bahan dasar berupa air alias water based. Oleh sebab itu, sunscreen ini tidak menimbulkan rasa berat dan lengket di kulit saat diaplikasikan, sangat cocok digunakan bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat.

Selain itu, sunscreen ini tidak meninggalkan whitecast di kulit dan mengandung vitamin yang mampu melembabkan kulit. Produk Skin Aqua ini dibanderol dengan harga sekitar 50 ribu rupiah.

4. Acnes UV Tint SPF 35

Bagi kamu yang butuh sunscreen dengan perlindungan ekstra, cobalah Acnes UV Tint SPF 35. Kandungan SPF 35 dalam sunscreen rilisan Acnes ini mampu memberikan proteksi lebih dan melapisi kulit wajah dengan baik. Tak hanya itu, sunscreen ini dilengkapi dengan zat anti bakteri yang sangat baik untuk kulit berminyak untuk mencegah timbulnya jerawat.

Sunscreen ini juga dilengkapi dengan kandungan vitamin B6, vitamin E, serta turunan vitamin C. Teksturnya pun lebih cair dibanding sunscreen kebanyakan. Dan keunggulan lain dari sunscreen ini adalah warnanya yang kecoklatan sehingga dapat diaplikasikan sebagai alas bedak karena mampu meratakan warna kulit. Harganya sekitar 35 ribu rupiah dan mudah ditemukan di berbagai minimarket serta drugstore.

5. Parasol SPF 33

Sedikit berbeda dari beberapa sunscreen yang telah disebutkan sebelumnya, sunscreen yang satu ini biasanya dijual di apotik dengan harga sekitar 55 ribu rupiah. Kemasannya pun sangat sederhana seperti salep obat, tidak seperti kemasan sunscreen pada brand-brand kosmetik yang menarik secara visual.

Sunscreen Parasol ini tidak mengandung parfum serta pemutih buatan, oleh sebab itu sangat cocok digunakan untuk kulit berminyak karena tidak memicu timbulnya jerawat. Sunscreen ini juga bersifat waterproof sehingga cocok digunakan untuk kegiatan outdoor hingga berenang, dengan catatan kamu tetap perlu mengaplikasikan ulang setiap beberapa saat.

6. Clinique Super City Block Oil-Free Daily Face Protector 40 SPF

Dari golongan high-end brand, sunscreen untuk jenis kulit berminyak produksi merek Clinique ini menawarkan keunggulan berupa tekstur yang cepat menyerap dan mampu mengontrol produksi minyak dengan baik, sangat cocok untuk kulit berminyak.

Meski kandungan SPF-nya lebih rendah, sunscreen dari Clinique ini masih patut dipertimbangkan berkat formulanya yang ringan dan tidak meninggalkan whitecast, dan bisa menjadi produk yang berfungsi sebagai primer makeup. Harga sunscreen besutan Clinique ini sebesar 300 hingga 450 ribu rupiah, dan dapat ditemukan di counter-counter Clinique atau drugstore tertentu.

Related posts
KecantikanKulit

13 Langkah Perawatan Kecantikan ala Korea

Diet & NutrisiKecantikanRambut

12 Makanan untuk Rambut Sehat

GigiKecantikan

10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Scaling Gigi

KecantikanRambut

9 Cara Memanjangkan Rambut dengan Alami