KecantikanKulit

Pakai Foundation Saat Wajah Berjerawat? Kenapa Tidak!

Pakai Foundation Saat Wajah Berjerawat

Menggunakan foundation saat sedang mengalami masalah jerawat? Hmm, jangan-jangan nanti malah makin parah jerawatnya! Hal ini memang menjadi kekhawatiran bagi banyak orang. Penggunaan kosmetik yang kurang tepat memang mampu menjadi penyebab semakin buruknya kondisi jerawat di wajah.

Namun dalam beberapa situasi, kamu pasti butuh untuk tampil sempurna di kesempatan-kesempatan yang spesial. Tentunya, kamu tidak ingin jerawat di wajah terpampang jelas begitu saja karena tentu akan mengganggu penampilan secara keseluruhan.

Baca Juga:

Dalam kondisi seperti ini, tidak ada pilihan lain kecuali make up to the rescue. Yup, penggunaan kosmetik seperti concealer dan foundation untuk menyamarkan jerawat secara sementara dan instan menjadi satu-satunya pilihan saat kita ingin tampil sempurna.

Kamu perlu memilih jenis foundation yang tepat untuk digunakan saat wajah berjerawat agar kondisi kulitmu tidak semakin parah. Berikut beberapa tips memilih foundation yang cocok digunakan untuk kulit berjerawat.

1. Pilih foundation cair dengan kandungan pelembab

Pakai Foundation Saat Wajah Berjerawat

Jika kamu berumur kurang dari 20 tahun, maka tidak sulit memilih jenis foundation yang cocok. Kamu hanya perlu memilih jenis yang dapat mengontrol produksi sebum karena di usia ini kulit cenderung berminyak karena produksi sebum yang berada di titik paling aktif.

Setelah melewati usia 20, meskipun sama-sama berminyak, namun kondisi kulit wajah sedikit berbeda. Di usia ini, kulit bagian dalam sebenarnya sedang mengalami kekeringan sehingga produksi sebum justru meningkat untuk tujuan melembabkan kulit yang kering. Hal ini menyebabkan kulit menjadi sangat berminyak dan rentan menimbulkan jerawat.

Kulit berminyak dan berjerawat terasa sangat lengket, akibatnya tidak ada produk makeup yang bisa menempel secara sempurna. Agar masalah ini teratasi, sebaiknya pilihlah jenis foundation cair yang memiliki kandungan pelembab.

Kandungan pelembab pada foundation berguna untuk menghidrasi kulit agar tidak terlalu kering, sehingga kulit menjadi lebih lembab dan tekstur kulit membaik.

Foundation jenis ini juga ramah bagi kulit berjerawat karena tidak menyebabkan kulit kering ataupun berminyak secara berlebihan sehingga tidak memperburuk kondisi jerawat pada wajah.

2. Hindari jenis foundation berbahan dasar minyak

Foundation berbahan dasar minyak alias oil based dikenal sebagai jenis alas bedak yang memiliki daya tahan yang cukup kuat. Akan tetapi, jenis foundation ini sangat tidak disarankan bagi pemilik kulit wajah yang tengah berjerawat.

Kandungan minyak yang berlebih dapat menyumbat pori-pori dan semakin memperparah kondisi jerawat. Akan lebih baik jika kamu memilih foundation jenis lainnya seperti misalnya foundation yang berbahan dasar air alias water based.

Foundation jenis ini memang tidak memiliki daya tahan sekuat foundation jenis krim, tetapi lebih ramah bagi kulit berjerawat karena tidak menutup pori secara berlebih.  

3. Pilih foundation berbentuk bedak/bubuk

Pakai Foundation Saat Wajah Berjerawat

Bagi pemilik kulit berjerawat, selain foundation berbentuk cair, bentuk foundation lain yang direkomendasikan adalah jenis bedak atau yang berbentuk seperti bubuk. Foundation jenis padat atau yang lebih dikenal dengan pressed foundation sejatinya adalah bentuk padat dari pigmen bubuk.

Pigmen bubuk ini memiliki fungsi menyerap serta mengontrol sebum sehingga baik bagi kulit berminyak dan berjerawat agar tidak semakin parah. Selain itu, foundation jenis ini juga sangat mudah diaplikasikan sehingga lebih gampang untuk touch up mengingat ketahanannya yang cukup terbatas, tidak seperti foundation jenis krim.

4. Pilih foundation dengan kandungan aktif membasmi jerawat

Pakai Foundation Saat Wajah Berjerawat

Kemajuan teknologi masa kini tentunya membawa dampak yang positif bagi dunia kecantikan. Saat ini, tidak sulit menemukan produk kosmetik yang memiliki fungsi skincare. Seperti misalnya foundation yang mampu mengatasi masalah jerawat.

Biasanya, foundation jenis ini mengandung bahan-bahan aktif seperti tea tree oil yang mampu membantu menuntaskan masalah jerawat. Tertarik untuk mengetahui apa saja foundation yang berfungsi ganda untuk membasmi jerawat di wajah? Berikut ini beberapa diantaranya.

  • Neutrogena Skin Clearing Liquid Foundation

    Selama ini, Neutrogena populer dengan lini skincarenya yang berfokus pada perawatan untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat. Kini, Neutrogena menghadirkan fungsi perawatan untuk kulit berminyak dan berjerawat itu dalam foundation ciptaannya yang diberi nama Neutrogena Skin Clearing Liquid Foundation.

    Sesuai dengan namanya, foundation ini mampu membuat kulit menjadi kembali bersih dan sehat karena mengandung salicylic acid yang berguna melawan bakteri penyebab jerawat. Tak hanya itu, foundation ini juga diformulasikan dengan kandungan yang bersifat non komedogenik sehingga tidak menyumbat pori-pori saat digunakan.
  • Clinique Acne Solutions Liquid Makeup

    Sesuai dengan judul yang diberikan, brand Clinique menciptakan foundation yang membawa solusi bagi kulit berjerawat. Tidak hanya mampu menyamarkan jerawat pada wajah dengan hasil akhir yang bersifat matte, foundation ini juga diperkaya dengan salicylic acid yang mampu melawan jerawat serta tidak mengandung bahan-bahan aditif yang berpotensi membuat kondisi jerawat pada wajah semakin parah seperti misalnya minyak, fragrance, hingga paraben.

    Foundation ini sangat cocok digunakan oleh pemilik kulit jenis berminyak dan berjerawat karena mampu menahan minyak sehingga riasan lebih awet dan tidak mudah luntur tanpa memperparah kondisi jerawat di wajah.
  • E.l.f. Acne Fighting Foundation

    Jika dilihat dari namanya, tentu foundation ini cukup menarik perhatian karena membawa impresi mampu melawan jerawat secara efektif. Hal ini tidaklah berlebihan mengingat foundation ini mengandung tiga bahan aktif yakni salicylic acid, witch hazel, serta tea tree oil yang sangat ampuh mengatasi jerawat.

    Dengan kombinasi ketiga bahan aktif tersebut tak heran jika e.l.f mengklaim bahwa produk mereka dapat membantu menyamarkan sekaligus mengatasi jerawat dan mencegahnya kembali datang. Selain itu, foundation ini juga diperkaya dengan kandungan aloe vera yang mampu meredakan kemerahan pada jerawat yang tengah meradang.
  • Bare Minerals Blemish Remedy Powder Foundation

    Hadir dengan bentuk powder alias bubuk, foundation produksi Bare Minerals ini tentu sangat sesuai bagi kulit berjerawat secara tekstur dan bentuk. Bare Minerals Blemish Remedy Powder Foundation ini bersifat non komedogenik dan juga dapat membantu menyamarkan kemerahan yang terjadi akibat inflamasi alias peradangan jerawat.

    Tak hanya itu, foundation ini juga dirancang secara khusus untuk menyembuhkan kulit berjerawat karena dilengkapi dengan aspen bark yang mampu menenangkan kulit serta tea tree oil yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat pada kulit wajah serta mengontrol produksi minyak agar tidak berlebih.
Related posts
KecantikanKulit

13 Langkah Perawatan Kecantikan ala Korea

Diet & NutrisiKecantikanRambut

12 Makanan untuk Rambut Sehat

GigiKecantikan

10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Scaling Gigi

KecantikanRambut

9 Cara Memanjangkan Rambut dengan Alami