KecantikanRambut

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut Bercabang

Ungkapan bahwa rambut adalah mahkota wanita tidaklah berlebihan. Sebab, rambut yang sehat dan terawat serta tertata rapi tentu saja menambah daya tarik serta kecantikan seorang wanita. Karena perannya yang signifikan ini, rambut harus mendapatkan perhatian khusus untuk merawatnya. Ada banyak masalah yang kerap terjadi pada rambut, salah satunya yang sering dikeluhkan ialah ujung rambut yang bercabang.

Baca Juga:

Jika diperhatikan secara seksama, ujung rambut yang bercabang ini cenderung sangat kering dan rapuh, terurai menjadi dua bagian. Banyak alasan di balik ujung rambut yang rusak, mulai dari perubahan cuaca, kesalahan saat merawat rambut atau penggunaan produk yang kurang tepat dan justru merusak rambut.

Penyebab Rambut Bercabang

Rambut Bercabang

Ada beberapa hal yang kerap menjadi faktor penyebab rambut cabang. Apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Terlalu sering menggunakan hair dryer atau catokan

Demi mendapatkan tatanan rambut yang rapih dan penampilan yang mempesona, banyak wanita rela menghabiskan waktunya untuk mencatok, mem-blow, hingga sekadar mengeringkan rambut dengan bantuan hair dryer setelah keramas. Padahal, suhu panas dari beragam alat penata rambut ini justru akan menghilangkan air alami yang terkandung dalam helai rambut.

Frekuensi penggunaan alat-alat dengan plat pemanas ini lama-kelamaan akan menyebabkan nutrisi alami penyusun rambut menjadi hilang, sedikit demi sedikit. Akhirnya, rambut pun mengalami kerusakan berupa kering dan bercabang karena kehilangan nutrisi.

Belum lagi bila kamu menerapkan teknik yang salah seperti misalnya menggunakannya berulang di bagian yang sama. Penggunaan alat penata rambut ini memang akan mengubah tatanan rambutmu menjadi cantik dalam sekejap, namun efek jangka panjangnya malah dapat menimbulkan kerusakan pada rambut.

2. Selalu mengikat rambut di tempat yang sama

Penyebab lain rambut bercabang ialah kebiasaan buruk berupa selalu mengikat rambut di bagian yang sama setiap hari. Hal ini bukannya tanpa alasan, tekanan kuat dari ikat rambut-lah yang menyebabkan rambut menjadi rusak. Rambut juga memerlukan ruang untuk bernafas, bila mengikatnya terlalu kencang dapat membuat pergerakan bebas rambut menjadi semakin sulit. Kerusakan akan semakin parah bila kebiasaan mengikat rambut di tempat yang sama ini dilakukan ketika rambut masih basah.

3. Terlalu sering mewarnai rambut

Cat rambut mengandung banyak bahan kimia, sehingga penggunaan cat rambut yang terlalu sering dapat merusak kealamian rambut, serta menjadi penyebab timbulnya rambut bercabang. Kondisinya akan menjadi semakin parah bila proses mewarnai rambut ini dilakukan secara berulang tanpa jeda, apalagi tidak disertai dengan pemberian serum atau vitamin untuk menjaga rambut agar tetap sehat.

4. Pakai produk perawatan rambut yang tak cocok

Menggunakan produk perawatan rambut secara rutin memang sesuatu yang baik, namun perhatikan kandungan dari produk yang menjadi pilihanmu. Apabila rambutmu tidak cocok dengan zat tertentu, maka alih-alih sehat dan terawat, rambut justru mengalami kerusakan.

Produk perawatan rambut yang komposisi bahannya kurang cocok membuat kandungan nutrisi alami pada rambut menjadi hilang, menyebabkan rambut menjadi rusak, rapuh, mudah kusut serta rentan mengalami pecah serta bercabang di bagian ujungnya.

5. Tidak memotong rambut yang rusak

Ujung rambut idealnya harus dipotong rutin paling tidak setiap enam minggu sekali. Jika tidak memungkinkan, segera ambil tindakan untuk memotong ujung rambutnya bila terlihat mengalami kerusakan ataupun bercabang. Hal ini bertujuan agar bibit rambut bercabang ini mendapat penanganan yang tepat sehingga tidak menjadi semakin parah. Biar bagaimanapun, mencegah lebih baik dibanding menanganinya ketika kerusakannya sudah semakin parah.  

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut Bercabang

Setelah mengetahui penyebabnya, kini saatnya untuk mengetahui bagaimana saja cara-cara untuk mengatasi rambut bercabang. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Menjaga asupan nutrisi

Cara pertama untuk mencegah rambut mengalami masalah bercabang ialah dengan memastikan bahwa asupan nutrisi yang Anda konsumsi setiap harinya sudah memenuhi standar dan kebutuhan nutrisi harian.

Nutrisi yang baik ini tentu akan bermanfaat bagi tubuh, termasuk pula bagian rambut karena akan membuatnya ternutrisi dengan baik dan membuat helai rambut menjadi kuat dan tidak mudah rapuh, sehingga tidak mudah pula mengalami masalah bercabang. Konsumsilah buah dan sayur secara rutin, bila perlu tambahkan vitamin agar semakin maksimal.

2. Keringkan rambut secara alami

Hindari mengeringkan rambut dengan menggunakan alat pengering rambut alias hair dryer, kecuali bila Anda sangat membutuhkannya seperti misalnya terburu-buru untuk pergi ke suatu acara penting. Di hari-hari biasa, luangkan sedikit waktu Anda untuk mengeringkan rambut secara alami.

Gunakan jenis handuk dengan bahan yang bisa menyerap air secara optimal, angin-anginkan rambut sejenak sampai kering. Jangan ikat rambut dalam keadaan basah, jangan buru-buru tidur ketika rambut masih dalam keadaan basah. Apabila diperlukan, keringkan rambut dengan angin dingin untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi pada rambut.

3. Beri jeda waktu ketika mewarnai rambut

Bila Anda adalah tipe orang yang gemar bereksperimen dengan warna rambut Anda, berilah jeda sekitar 3 hingga 4 minggu sebelum Anda memutuskan untuk mengganti warna rambut. Biarkan cat lama luntur secara alami dan tinggalkan rambut dengan warna aslinya selama jeda waktu ini. Rawat rambut secara ekstra untuk memulihkannya dari kerusakan setelah terpapar bahan kimia dari cat pewarna rambut.

Sesekali, siapkan budget khusus untuk mengambil perawatan di salon rambut langgananmu atau untuk membeli produk perawatan rambut ekstra yang bisa diaplikasikan sendiri di rumah. Pastikan rambut sudah kembali dalam kondisi sehat sebelum mewarnai rambut kembali.

4. Trimming secara rutin

Trimming atau memotong bagian ujung rambut merupakan langkah yang harus dilakukan bila rambutmu sudah mulai terlihat bercabang. Akan tetapi, lebih baik lagi bila kamu memotong ujung rambutmu secara rutin tanpa perlu menunggu rambutmu mengalami kerusakan dan bercabang.

Tak perlu khawatir harus menunggu lama untuk rambut Anda mencapai panjang yang diidamkan, sebab memotong rambut secara rutin justru akan membuat rambut menjadi lebih cepat bertambah panjang, sebab nutrisi yang ada di setiap helai rambut bisa tersalurkan dengan baik bila ujungnya tidak rusak.

5. Memilih produk perawatan rambut yang cocok

Kenali jenis rambutmu, dan zat-zat apa saja yang biasanya terkandung dalam produk perawatan rambut yang kemungkinan besar tidak cocok dengan kondisi rambutmu. Hal ini untuk mencegah rambutmu menjadi rusak karena salah memilih produk.

Hindari pula menggunakan jenis produk yang terlalu banyak mengandung zat kimia, sebaiknya pilihlah produk yang memiliki kandungan alami sehingga lebih ramah di rambut serta tidak menimbulkan efek samping baik dalam jangka waktu pendek ataupun panjang.

Related posts
KecantikanKulit

9 Manfaat Baby Oil untuk Wajah

KecantikanKulit

7 Cara Menghilangkan Bulu di Wajah yang Bisa Dicoba

KecantikanKulit

7 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

KecantikanKulit

13 Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan