KecantikanKulit

Penyebab Komedo Hitam dan Putih yang Harus Kamu Tahu

Komedo Hitam dan Putih

Siapa yang suka sedih saat di kulit wajah ada komedo? Yap, kehadiran komedo ini memang ganggu banget ya buat penampilan. Banyak orang yang mengira jika komedo adalah kotoran yang menempel di pori-pori. Sebenarnya komedo ini muncul karena pori-pori kulit wajah kamu penuh dengan minyak dan juga bakteri, kemudian berubah warna menjadi gelap ketika terkena udara.

Baca Juga:

Ternyata kemunculan komedo ini tidak cuma di kulit wajah lho, tetapi juga bisa muncul di leher, punggung, dada dan juga lengan. Tidak hanya ada komedo hitam, ada juga komedo putih yang biasanya muncul di daerah hidung. 

Apa Perbedaan Komedo Hitam dan Putih?

Komedo Hitam dan Putih

Komedo putih terbentuk karena tersumbatnya pori-pori kulit oleh sel kulit mati dan juga minyak. Saat permukaannya tertutup lapisan kulit, akan akan muncul komedo putih. Dinamakan komedo putih karena warnanya menyerupai kulit.

Sedangkan komedo hitam adalah komedo yang permukaannya terbuka sehingga terpapar udara dan kemudian akan berubah warna menjadi kehitaman atau kecoklatan. 

Komedo sebenarnya tidak menyebabkan rasa sakit, kecuali jika komedo tersebut mengalami infeksi. Infeksi tersebutlah yang menyebabkan kulit menjadi kemerahan, bengkak lalu muncul jerawat yang sering menimbulkan nyeri. 

Apa Penyebab Munculnya Komedo?

Komedo Hitam dan Putih

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa komedo muncul ketika sel kulit mati dan minyak berkumpul sehingga bisa menyumbat pori-pori. Nah, minyak tersebut dihasilkan oleh sebum atau kelenjar minyak di dalam pori-pori sehingga jika terpapar udara akan berubah warna menjadi kehitaman. 

Nah, apa saja penyebab munculnya komedo? Simak poin berikut:

  • Meningkatnya jumlah bakteri di permukaan kulit wajah
  • Mencuci wajah secara kasar sehingga terjadi iritasi kulit
  • Efek samping perawatan sinar laser wajah dan juga peeling
  • Perubahan hormon seperti karena menstruasi atau pubertas sehingga produksi minyak wajah meningkat
  • Konsumsi obat KB, lithium dan lainnya
  • Kulit terlalu lembab, bisa terjadi karena produk pelembab dan udara
  • Terkena bahan kimia yang ada pada make up kamu
  • Konsumsi makanan lemak dan gula yang tinggi

Bagaimana Cara Mencegah Munculnya Komedo?

Komedo Hitam dan Putih

Karena terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit wajah, maka akan muncul komedo. Oleh karena itu, kamu harus selalu menjaga kebersihan kulit wajah dengan maksimal. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kemunculan komedo:

1. Rajin keramas

Salah satu penyebab munculnya komedo adalah tipe rambut berminyak. Minyak pada rambut akan membuat pori-pori wajah tersumbat jika rambut bersentuhan dengan kulit wajah.

2. Cuci wajah secara teratur

Jika ingin wajah selalu bersih, kamu harus rajin cuci wajah sebelum dan sesudah tidur menggunakan sabun cuci muka yang cocok dengan tipe kulit wajahmu. Sabun cuci bisa menghilangkan penumpukan minyak yang bisa menyebabkan kemunculan komedo. Tetapi jangan terlalu sering cuci muka karena bisa mengakibatkan iritasi kulit.

3. Cuci sprei dan sarung bantal seminggu sekali

Wajib hukumnya untuk mengganti sarung bantal dan sprei seminggu sekali. Hal ini tentunya dilakukan untuk menghilangkan sisa kotoran dan minyak pada tempat tidur. Mengganti sprei juga mencegah munculnya jerawat pada wajah.

4. Hindari makanan tinggi lemak dan gula

Jika kamu ingin kulit wajah glowing tanpa komedo, sebaiknya kamu menghindari makanan yang mengandung tinggi gula dan lemak.

5. Gunakan produk perawatan yang sesuai

Jika kamu ingin mengangkat sel kulit mati, kamu bisa menggunakan perawatan kulit jenis scrub yang bisa mengangkat kulit mati. Untuk penggunaan kosmetik, kamu bisa menggunakan lotion, tabir surya yang sedikit mengandung minyak karena bisa memicu munculnya komedo.

Pengobatan Komedo Hitam dan Putih

Komedo Hitam dan Putih

Selain cara menghilangkan komedo di atas, kamu juga bisa menggunakan beberapa cara lainnya seperti pengobatan yang bisa menghilangkan komedo. Mulai dari penggunaan obat, penggunaan pore pack, dan masih banyak lainnya. 

Jika kamu memiliki kulit wajah sensitif, kamu bisa konsultasikan dengan dokter kulit. Nah, berikut beberapa cara atau pengobatan komedo hitam dan putih:

  • Menghilangkan komedo secara manual: dokter akan menggunakan alat khusus untuk mengeluarkan komedo.
  • Terapi laser: terapi ini bisa mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit dan juga bisa membunuh bakteri penyebab munculnya komedo.
  • Mikrodermabrasi: Biasanya dilakukan dengan menghilangkan sumbatan komedo dengan sebuah alat khusus.
  • Peeling: dokter akan menggunakan bahan kimia untuk mengelupas sel kulit wajah terluar, atau biasa disebut dengan peeling. Setelah sel kulit mati dikelupas, lalu sumbatan pori-pori akan diangkat sehingga permukaan kulit menjadi lebih halus.

Nah, itu lah beberapa penyebab komedo hitam dan putih pada wajah beserta beberapa cara mencegah komedo yang bisa kamu lakukan agar wajah tetap cerah dan halus.  Selamat mencoba!

Related posts
KecantikanKulit

7 Tips Memilih Serum untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

7 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

Penyebab Pori-Pori Membesar yang Harus Kamu Tahu

KecantikanKulit

5 Tanda Skincare Tidak Cocok dengan Kulitmu