KecantikanRambut

5 Penyebab Rambut Rontok yang Sering Tak Disadari

penyebab rambut rontok

Banyak orang yang sangat memerhatikan kondisi rambut, pria maupun wanita. Sebagai salah satu pendukung penampilan sehari-hari, rambut tentu perlu dijaga kesehatan dan juga kebersihannya, lho!

Baca Juga:

Berbicara mengenai rambut, banyak sekali masalah rambut yang ditemui, salah satunya rambut rontok. Selain mengurangi kepercayaan diri karena banyak rambut yang menempel di baju maupun jatuh ke lantai, volume rambut pun jadi menipis dan jika dibiarkan bisa mengakibatkan kebotakan.

Saat ini memang sudah banyak sekali produk perawatan rambut untuk mencegah kerontokan. Namun, mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Berikut ada beberapa penyebab rambut rontok yang perlu diketahui agar kamu tidak terlalu panik saat rambut mulai rontok ya.

1. Stres

penyebab rambut rontok

Penyebab pertama rambut rontok adalah stres. Siapa yang ngerasa sering banget stres? Stres yang bisa menyebabkan rambut rontok ini bukan stres jangka pendek seperti stres karena dimarahi bos, terjebak macet berjam-jam, atau tumpukan deadline yang makin menggunung aja dari hari ke hari.

Stres yang menyebabkan rambut rontok itu adalah stres yang sifatnya berkepanjangan, misalnya stres setelah operasi, stres karena memiliki trauma tertentu, atau stres secara emosional.

2. Anemia

penyebab rambut rontok

Anemia yang bisa juga disebut penyakit kekurangan darah merah ini disebabkan oleh kurangnya zat besi di dalam tubuh, dan pada akhirnya juga bisa membuat rambutmu rontok. Tidak perlu panik jika rambut kamu rontok karena anemia karena bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti daging merah dan sayuran berdaun hijau.  

3. Gaya rambut yang salah

penyebab rambut rontok

Siapa sangka jika gaya rambut adalah salah satu penyebab rambut rontok? Jika kamu sering melakukan perawatan rambut dengan bahan kimia yang keras atau panas yang tinggi, atau bahkan suka mengikat atau mengepang rambut terlalu kencang, jangan heran jikarambutmu juga bisa terus-terusan rontok.

Cara paling sederhana untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan kondisioner setiap habis keramas dan membatasi penggunaan bahan kimia keras atau alat-alat dengan panas tinggi untuk mengatur rambutmu.

4. Kondisi pasca melahirkan

penyebab rambut rontok

Khusus kamu para ibu yang baru saja melahirkan dan memiliki masalah dengan kerontokan rambut, jangan panik dulu ya. Saat hamil, hormon estrogen akan meningkat, sehingga rambutmu akan menebal. Nah, begitu kamu melahirkan, hormon estrogen itu akan menurun. Makanya, rambutmu akan semakin sering rontok di setiap harinya.

Tenang saja, kerontokan pasca melahirkan ini tidak akan menyebabkan kebotakan, kok. Rambutmu akan tumbuh lagi dalam kurun waktu 6 bulan pasca melahirkan. Kalau setahun setelah melahirkan masih sering rontok, segera periksakan ke dokter, ya!

5. Pengaruh obat

penyebab rambut rontok

Kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu nggak, nih? Beberapa obat yang sifatnya keras seperti obat kanker, depresi, atau jantung bisa menyebabkan rambut rontok juga lho. Lalu, apakah tidak perlu lanjut minum obatnya, nih? Eh, jangan! Yang bisa kamu lakukan adalah dengan tetap menjaga kesehatan rambutmu, ya meskipun kamu sedang dalam terapi obat tertentu.

Nah, itulah 5 penyebab rambut rontok yang sering kali membuat kamu kepikiran. Semoga artikel ini membantumu untuk menangani masalah rambut rontokmu ya. Yuk rawat dan jaga kebersihan serta kesehatan rambut kamu agar tak lagi rontok!

Related posts
KecantikanKulit

7 Tips Memilih Serum untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

7 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

Penyebab Pori-Pori Membesar yang Harus Kamu Tahu

KecantikanKulit

5 Tanda Skincare Tidak Cocok dengan Kulitmu