Kecantikan

Penyebab Warna Bibir Gelap dan Cara Mengatasinya

warna bibir gelap

Memiliki warna bibir yang merah merona merupakan dambaan setiap orang, terutama kaum wanita. Warna bibir yang gelap seringkali membuat para wanita kehilangan rasa percaya diri karena hal tersebut dapat mengganggu penampilannya.

Baca Juga:

Banyak cara yang biasanya dilakukan oleh para wanita untuk mendapatkan warna bibir yang indah dan juga sehat, salah satu cara instannya ialah dengan memakai produk pewarna bibir seperti lipstick, liptint, dan semacamnya.

Penyebab Warna Bibir Gelap

warna bibir gelap

Namun, cara tersebut hanya bersifat sementara karena saat lipstick atau liptint dihapus, bibir hitam akan kembali nampak. Selain itu, tahukah Kamu kalau pemakaian produk pewarna bibir bisa menjadi salah satu penyebab warna bibir menjadi gelap? Lalu, bagaimana cara mengatasi warna bibir yang gelap secara alami agar hasilnya permanen? Bagi kalian yang penasaran, berikut ulasannya.

Perubahan warna bibir seseorang dapat disebabkan oleh beberapa faktor baik faktor dari dalam tubuh, maupun dari luar tubuh. Beberapa diantaranya ialah:

1. Keturunan

Warna bibir yang gelap dapat disebabkan oleh faktor keturunan. Terdapat beberapa kasus dimana ketika ayah atau ibu memiliki warna bibir yang cenderung gelap, anak pun akan turut mewarisinya. Seperti halnya warna kulit, warna bibir pun dapat menjadi salah satu ciri yang diturunkan orang tua kepada anaknya. 

2. Hormon esterogen

Turunnya kadar hormon esterogen dapat menjadi salah satu penyebab warna bibir menjadi gelap. Hal tersebut dikarenakan hormon esterogen memegang peran yang cukup penting dalam proses regenerasi kulit manusia. Semakin berkurang kadar esterogen, semakin lamban pula proses regenerasi kulit.

Akibatnya, kulit tidak akan mampu melindungi dan melembabkan dirinya sendiri tanpa proses regenerasi hingga menghasilkan bibir kering dan pecah-pecah yang dapat menyebabkan warna bibir semakin gelap.

3. Gaya hidup

Seperti yang sudah umum diketahui, merokok dan mengonsumsi kafein secara berlebih dapat  menyebabkan warna bibir menjadi pekat dan pucat. Alasannya ialah karena asap rokok yang bersifat panas dan kandungan karbon dari hasil pembakaran rokok dapat mematikan sel-sel darah merah di bibir yang pada akhirnya akan memudarkan rona alami pada bibir.

Selain itu, kandungan kafein yang biasanya terdapat dalam kopi juga dapat menyebabkan proses hidrasi pada kulit terganggu, termasuk kulit pada bibir. Sebagai dampaknya, kulit bibir akan mudah menjadi kering dan tampak rusak. Itulah mengapa, pemilik bibir yang berwarna gelap umumnya adalah para perokok dan pecandu kopi.

4. Alergi

Reaksi alergi pun dapat berkontribusi dalam berubahnya warna bibir menjadi gelap. Banyak produk kecantikan seperti halnya lipstick maupun liptint yang mengandung bahan alergen seperti pewarna dan wewangian kimia. Untuk mereka yang alergi terhadap produk kimia tertentu, seringkali merasakan kekeringan dan gatal pada bibir sebagai gejala awal alergi, dan hasil akhirnya warna bibir bisa menjadi semakin gelap karena luka dan infeksi.

5. Hiperpigmentasi

Seperti halnya bagian kulit tubuh lainnya, kulit bibir pun dapat mengalami hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ialah kondisi dimana zat melanin dalam tubuh mengalami kelebihan jumlah.  Biasanya, terbentuknya melanin itu sendiri disebabkan oleh paparan sinar matahari. Bibir dapat mengalami hiperpigmentasi karena wajah merupakan bagian tubuh yang paling intens terkena sinar matahari.

6. Penggunaan produk kosmetik 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, beberapa kosmetik mengandung bahan-bahan yang bersifat alergen. Pemilihan produk pewarna bibir yang salah dapat menyebabkan warna bibir menjadi semakin gelap dan bahkan menimbulkan reaksi iritasi. Selain itu, banyak produk pewarna bibir yang kuantitas isinya dibuat cukup banyak hingga tidak cepat habis.

Namun justru hal inilah yang perlu diperhatikan oleh konsumen. Semakin lama usia produk yang telah dibuka kemasannya, semakin buruk pula kualitas produk tersebut, dan buruknya kualitas bahan yang terkandung dalam produk dapat menyebabkan warna bibir menjadi gelap dan hal ini tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan.

7. Cara perawatan yang salah 

Padatnya jadwal yang dimiliki oleh para wanita karir seringkali membuat mereka malas untuk membersihkan wajah secara baik dan benar. Biasanya, mereka cukup puas membersihkan wajah, khususnya bagian bibir, hanya dengan air atau susu pembersih dan kapas. Padahal, sisa-sisa lipstick atau liptint yang menempel seharian belum sepenuhnya terangkat. Hal inilah yang nantinya akan membuat warna bibir menjadi semakin gelap.

Tak hanya itu, banyak pula wanita yang tidak memerhatikan kesehatan bibir mereka dengan membiarkan bibir mereka terpapar sinar matahari tanpa perlindungan SPF. Kebanyakan wanita hanya memilih produk pewarna bibir yang sesuai warnanya sesuai dengan keinginan mereka tanpa meneliti apakah produk tersebut dapat melindungi bibir mereka dari paparan sinar matahari.

Cara Mengatasi Warna Bibir Gelap

warna bibir gelap

Jadi, adakah cara mengatasi warna bibir yang terlanjur gelap? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Kamu lakukan untuk memudarkan warna bibir gelapmu secara alami dan tentunya aman.

1. Scrubbing

Scrubbing sangat ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat di bibir. Saat ini sudah banyak perusahaan kosmetik dan perawatan kulit yang menawarkan produk lipscrub atau scrub bibir dengan harga yang bervariasi. Namun jika ingin lebih hemat, Kamu dapat membuat lipscrub-mu sendiri di rumah.

Caranya ialah dengan mencampurkan gula dan madu hingga membentuk pasta yang kental. Aplikasikan scrub bibir minimal tiga kali dalam seminggu agar bibirmu terbebas dari sel kulit mati. Dengan cara ini, perlahan bibir akan mulai nampak merona yang tentu hasilnya akan bersifat permanen.

2. Masker madu

Madu telah dikenal sejak lama sebagai salah satu bahan alami dengan kandungan yang luar biasa. Salah satu kandungan dalam madu memiliki sifat antibakteri yang dapat melindungi bibir dari berbagai macam bakteri penyebab infeksi.

Selain itu, madu juga ampuh melembabkan bibir secara efektif. Dengan mengoleskan madu pada bibir secara rutin, bibir akan terjaga kelembabannya. Bibir yang tadinya kering dan pecah-pecah pun bisa ditangani dengan baik dan warna bibir akan semakin merona hari demi hari.

3. Masker kunyit

Kandungan kurkumin dan Vitamin C dalam kunyit pun telah diuji dan terbukti mampu untuk memudarkan warna bibir yang gelap akibat radikal bebas maupun hiperpigmentasi secara alami dengan hasil yang permanen.

Kamu dapat memarut sedikit kunyit dan mengambil cairannya untuk dicampur dengan susu agar kandungannya tidak terlalu keras. Aplikasikan masker ini sedikitnya 2-3 kali dalam seminggu dan warna bibir gelapmu akan perlahan pudar.

Mengingat cara yang disebutkan di atas merupakan cara yang alami, maka proses yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang maksimal pun akan lebih memakan waktu. Namun, waktu yang kalian habiskan pun akan tergantikan dengan hasil bibir sehat yang permanen dan minim resiko mengingat bahan-bahan yang digunakan adalah bahan yang alami.

Related posts
KecantikanKulit

13 Langkah Perawatan Kecantikan ala Korea

Diet & NutrisiKecantikanRambut

12 Makanan untuk Rambut Sehat

GigiKecantikan

10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Scaling Gigi

KecantikanRambut

9 Cara Memanjangkan Rambut dengan Alami