KecantikanKulitPria

Perhatikan Hal ini Saat Pilih Produk Perawatan Wajah Pria

Produk Perawatan Wajah Pria

Bukan hanya wanita, saat ini banyak beredar berbagai macam produk perawatan wajah pria. Tidak heran memang, mengingat wajah adalah bagian utama yang sering diperhatikan orang lain, sehingga memiliki kulit wajah yang kusam dan kurang sehat dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang.

Oleh sebab itu, baik wanita ataupun pria, keduanya membutuhkan produk perawatan wajah yang bisa mengubah tampilan kulit kusam mereka menjadi lebih cerah.

Baca Juga:

Namun, tidak semua perawatan kulit wajah sesuai digunakan semua orang. Apalagi bagi kaum adam, jenis kulit wajah yang berbeda-beda membuat setiap pria memiliki produk perawatan wajah masing-masing.

Lantas, bagaimana caranya memilih produk produk perawatan wajah pria yang sesuai untuk diri kita? Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan.

5 Cara Pilih Produk Perawatan Wajah Pria yang Aman

Produk Perawatan Wajah Pria

Selektif dalam memilih produk perawatan kulit wajah penting dilakukan. Hal ini dimaksudkan, agar kita terhindar dari segala risiko zat-zat kimia berbahaya dari produk perawatan wajah yang abal-abal. Beberapa cara memilih produk perawatan wajah pria yang bisa kamu praktikan, di antaranya:

1. Ketahui Jenis Kulit Wajahmu

Ini mutlak untuk dilakukan! Seperti yang telah disebutkan di awal, berhasil tidaknya penggunaan produk perawatan wajah tergantung kecocokan kandungan produk dan jenis wajah kita.

Maka dari itu, penting untuk berkonsultasi ke dokter kulit atau kecantikan terlebih dahulu sebelum membeli produk perawatan wajah, agar kamu tahu produk mana yang sesuai dengan kulit mukamu.

2. Perhatikan Bahan Kandungan Produk

Bukan hanya jenis kulit, memperhatikan bahan kanudngan pada produk perawatan wajah pria juga harus kamu lakukan. Pasalnya, banyak produk perawatan wajah abal-abal yang beredar mengandung bahan-bahan kimia berbahaya, seperti merkuri dan hydroquinone.

Supaya lebih aman, sangat dianjurkan untuk memilih produk yang mengandung kandungan bahan-bahan alami. Meski begitu, tetap perhatikan kandungan produk tersebut ya sebelum membelinya.

3. Periksa Legalitas dan Tanggal Kadaluwarsa Produk

Poin ini penting dan enggak boleh sama sekali kamu lewatkan sebelum membeli produk perawatan wajah pria, yakni dengan memeriksa legalitas dan tanggal kadaluwarsa produk tersebut.

Ya, sebuah produk perawatan wajah yang sah dan aman pasti memiliki izin edar dari Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM). Jika tidak ditemukan, bisa saja produk itu abal-abal dan berbahaya.

Selain itu, cek tanggal kadaluwarsa produk. Oknum penjual nakal sering menjual produk perawatan wajah yang sudah lewat tanggal kadaluwarsanya, sehingga sudah tidak layak lagi untuk digunakan.

4. Membeli Produk yang Sudah Terpercaya

Cara berikutnya dalam memilih produk perawatan wajah pria yang aman adalah dengan membeli dari produsen yang terpercaya. Paling tidak, belilah produk-produk yang telah banyak dipakai oleh konsumen.

Kendati demikian, tak semua merek perawatan wajah ternama sesuai dengan kulitmu, sehingga jangan lupa untuk tetap memperhatikan kandungan bahan yang ada di dalamnya ya.

5. Cari Tahu Ciri dari Produk Abal-Abal

Untuk mengetahui sebuah produk abal-abal atau tidak, kita tentu harus mengenal ciri-ciri produk tersebut, bukan? Biasanya, produk perawatan wajah pria abal-abal memiliki ciri-ciri, seperti berwarna mencolok, beraroma menyengat, tekstur tidak rata, dan lengket.

Selain itu, produk perawatan wajah palsu juga memiliki efek samping berupa membuat kulit tampak pucat, merah jika terkena matahari, membuat kulit panas dan perih saat diaplikasikan ke muka.

Jika produk perawatan wajah yang kamu membeli memberi efek demikian, jangan teruskan penggunaan produk tersebut ya. Penggunaan produk abal-abal dalam waktu lama berisiko menimbulkan penyakit kulit hingga kanker.

Tips Perawatan Wajah Pria Berdasarkan Jenis Kulit

Produk Perawatan Wajah Pria

Terdapat empat jenis kulit wajah pria yang sering kita temui di masyarakat, di antaranya jenis kulit wajah berminyak, kulit wajah kering, kulit wajah kombinasi, dan kulit wajah sensitif. Keempat jenis kulit ini memiliki cara perawatannya masing-masing, seperti:

1. Perawatan Wajah Pria untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak sering kali dialami oleh banyak pria di Indonesia. Bagi kamu yang memiliki wajah berminyak, membersihkan wajah secara teratur sudah tentu menjadi hal yang wajib dilakukan.

Selain itu, untuk mengontrol kadar minyak pada wajah, belilah produk perawatan wajah pria berupa clay mask. Kemudian, jangan lupa untuk membawa face paper agar wajahmu tetap bersih di mana saja.

2. Perawatan Wajah Pria untuk Kulit Kering

Tingginya aktivitas pria sering kali membuat kulit jadi kering. Agar terhindar dari masalah tersebut, kamu bisa pelembap sebelum beraktivitas.

Meski wajahmu cenderung kering, namun sangat tidak dianjurkan terlalu sering mencuci muka. Cukup cuci mukamu sekali sehari saja ya, serta gunakan produk perawatan wajah pria berbahan dasar aloe, olive oil, dan charcoal yang lebih aman untuk kulit.

3. Perawatan Wajah Pria untuk Kulit Kombinasi

Jenis kulit kombinasi biasanya dapat dilihat dari zona T di wajah (area dahi, hidung, dan dagu), jika pada area tersebut kulitmu cenderung berminyak, sedang di bagian pipi kering, maka jenis kulitmu kombinasi.

Treatment terbaik dalam merawat jenis kulit ini adalah dengan menggunakan produk perawatan wajah pria yang bebas kandungan alkohol, parfum, serta minyak.

Selain itu konsumsi makanan yang kaya akan DHA, seperti sarden, kacang kenari, dan kacang kedelai juga sangat baik untuk para pria berkulit kombinasi karena memberikan efek melembapkan kulit.

4. Perawatan Wajah Pria untuk Kulit Sensitif

Sama seperti kulit kombinasi, pria dengan jenis kulit sensitif juga seharusnya menghindari produk perawatan wajah berbahan dasar alkohol dan parfum.

Sebagai gantinya, gunakan produk perawatan wajah pria berbahan dasar hypo-allergenic yang bebas alkohol, acids, dan sodium lauryl sulfate karena kandung ini tidak menimbulkan alergi dan lebih aman.

Pria Gunakan Produk Perawatan Wajah Wanita, Bolehkah?

Produk Perawatan Wajah Pria

Secara garis besar, jenis kulit wajah pria dan wanita berbeda. Hal ini dapat dilihat dari beberapa faktor, seperti pertumbuhan rambut, banyaknya produksi keringat, produksi minyak, tingkat keasaman (pH), dan lain-lain yang umumnya disebabkan oleh perbedaan hormon.

Selain itu, ketebalan kulit wajah pria dan wanita juga berbeda. Kulit pria biasanya lebih tebal 10-20 persen dari kulit wanita. Tingkat kolagen dalam kulitnya juga lebih banyak. Terlebih, folikel rambut dan produksi minyak pada kulit wajah pria juga lebih tinggi.

Itu sebabnya, produk perawatan wajah pria biasanya mengandung bahan yang lebih kuat daripada wanita. Wanita sendiri biasanya menggunakan bahan-bahan dengan kandungan yang lebih ringan dan alami.

Hal ini disebabkan, produksi testosterone pada pria justru lebih tinggi daripada wanita. Perbedaan inilah yang membuat kulit wajah pria tidak sensitif dan memerlukan kandungan produk yang lebih kuat.

Oleh sebab itu, dari penjabaran di atas kita dapat mengambil kesimpulan, bahwa produk perawatan wajah wanita tidak disarankan dipakai oleh pria karena dianggap tidak efektif memberikan khasiat.

Bagaimana, apakah kamu sudah mengerti bagaimana cara memilih produk perawatan wajah pria yang baik dan benar?

Related posts
KecantikanKulit

7 Cara Menghilangkan Bulu di Wajah yang Bisa Dicoba

KecantikanKulit

7 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

KecantikanKulit

13 Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan

KecantikanKulit

Jenis dan Manfaat Antioksidan Dalam Skincare