KecantikanRambut

9 Cara Memanjangkan Rambut dengan Alami

Cara Memanjangkan Rambut

Rambut adalah mahkota bagi setiap orang. Tidak hanya wanita, laki-laki juga senang jika memiliki rambut yang indah. Indah di sini tergantung pada setiap orang. Ada yang suka dengan rambut panjang, ada yang lebih suka rambut pendek, lebih perhatikan rambut yang sehat, atau lain sebagainya.

Baca Juga:

Salah satu hal yang sering mengganggu ketika kamu memotong rambut terlalu pendek. Atau suasana hatimu berubah dengan menginginkan rambut yang panjang. Padahal rambutmu saat ini sedang pendek.

Kalau itu terjadi, jangan khawatir. Ada banyak cara untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Tidak disini kamu akan mendapatkan beberapa cara memperpanjang rambut dengan alami.

1. Potong rambut

cara memanjangkan rambut

Cara memanjangkan rambut yang pertama adalah dengan memotong rambut. Mungkin kamu bingung bagaimana konsep memotong rambut justru dapat memperpanjang rambut. Kira-kira begini penjelasannya.

Pemotongan rambut ini akan memicu pertumbuhan rambut. Tidak hanya itu rambut yang sering dipotong juga biasanya akan semakin tebal dengan sendirinya. Kamu tidak perlu memotong rambut menjadi sangat pendek. Tetapi rapikan saja ujung-ujung rambut yang bercabang, dan rapikan bentuk potongan rambutmu. Rambutmu akan terlihat semakin sehat.

2. Keringkan rambut secara alami

cara memanjangkan rambut

Kamu mungkin sering keramas di pagi hari. Ini dilakukan sebelum kamu pergi beraktivitas sehari-hari. Untuk mempercepat rambut menjadi kering, biasanya kamu menggunakan alat bantu hair dryer.

Jika saat ini kamu sedang ingin memanjangkan rambut, hindari penggunaan hair dryer. Biarkan rambut kering udara dengan sendirinya atau dengan bantuan kipas angin saja. Kalau memang tidak ada cara lain selain menggunakan hair dryer, usahakan gunakan dengan jarak yang cukup jauh. Suhu panas tidak membuat kulit kepala menjadi sehat dan membuat rambut lama tumbuh.

3. Sisir rambut saat sudah kering

cara memanjangkan rambut

Rambut yang basah itu rapuh dan mudah rusak. Oke, mungkin kamu ingin rambutmu cepat rapi setelah membasahi rambut saat keramas. Tapi sebaiknya kamu menghindari menyisir saat rambut basah. Bukannya rambut menjadi cepat panjang, rambut malah akan semakin tipis dan rusak.

Agar rambut cepat panjang, usahakan menyisir rambut saat rambut sudah kering. Kamu bisa menyisirnya dua kali dalam sehari, terutama sebelum kamu tidur. Gunakan juga sisir yang bergigi jarang atau yang berbulu halus agar terhindar dari kerontokan rambut. Jika kusut, pisahkan rambut dengan jari-jarimu secara perlahan.

4. Hindari membungkus rambut basah dengan handuk terlalu lama

cara memanjangkan rambut

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rambut basah itu rapuh sekali. Padahal untuk mendapatkan rambut yang cepat panjang, kamu perlu kondisi rambut dan kulit kepala yang sehat. Jadi cara memanjangkan rambut adalah dengan membuat rambut dan kulit kepala yang sehat.

Hindari membungkus rambut yang basah dengan handuk terlalu lama. Hal ini akan membuat rambut menjadi kusut dan rusak batang-batangnya. Untuk merangsang pertumbuhan rambut, berhentilah melakukan kebiasaan ini.

5. Hindari keramas setiap hari

cara memanjangkan rambut

Ketika kamu ingin memanjangkan rambut, mungkin hal yang sering kamu lakukan adalah keramas. Nah sekarang kamu harus tahu, cara menumbuhkan rambut dengan baik adalah dengan tidak keramas setiap hari. Kemudian gunakan air dingin saat keramas.

Kulit kepala memiliki minyak alami yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Keramas setiap hari hanya akan membuat minyak ini berkurang dengan cepat. Penggunaan air dingin juga akan merawat kutikula rambut. Sebagai saran, bersihkan rambut setidaknya dua sampai tiga hari sekali saja.

6. Minyak kelapa

cara memanjangkan rambut

Sejak zaman dahulu, minyak kelapa dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Manfaat ini memang benar adanya. Zaman dahulu memang orang-orang membuat minyak kelapanya sendiri. Tapi jangan khawatir, sudah banyak produk minyak kelapa alami yang dijual di pasaran.

Minyak kelapa memiliki kandungan struktur asam lemak yang baik untuk tubuh. Bagi rambut, minyak kelapa akan menjaga kesehatannya serta memicu pertumbuhan rambut itu sendiri. Oleskan minyak kelapa pada kulit kepala dan rambut secara rutin. Biarkan asam lemak ini meresap pada kulit kepala dan rambut.

7. Masker putih telur

cara memanjangkan rambut

Selain nikmat dimakan, telur juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Cara memanjangkan rambut dengan alami dapat dilakukan menggunakan putih telur. Di sini kamu memisahkan kuning telur dengan putih telur. Bagian putih telurnya digunakan untuk menjadi masker rambut.

Coba siapkan 3 butir telur, kemudian pisahkan bagian putih dan kuningnya. Untuk bagian putih, campurkan dengan satu sendok minyak zaitun. Kocok putih telur dan minyak zaitun hingga merata.

Selanjutnya oleskan masker telur putih ini ke kepala dan rambut. Diamkan selama 5 sampai 10 menit atau sambil pijat-pijat dengan lembut, setelahnya bilas dengan bersih.

8. Kurangi bahan kimia

cara memanjangkan rambut

Dewasa ini sebenarnya banyak brand yang menawarkan produk-produk rambut. Namun produk rambut ini biasanya yang mengandung bahan kimia yang tinggi. Baik serum penumbuh rambut, atau produk penunjang penampilan rambut lainnya seperti gel dan volume mizer.

Memang untuk orang-orang tertentu, penggunaan produk-produk rambut ini sulit untuk dihindari. Tapi jika kamu ingin memanjangkan rambut, cobalah untuk mengurangi paparan dari bahan kimia ke kulit kepala dan rambut. Cara menumbuhkan rambut dengan alami itu akan menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut dengan lebih baik.

9. Perhatikan asupan nutrisi

cara memanjangkan rambut

Kulit kepala dan rambut tentu termasuk bagian dari tubuh. Jadi untuk menjaga kesehatannya, kamu harus memperhatikan asupan nutrisi ke dalam tubuh. Agar rambut cepat panjang, kamu bisa lebih sering mengkonsumsi bayam. Sayuran ini mengandung zat-zat baik yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Itulah beberapa cara alami untuk menumbuhkan dan memperpanjang rambut. Kalau dilihat-lihat tidak sulit untuk dilakukan bukan? Ingat, yang terpenting adalah menjaga kesehatan rambutmu ya.

Related posts
KecantikanKesehatan

Bahaya Kosmetik Palsu dan Oplosan Serta Cara Menghindarinya [Panduan Lengkap]

KecantikanKulit

Serba-Serbi Jerawat Batu yang Harus Kamu Tahu

KecantikanKulit

11 Penyebab Wajah Kusam yang Sering Tak Disadari

KecantikanKulit

Tips Mencegah Bekas Jerawat Muncul di Wajah