GigiKecantikan

Serba Serbi Veneer Gigi yang Harus Kamu Ketahui

veneer gigi

Selain rambut, gigi juga merupakan salah satu bagian tubuh yang menunjang penampilan kita sehari-hari. Kesehatan gigi merupakan salah satu hal penting yang harus kamu lakukan, terlebih lagi jika kamu menginginkan penampilan sempurna dengan gigi yang terlihat bersih dan putih.

Ada banyak perawatan gigi yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah veneer gigi. Perawatan gigi ini sangat praktis, tetapi juga memiliki resiko tersendiri. Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan perawatan gigi yang satu ini, ketahui dulu yuk serba-serbi mengenai veneer gigi ini!

Apa itu Veneer Gigi?

veneer gigi

Veneer adalah lapisan yang berfungsi menutupi permukaan gigi di bagian depannya, untuk memperbaiki penampilan gigimu. Lapisan ini berupa lapisan mineral yang sangat tipis. Penampilanmu akan terlihat menarik karena veneer memiliki pilihan warna gigi yang bisa dipilih sesuai selera untuk menunjang penampilan gigimu.

Baca Juga:

Veneer gigi merupakan jenis perawatan gigi yang spesial. Di mana kamu dapat menentukan warnanya sendiri sesuai keinginanmu. Biasanya orang akan memilih warna yang lebih terang dari warna asli gigi agar gigi tampak lebih putih dan sehat. Berbeda dengan metode pencerahan atau pemutihan gigi seperti whitening atau bleaching, veneer memberikan respon yang lebih konsisten.

Ada dua jenis prosedur pemasangan veneer gigi, yaitu prep dan no-prep. Pemasangan prep akan terasa cukup menyakitkan karena bagian depan gigi akan digerus hingga lapisan bawah enamel gigi. Sehingga perlu dibantu dengan bius lokal atau anestesi.

Sedangkan pemasangan no-prep lebih canggih lagi. Gigimu tidak akan digerus saat pemasangan. Tetapi dokter akan mengubah sedikit saja bagian enamel gigimu.

Manfaat Veneer Gigi

veneer gigi

Yang namanya perawatan gigi, tentu ada manfaatnya dong! Perhatikan informasi rinci tentang manfaat veneer gigi di bawah ini ya

1. Memutihkan Gigi

Sebenarnya sudah disebutkan sebelumnya, kalau tindakan veneer ini dapat membuat gigimu semakin terang atau putih. Sekali lagi, perawatan yang satu ini memang lebih unggul daripada whitening atau bleaching gigi. Justru karena ini lah, veneer gigi diminati oleh banyak orang.

Reaksi dari perawatan gigi seperti whitening dan bleaching gigi itu berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Artinya, hasil dari upaya memutihkan gigi ini belum tentu sesuai dengan yang kamu inginkan. Berbeda dengan veneer gigi yang hasilnya konsisten sehingga pasti akan sesuai dengan keinginanmu.

2. Merapikan Gigi

Normalnya gigi memiliki jarak antara satu dengan yang lainnya. Beberapa orang kemudian memasang kawat gigi agar lebih rapat. Kalau kamu ingin membuat gigi rapat, rapi, sekaligus putih, veneer gigi jawabannya.

Selain berjarak, kekurangan gigi lain juga bisa tertutupi dengan veneer gigi. Misalnya gigi patah atau posisinya tidak merata. Tenang, veneer ini akan menyempurnakan penampilan gigimu secara instan.

3. Membentuk Gigi Sesuai Keinginan

Beberapa waktu lalu, gigi kelinci menjadi tren. Banyak orang berbondong-bondong mengubah gigi depannya menjadi berbentuk seperti gigi kelinci. Jika kamu juga ingin seperti itu, lakukan saja perawatan veneer gigi. Bentuk gigi akan benar-benar disesuaikan dengan keinginanmu lho!

Resiko Veneer Gigi

veneer gigi

Veneer gigi termasuk perawatan yang memiliki resiko. Mungkin hampir sama dengan perawatan tubuh lainnya seperti sulam alis, mewarnai rambut, atau facial wajah. Resiko veneer gigi ini bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melakukannya atau tidak ya.

1. Rentan Suhu Ekstrim

Saat memasang veneer gigi, efek  yang mungkin dirasakan pertama kali adalah gigi sensitif. Ketika bersentuhan dengan suhu ekstrim yang terlalu panas atau terlalu dingin, gigi akan terasa nyeri. Tetapi katanya tingkat sensitivitas gigi akan berkurang setelah satu minggu veneer dipasang ke gigimu.

2. Gigi Retak

Akibat rentan terhadap suhu ekstrim seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada efek lain yang lebih rumit. Rentan panas dan dingin artinya gigi sensitif. Akan semakin parah karena veneer gigi selanjutnya dapat menimbulkan keretakan pada gigi.

Prosesnya begini. Suhu ekstrim panas dan dingin akan membuat permukaan gigi kaget. Konsepnya seperti gelas beling dingin, diberi suhu panas. Bersiap-siaplah jika gigimu terasa semakin sensitif ya.

3. Kerusakan Gigi

Kamu harus tahu kalau veneer gigi itu bersifat destruktif. Artinya perawatan gigi ini dapat memicu kerusakan pada gigi, terutama pada bagian email gigi. Memang sata pemasangan, beberapa email gigi sengaja dirusak atau dihilangkan dengan pengeboran.

Selain itu, bahan khusus yang digunakan dalam veneer dapat merusak gigi, yaitu bahan pengisi veneer yang akan menimbulkan masalah gigi. Ini terjadi jika kamu tidak membersihkan gigi dan mulut dengan baik.

4. Gusi Menyusut

Sebenarnya penyusutan gusi adalah proses yang alami. Seiring bertambahnya usia, kapasitas gusi memang akan berkurang, kemudian terjadi penyusutan. Wajar-wajar saja ya sebenarnya.

Tapi alasan veneer gigi beresiko terhadap penyusutan gigi adalah karena pemasangannya dapat mempercepat proses tersebut. Abrasi gigi, salah satu penyakit gusi, akan muncul seketika. Alaminya, gusi akan menyusut sekitar 1 sampai 2 milimeter dalam 10 tahun. Tapi sekali lagi, prosesnya akan berjalan lebih cepat dari ini.

5. Tidak Bisa Dilepas

Veneer gigi itu bersifat permanen. Kamu harus ingat ini, karena artinya perawatan gigi ini tidak bisa dilepas. Perawatan seperti ini disukai orang-orang yang tidak suka merawat gigi secara berkala. Inginnya sekali langsung selesai.

Lalu kenapa veneer gigi permanen ini disebut beresiko? Karena artinya jika suatu saat kamu menyesal, kamu tidak bisa melakukan apa-apa. Misalnya kamu menyesal karena gigi menjadi lebih sensitif atau hal lainnya.

Itulah beberapa hal tentang veneer gigi yang harus kamu ketahui. Jangan sembarangan mengambil keputusan ya. Pikirkan baik-baik, dan jika berani melakukannya, lebih baik kamu tidak menyesal. Konsultasikan dulu saja pada dokter sebelum memilih ingin melakukan perawatan ini. Semoga bermanfaat!

Related posts
KecantikanKulit

13 Langkah Perawatan Kecantikan ala Korea

Diet & NutrisiKecantikanRambut

12 Makanan untuk Rambut Sehat

GigiKecantikan

10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Scaling Gigi

KecantikanRambut

9 Cara Memanjangkan Rambut dengan Alami