KecantikanKulit

Rekomendasi Jenis Skincare untuk Kulit Berjerawat

skincare untuk kulit berjerawat

Kulit memiliki kemampuan yang berbeda-beda untuk beradaptasi dengan lingkungan. Misalnya ketika udara kotor sulit untuk dihindari, kulit yang sensitif akan meresponnya dengan menumbuhkan jerawat di wajah. Tapi jerawat juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti produksi hormon, stres pikiran, atau faktor genetik.

Baca Juga:

Wajah yang berjerawat sering menurunkan rasa percaya diri. Hal ini biasanya terjadi karena kandungan minyak dan sel kulit mati di permukaan wajah menyumbat pori-pori kulit, sehingga mendorong bakteri membentuk jerawat tersebut. Tapi kamu bisa menanganinya dengan menggunakan produk skincare untuk kulit berjerawat.

Pilihan Skincare Routine untuk Kulit Berjerawat

skincare untuk kulit berjerawat

Berikut ada rekomendasi pilihan jenis skincare yang bisa kamu gunakan meski memiliki jerawat. Namun pastikan produk yang kamu pilih sesuai dengan jenis kulit ya, agar tidak menimbulkan iritasi hingga membuat jerawat semakin parah.

1. Cleansing

Penggunaan make up dapat memicu tumbuhnya jerawat di wajah. Alasannya karena permukaan kulit sangat kotor. Berbagai bahan make up terkumpul bersama dengan polusi. Karena itu, kamu perlu membersihkannya dengan benar. Ada 3 jenis pembersih wajah yang bisa kamu gunakan saat proses ‘cleasing’.

  • Oil Cleanser.Penggunaan oil cleanser dapat mengangkat polusi dan sisa make up yang menumpuk di kulit. Caranya dengan mengoleskannya pada wajah, kemudian mengangkat kotoran menggunakan kapas atau langsung dibersihkan dengan air. Oil cleanser dapat digunakan untuk semua jenis kulit.
  • Milk cleanser.Pembersih wajah yang satu ini cocok digunakan untuk kulit wajah yang kering dan sensitif. Cara penggunaanya serupa dengan oil cleanser. Milk cleanser dioleskan secara merata di kulit wajah sambil dipijat dengan lembut. Tapi kamu perlu menggunakan kapas untuk mengangkat kotoran dari permukaan kulit.
  • Micellar water.Micellar water adalah bukti dari perkembangan teknologi di dunia. Pembersih wajah ini berbahan utama air, namun dicampurkan dengan surfaktan yang ringan dan gliserin untuk menghidrasi kulit. Hasilnya mampu membersihkan make up dan kotoran dari permukaan wajah.
  • Kamu memerlukan kapas saat melakukan proses ‘cleansing’ dengan micellar water. Cairan pembersih dituangkan pada kapas, lalu kapas diusapkan pada kulit wajah. Penggunaanya juga dapat dilakukan di semua jenis kulit.

2. Double Cleansing

Jerawat biasanya tumbuh pada kulit wajah yang kotor. Agar terhindar dari jerawat, sebaiknya bersihkan wajah lebih dari satu kali. Tujuannya agar kulit benar-benar bersih tidak ada penyumbatan di pori-pori. Jerawat sulit muncul, penyerapan serum atau essence juga menjadi lebih baik.

Pada proses ‘double cleansing’, kamu perlu menggunakan facial foam. Facial foam atau sabun wajah digunakan sambil mencampurkannya dengan sedikit air. Kemudian gosokan sabun dengan lembut sampai berbusa. Terakhir, bilas lah wajah dengan air bersih agar tidak ada sabun yang tersisa.

3. Exfoliator

Exfoliator adalah salah satu skincare routine untuk kulit berjerawat yang disarankan penggunaanya. Produk ini diaplikasikan setelah membersihkan wajah. Tujuannya untuk mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan sel baru. Exfoliator dapat digunakan 1-3 kali dalam seminggu di pagi hari. Caranya dengan mengusapkan perlahan pada kulit wajah lalu membilasnya dengan air bersih.

Penggunaan exfoliator baik untuk semua jenis kulit. Tapi untuk mengurangi jerawat, gunakan exfoliator yang mengandung salicylic acid. Karena bahan ini mampu membuka pori kulit, mengempiskannya, dan mencegah kedatangannya kembali. Di luar itu, produk ini juga dikenal mampu menghaluskan tekstur kulit dan meratakan warnanya.

4. Toner

Kalau toner, tidak perlu dibilas saat menggunakannya. Justru toner diaplikasikan agar dapat diserap oleh kulit wajah. Toner adalah cairan yang mampu membersihkan sel kulit mati dan membentuk pH yang seimbang pada kulit. Aplikasi toner dilakukan setelah penggunaan exfoliator.

5. Essence

Essence adalah produk skincare untuk kulit berjerawat yang penting. Produk ini memiliki manfaat yang serupa dengan serum. Tapi kandungannya lebih ringan. Penggunaan essence seperti aba-aba sebelum menggunakan serum. Biasanya diaplikasikan pada kulit wajah menggunakan kapas atau ditepukan langsung dengan tangan.

6. Serum

Serum memiliki fungsi yang spesifik. Saat memilihnya, tentu harus mencari tahu manfaat dari bahan yang terkandung di dalamnya. Cari serum yang dapat mengempiskan dan mengurangi potensi tumbuhnya jerawat di wajah. Serum yang mengandung anti-aging juga dapat membantumu menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Karena itu, penggunaan serum sangat penting dijadikan sebagai skincare routine untuk kulit berjerawat.

7. Moisturizer

Moisturizer merupakan produk terakhir skincare routine untuk kulit berjerawat. Penggunaanya dapat membantu menghidrasi kulit dan menjaga keseimbangannya. Sebenarnya ada berbagai jenis pelembab kulit. Tapi penting bagi kamu menghindari pelembab yang berbahan dasar minyak agar tidak memicu jerawat tumbuh kembali.

8. Sunscreen

Sunscreen bukanlah produk khusus skincare untuk kulit berjerawat. Tapi penggunaannya penting jika kamu banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Hal ini dilakukan untuk mencegah peradangan jerawat akibat paparan sinar UV yan berbahaya untuk kulit.

Kesalahan Penggunaan Skincare

skincare untuk kulit berjerawat

Banyak sekali pilihan jenis produk skincare. Bukan tidak mungkin kamu keliru dalam memilih mana yang baik untuk kulitmu. Berikut ini beberapa kesalahan yang dapat memicu tumbuhnya jerawat di kulit.

1. Sering mengganti skincare

Produk skincare banyak dikeluarkan oleh brand-brand ternama. Tawarannya melalui iklan seing menggoda kamu untuk ikut mencobanya. Tapi jika kamu sering melakukannya, kulit jadi harus terus beradaptasi dengan hal baru. Baru setelah jerawat muncul, kamu menyesalinya.

2. Skincare tidak sesuai dengan jenis kulit

Tidak semua produk skincare cocok untuk semua jenis kulit. Saat memilihnya, kamu harus sangat memperhatikan bagian ini. Biasanya ada keterangan ‘untuk semua jenis kulit’, ‘untuk kulit kering’, atau ‘untuk kulit berminyak’. Pahami jenis kulitmu terlebih dahulu. Jika sangat penasaran dengan produk tertentu, coba gunakan selama satu sampai dua minggu dan lihat reaksinya pada kulit wajahmu.

3. Lupa menggunakan exfoliator

Exfoliator membantu kulitmu untuk mengangkat sel kulit mati. Pada kulit yang berjerawat, masa ini sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Tujuannya untuk mengurangi bekas jerawat pada kulit, dan mengganti kulit wajahmu dengan sel-sel yang baru. Jika kamu lupa menggunakan exfoliator, usahamu untuk mengurangi jerawat dengan produk skincare menjadi kurang efektif.

4. Menggunakan tisu basah bayi untuk membersihkan make up

Memang benar, make up sepertinya terangkat dengan tisu basah bayi. Tapi penggunaan tisu basah ini hanya dapat dilakukan untuk membersihkan wajah sementara. Kamu yang memiliki masalah jerawat, perlu memastikan kulit benar-benar bersih dari segala macam kotoran. Tisu basah bayi tidak mampu membersihkannya hingga ke pori-pori kulit.

5. Tidur memakai sheet mask

Sheet mask dapat membantu melembapkan kulit wajah, tapi ada cara khusus dalam pemakaiannya. Dalam sachet sheet mask biasanya disebutkan waktu yang tepat untuk pemakaian skincare ini. Kamu harus sangat memperhatikannya. Karena jika kamu terus menggunakan sheet mask bahkan saat tidur, kulitmu akan menjadi kering dan tidak sehat. Jerawat bisa saja muncul kembali.

6. Salah menggunakan serum

Setiap skincare memberikan arahan penggunaan produknya, begitu juga dengan serum. Pastikan kamu menggunakan serum sesuai dengan petunjuk penggunaanya. Misalnya, jangan memakai serum berjerawat saat kulitmu sedang tidak berjerawat. Hal ini justru dapat memicu tumbuhnya jerawat.

Temukan tips lainnya tentang kecantikan hanya di Okadoc. Pastikan kamu selalu update dengan info-info kecantikan dari kami.

Related posts
KecantikanKulit

7 Cara Menghilangkan Bulu di Wajah yang Bisa Dicoba

KecantikanKulit

7 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

KecantikanKulit

13 Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan

KecantikanKulit

Jenis dan Manfaat Antioksidan Dalam Skincare