Kecantikan

Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Kering dan Berminyak

kulit kering dan berminyak

Sunscreen atau tabir surya agaknya sudah menjadi bagian dari keseharian orang-orang di Indonesia, khususnya para wanita. Tinggal di negara beriklim tropis membuat kita rentan terpapar sinar ultraviolet dari matahari. Untuk melindungi kulit dari serangan sinar UV, sunscreen bisa menjadi pilihan.

Baca Juga:

Namun, kamu harus terlebih dulu mengenal jenis kulitmu sebelum memilih sunscreen. Sebab, sunscreen sendiri memiliki varian berbeda-beda, tergantung jenis kulit, misalnya sunscreen untuk kulit kering dan berminyak.

Artikel ini akan membahas seluk-beluk mengenai sunscreen untuk kulit kering dan berminyak. Tapi, sebelum itu, ada baiknya kita membahas dulu mengenai sinar UV supaya tahu mengapa kita harus melindungi kulit darinya.

Apa itu sinar UV?

Sunscreen untuk Kulit Berjerawat-1

Cahaya matahari merupakan elemen penting bagi kehidupan semua makhluk di muka bumi. Pada tubuh kita, misalnya, sinar matahari dapat membantu pembentukan vitamin D dalam tubuh. Efeknya, kesehatan tulang kita lebih terjaga.

Akan tetapi, sinar matahari juga memiliki sisi negatif. Pada sinar matahari, khususnya sinar matahari siang, terdapat zat ultraviolet atau UV yang dapat memberi pengaruh buruk pada tubuh, khususnya kulit. Setidaknya, ada empat pengaruh buruk dari sinar UV, yaitu:

1. Membakar kulit

Sinar UV dapat membuat kulitmu terbakar. Tanda-tanda kulit yang terbakar adalah warnanya yang berubah kemerahan. Bukan hanya memerah, kulit yang terbakar juga biasanya kering dan menimbulkan rasa perih. Kulit yang terbakar juga lebih sensitif terhadap gesekan atau tekanan dari luar.

2. Menghitamkan kulit

Kulit yang terus terpapar sinar ultraviolet dapat tampak lebih hitam dari biasanya. Hal ini disebabkan oleh reaksi alami kulit untuk melepaskan pigmen ketika lapisan pertahanannya diserang oleh sinar UV. Jika terus-terusan terjadi, kulitu akan berubah warna menjadi lebih gelap.

3. Membuat kulit tampak lebih tua

Paparan sinar UV terus-terusan bisa merusak serat kolagen dan elastin pada kulit. Kulitmu akan tampak lebih kusam dan kering, lebih tua dari yang seharusnya. Bukan hanya kering, kulit juga akan jadi lebih kendur dan tidak tampak kencang lagi.

4. Menyebabkan kanker kulit

Pada tahap yang paling parah, sinar UV bisa menyebabkan kanker kulit. Tahap ini terjadi manakala sinar UV sudah merusak materi genetik sel-sel yang ada pada kulitmu. Sel-sel yang rusak tersebut pada akhirnya akan tumbuh tanpa kendali dan menyebabkan kanker.

Masih seputar sinar UV. Tahukah kamu bahwa sinar UV terdapat dua jenis? Dua jenis sinar UV ini menyebabkan kerusakan kulit yang berbeda-beda. Jadi, sangat bagus bagimu untuk mengetahui perbedaannya.

Perbedaan UVA dan UVB

sunscreen untuk kulit kering dan berminyak

Sinar ultraviolet terbagi menjadi UVA dan UVB. Perbedaan keduanya terletak pada efek buruk dan waktu keberadaannya.

UVA merupakan sinar UV yang selalu ada pada matahari, yakni dari terbit hingga matahari terbenam pada sore hari. Sinar UV yang satu ini memiliki intensitas lebih kuat daripada UVB. Sinar UVA dapat menembus penghalang berupa awan, pakaian yang tipis, bahkan kaca mobil. Makanya, UVA akan selalu ada sekalipun cuaca sedang mendung.

Sementara itu, sinar UVB ada pada matahari pukul 10.00 dan 16.00. Sinar UV ini tidak dapat menembus awan dan kaca. Jadi, ketika cuaca mendung, sinar UV ini tidak akan terpancar dari matahari yang redup.

Dari segi efek pada kulit, sinar UVB mengakibatkan kerusakan pada permukaan, misalnya membuat kulit merah terbakar. Sedangkan UVA dapat memberi kerusakan yang lebih besar, seperti penuaan kulit hingga kanker.

Sinar UVA sendiri berada pada puncaknya saat matahari berada di ketinggian sempurna, yaitu pada tengah hari. Itulah yang membuat matahari pukul 12.00 hingga 15.00 terasa lebih menyengat panasnya.

Melindungi Kulit dengan Sunscreen

kulit kering dan berminyak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu cara untuk melindungi kulit dari terpaan sinar ultraviolet adalah dengan menggunakan tabir surya atau yang dikenal dengan sebutan sunscreen. Sunscreen dapat melapisi kulit dan mencegah kontak langsung antara lapisan kulit dengan sinar UV. Intinya, penggunaan sunscreen bisa menjadi cara mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV.

Tapi sebelum memilih sunscreen, kamu harus terlebih dulu mengenal jenis kulitmu sendiri. Tujuannya agar kamu bisa menggunakan sunscreen yang tepat dan meminimalisir risiko kerusakan kulit lebih jauh.

Setiap manusia memiliki jenis kulit yang berbeda, ada yang berkulit kering dan yang berminyak. Keduanya memerlukan perawatan berbeda. Berikut tips memilih sunscreen untuk kulit kering dan berminyak.

1. Sunscreen untuk Kulit Kering

Jika kamu termasuk orang dengan jenis kulit yang kering, kamu perlu berhati-hati jika berada di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin. Jenis kulit ini kerap menunjukkan tanda-tanda kerusakan seperti iritasi dan pecah-pecah saat diterpa oleh cuaca yang ekstrem.

Untuk melindungi kulit kering dari sinar ultraviolet, pilihlah sunscreen dengan SPF minimal 30 dan PA +++. SPF berguna untuk melindungi kulit dari terpaan sinar UVB, sementara PA dapat menjaga kulitmu dari efek samping UVA.

Untuk jenis kulit ini, kamu juga disarankan memilih sunscreen yang berbahan dasar air. Bukan hanya itu, ketika membeli sunscreen, kamu juga mesti memperhatikan kandungan di dalamnya. Pilihlan sunscreen yang kaya protein dan memiliki sodium hyaluronate, Mexoryl SX, serta titanium oksida.

2. Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Lain dengan kulit kering, kulit berminyak tidak gampang pecah. Namun, kulit berminyak lebih rentan terhadap kerusakan kulit lain seperti tumbuhnya jerawat dan komedo. Untuk jenis kulit ini, kamu harus memilih sunscreen dengan SPF minimal 45.

Di samping itu, jangan memilih sunscreen berbahan dasar air. Carilah sunscreen dengan bahan dasar gel. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kandungan pada sunscreen. Pilihlah titanium oksida dan zinc oxide. Kamu juga perlu mewaspadai jenis sunscreen yang bisa mendatangkan komedo pada kulit.

Melindungi Kulit dengan Makanan

kulit kering dan berminyak

Selain dengan sunscreen, kamu juga bisa melindungi kulitmu dari sinar ultraviolet dengan mengonsumsi beberapa makanan tertentu. Ini merupakan perlindungan dari dalam yang tidak kalah penting dari perlindungan luar tubuh.

Apa saja makanan yang bisa melawan pengaruh buruk sinar ultraviolet? Berikut daftarnya.

  • Teh hijau

    Teh hijau kaya akan polifenol yang sangat baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker pada kulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan untuk memilih teh hijau alami. Kamu bisa mengonsumsinya dua kali sehari, saat pagi dan sore.
  • Ikan Salmon

    Salmon memiliki kandungan omega-3 yang sangat banyak. Omega-3 sangat menyehatkan untuk perkembangan otak dan kesehatan kulitmu. Sebab, di dalam omega-3 terdapat zat antioksidan yang akan menangkal radikal bebas dari pancaran sinar UV.
  • Buah beri

    Buah beri seperti raspberry, blueberry, dan blackberry sangat baik untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar ultraviolet. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada buah-buahan jenis ini. Tidak hanya antioksidan, buah beri juga memiliki kandungan vitamin C yang banyak untuk membantu proses regenerasi kulit mati.
  • Dark chocolate

    Makanan yang satu ini dapat melindungi tubuh dari radikal bebas termasuk yang ada pada pancaran sinar UV. Cobalah mengonsumsi satu batang dark chocolate sehari. Pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan agar terhindar dari diabetes dan kerusakan gigi.
  • Tomat

    Pada tomat merah terdapat zat bernama likopen, sejenis antioksidan yang baik untuk menangkal radiasi sinar UV. Tips untuk mengonsumsi tomat yang baik adalah dengan memasaknya lebih dahulu. Proses memasak membuat tomat mengeluarkan likopen yang ada di dalam dagingnya. Selain dimasak, kamu juga bisa merebusnya terlebih dahulu lalu memblendernya menjadi jus.

Demikian tips memilih sunscreen untuk kulit kering dan kulit berminyak, serta rekomendasi makanan yang akan membantumu melawan sinar ultraviolet.

Tetaplah melindungi kulit dari sinar matahari yang tanpa kita sadari bisa berakibat buruk pada kulit kita. Mulailah untuk lebih peka pada cuaca dan kesehatan kulitmu sendiri yuk!

Related posts
KecantikanKesehatan

Bahaya Kosmetik Palsu dan Oplosan Serta Cara Menghindarinya [Panduan Lengkap]

KecantikanKulit

Serba-Serbi Jerawat Batu yang Harus Kamu Tahu

KecantikanKulit

11 Penyebab Wajah Kusam yang Sering Tak Disadari

KecantikanKulit

Tips Mencegah Bekas Jerawat Muncul di Wajah