KecantikanKulit

Bijak Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif

sunscreen untuk kulit sensitif

Seberapa penting pemakaian produk sunscreen atau tabir surya untuk kulit? Nah, tentunya ini menjadi pertanyaan banyak orang, apa itu sunscreen dan apa kegunaan dari sunscreen itu sendiri. Harus diketahui bahwa produk sunscreen ini harus digunakan setiap harus agar kesehatan kilit tetap terjaga.

Baca Juga:

Kini banyak sekali jenis sunscreen yang diformulasikan untuk beberapa jenis kulit, misalnya sunscreen untuk kulit sensitif dan berminyak, sunscreen untuk kulit kering, bahkan untuk kulit berjerawat. Tak heran kini banyak sekali merek sunblock yang dijual di pasaran, seperti Skin Aqua, Biore, Shiseido, Nivea, Kiehl’s dan masih banyak lainnya.

Tak hanya berbagai macam merek, kini banyak sekali ditemui sunscreen dengan berbagai macam bentuk mulai dari cream, foundation hingga spray. Selain itu, berbagai merk sunscreen juga memiliki kandungan SPF dan PA yang beragam sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Apa itu Sunscreen dan Pentingnya Penggunaan Tabir Surya

sunscreen untuk kulit sensitif

Tahukah kamu, apa penyebab utama dari penuaan dini? Ya, sinar UV merupakan salah satu penyebabnya sehingga kamu diharuskan untuk menggunakan produk sunblock yang cocok agar kulit terlindung dari sinar UV setiap harinya.

Sunscreen adalah sebuah produk tabir surya yang akan melindungi kulit kamu dari pengaruh buruk sinar UV. Nah, apa saja pengaruh buruk sinar UV terhadap kulit kamu?

  • Sinar UV merupakan penyebab timbulnya flek dan bintik hitam pada wajah

    Ketika wajah kamu terkena sinar matahari langsung tanpa perlindungan sunblock, maka kulit bagian dalam akan menghasilkan melanin. Jika melanin tidak bisa disekresi dengan baik, maka kulit akan terus memproduksi melanin dan akan mengakar pada kulit bagian dalam sehingga akan menyebabkan munculnya flek atau bintik hitam pada wajah.

    Selain itu, tubuh juga menghasilkan hormon luteinizing lebih banyak saat wanita mengalami menstruasi. Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan kepekaan terhadap sinar UV, sehingga kulit kamu lebih mudah terbakar. Hal ini juga bisa terjadi pada wanita hamil atau sedang mengonsumsi pil masa kehamilan.

  • Kulit wajah akan menjadi lebih kering

    Kulit yang terpapar sinar UV selama 20-30 menit akan berkurang kadar airnya. Apalagi tidak menggunakan produk sunblock, maka kulit akan terkena dampak sinar UV meskipun dalam waktu sepuluh menit.

    Jika kandungan air dalam kulit berkurang, maka sel lapisan terluar kulit akan sulit berkembang sehingga menurunkan fungsi pelindung kulit dan kulit pun menjadi kering. Sel kulit kering yang ada di uar akan semakin bertambah sehingga tekstur kulit menjadi kasar.

Perbedaan Kandungan SPF dan PA pada Sunscreen

sunscreen untuk kulit sensitif

Bagi kamu yang melihat beberapa produk sunblock, pastinya sudah sering melihat tulisan SPF dan PA pada kemasan produk. Sudah tahu apa itu SPF dan PA pada sunblock? Apa perbedaan SPF dan PA yang tertera pada kemasan produk sunblock?

  • SPF adalah komponen dengan indikator yang memblokir sinar UVB dan fungsinya adalah mencegah kulit terbakar dari matahari (sunburn)
  • PA adalah komponen dengan indikator yang memblokir UVA dan fungsinya untuk mencegah kulit mengalami perubahan warna menjadi coklat karena paparan sinar matahari (suntan).

Saat terpapar sinar matahari, masing-masing reaksi orang tentunya berbeda. Ada yang mengalami kulit terbakar yang memerah dan terasa perih hingga kulit yang menjadi coklat atau sedang mengalami suntan.

Oleh karena itu, pemilihan kandungan sunscreen tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kulit, baik yang akan mengalami suntan atau sunburn. Kesimpulannya adalah sunscreen memiliki peran penting untuk mencegah penyakit kulit karena sinar UV.

Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif

sunscreen untuk kulit sensitif

Kini banyak sekali jenis sunscreen yang bisa kamu temui, mulai dari Biore, Nivea, Kiehl’s dengan beragam harga yang ditawarkan. Tetapi bagaimana bagi kamu yang memiliki kulit sensitif? Bagaimana cara memilih sunscreen untuk kulit sensitif?

1. Pilih yang tanpa bahan kimia

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya memilih produk dengan bahan non-chemicals atau bebas bagan kimia sehingga bisa meminimalkan iritasi kulit.

2. Pilih kandungan anorganik

Biasanya sunscreen anorganik (tanpa bahan kimia) terdiri dari titanium oxide, zinc oxide, iron oxide, dan juga alumunium. Biasanya produk dengan kandungan tersebut dibanderol dengan harga tinggi tetapi kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

3. Pilih produk dengan jumlah SPF dan PA yang sesuai

Saat memilih sunscreen, tentunya kamu melihat seberapa banyak kandungan SPF dan PA dalam produk tersebut. Semakin tinggi jumlah indikatornya, maka semakin tinggi efek perlindungannya.

Namun, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif harus berhati-hati dengan kandungan SPF dan PA karena memicu iritasi kulit. Sebelum memilih, kamu harus tahu tujuan dari penggunaannya.

  • Kandungan SPF dan PA untuk kegiatan sehari-hari: SPF 15 / PA+
  • Kandungan SPF dan PA untuk kegiatan berolahraga di luar ruangan: SPF 15-30 / PA ++
  • Kandungan SPF dan PA untuk kegiatan berlibur di pantai: SPF 30-50+/ PA +++

4. Pilih produk yang nyaman dan mudah dipakai

Kini banyak sekali produk tabir surya yang terdiri dari tekstur yang beragam, mulai dari gel, lotion, krim dan lainnya. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui produk seperti apa yang cocok untukmu.

Untuk pemakaian dasar, kamu bisa menggunakan produk dengan bahan krim, gel atau lotion. Sedangkan untuk pemakaian kedua atau pengaplikasian ulang, kamu bisa memilih jenis spray atau sheet yang lebih mudah diaplikasikan.

5 Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berminyak

sunscreen untuk kulit sensitif

Salah satu solusi untuk menghindari dampak negatif sinar matahari adalah dengan menggunakan sunscreen atau sunblock. Namun bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kulit tidak iritasi.

Ini dia 5 rekomendasi sunscreen yang cocok untuk kulit sensitif dan berminyak:

1. Skin Aqua UV Mild Milk SPF 25 PA+++

Skin Aqua ini merupakan sunblock keluaran ROHTO yang diklaim cocok digunakan untuk kulit sensitif dan berjerawat. Formulanya pun lembut dan bebas dari pewarna dan pewangi.

2. Acnes UV Tint SPF 30 PA++

Bagi kamu yang memiliki banyak bekas jerawat, menggunakan Acnes UV Tint SPF 30 PA++ bisa menjadi pilihanmu. Produk ini memiliki warna cream yang bisa menyamarkan bekas jerawat sehingga warna kulit lebih merata.

3. Laneige Sun Block Sensitive SPF 30 PA++

Bagi kamu pecinta skincare Korea, menggunakan sunscreen ini merupakan pilihan yang tepat karena diformulasikan khusus untuk jenis kulit sensitif.

4. Cetaphil UVA/UVB Defense SPF50+

Siapa penggemar Cetaphil? Produk ini merupakan salah satu sunscreen untuk kulit sensitif dan berminyak sehingga wajah kamu tetap terlindungi saat beraktifitas.

5. Parasol Face Sunscreen Cream SPF 33

Kemasan dari produk ini memang kurang menarik, namun khasiatnya dan kandungannya sangat cocok untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat. Kamu bisa menemukannya di apotek terdekat atau belanja online.

Nah, itu dia beberapa informasi sunscreen untuk kulit sensitif yang bisa kamu terapkan sebelum membeli produk tertentu. Kesimpulannya, penggunaan sunscreen merupakan sebuah keharusan agar kulit wajah sehat dan jauh dari dampak buruk sinar UV. Semoga bermanfaat!

Related posts
KecantikanKulit

7 Tips Memilih Serum untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

7 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

Penyebab Pori-Pori Membesar yang Harus Kamu Tahu

KecantikanKulit

5 Tanda Skincare Tidak Cocok dengan Kulitmu