KecantikanKulit

7 Tips Memilih Serum untuk Kulit Berminyak

Serum untuk Kulit Berminyak

Penggunaan serum adalah salah satu tahapan penting dalam pengaplikasian skincare pada wajah. Apa itu serum? Serum adalah moisturizer yang dapat menyerap ke dalam pori-pori kulit. Serum berfungsi untuk menjadikan kulit wajah lebih kencang dan membuat pori-pori menjadi lebih kecil.

Serum mengandung active ingredients yang mampu meresap lebih dalam ke kulit dibandingkan dengan krim atau moisturizer lainnya.

Baca Juga:

Ya, serum mengandung vitamin dan antioksidan yang bertujuan untuk menembus ke bagian kulit terdalam dengan lebih mudah, cepat, dan merata dibanding pelembap wajah biasa.

Namun tidak jarang, menggunakan serum dan begitu banyak rangkaian skincare terkadang justru malah memunculkan jerawat pada kulit wajah. Lantas, bagaimana caranya memilih serum untuk kulit berminyak yang sensitif? Simak selengkapnya berikut ini.

Cara Memilih Serum Wajah yang Cocok untuk Kulit Berminyak

Serum untuk Kulit Berminyak

Ingin terhindar dari tanda-tanda penuaan dini? Salah satu langkah yang bisa kamu lakukan adalah dengan rutin menggunakan serum wajah. Serum memiliki kandungan seperti antioksidan, peptida, dan pencerah kulit, seperti vitamin C yang bisa mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu, fungsi dari serum wajah sendiri yaitu untuk melembapkan kulit, mencegah pengaruh buruk dari polusi dan sinar matahari, mengurangi minyak berlebih, dan menyamarkan bintik gelap di wajah.

Serum biasanya berasal dari bahan dasar air dan kebanyakan dibuat tidak memakai atau minim bahan minyak. Sama dengan produk perawatan wajah lainnya, penggunaan serum juga harus disesuaikan dengan jenis kulit wajah. Pasalnya, ada berbagai jenis serum wajah dengan berbagai kandungan di dalamnya.

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, tentu harus lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan wajah, termasuk dalam memilih serum karena penggunaan serum yang tidak tepat justru dapat menimbulkan masalah baru bagi kulit wajah kamu.

Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, kamu hanya butuh mencari jenis serum yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Lalu, bagaimana memilih serum wajah yang sesuai dengan jenis kulit berminyak? Simak berikut ini.

1. Pilih serum yang mengandung vitamin C

Tips pertama memilih serum untuk kulit berminyak, yaitu pilihlah serum yang mengandung vitamin C, karena vitamin C terbilang ringan, sehingga akan lebih cepat menyerap ke dalam kulit dan tidak akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

2. Pilihlah serum untuk mengurangi minyak berlebih

Kemudian, saat ini sudah banyak brand yang memiliki produk khusus untuk kulit berjerawat. Untuk itu, kamu bisa langsung mencari serum yang memang dapat mengurangi minyak berlebih dan dibuat khusus untuk kulit berjerawat. Biasanya, serum dengan ekstrak tanaman laut dapat mengurangi produksi minyak yang berlebihan pada kulit wajah.

3. Pilih serum yang mengandung AHA

Untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, kamu bisa mencoba serum yang memiliki kandungan AHA. Pasalnya, kandungan ini dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah, sehingga selain dapat meningkatkan tekstur kulit, juga dapat terhindar dari penyumbatan pori-pori kulit di wajah.

4. Pilih serum yang mengandung retinol

Selanjutnya, kamu juga bisa memilih serum yang mengandung retinol. Kandungan ini memang sudah lama dikenal sebagai sahabat bagi kulit berminyak.

Retinol dapat mengontrol kadar minyak pada kulit, termasuk minyak alami yang diproduksi. Selain dapat mengontrol minyak, retinol juga baik untuk menghilangkan kerut dan noda-noda hitam pada wajah.

5. Pilih serum dengan oil balancing untuk mengurangi produksi minyak

Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, tentu perlu memilih serum dengan kelebihan oil balancing atau dapat menyeimbangkan produksi minyak agar tidak berlebihan.

Salah satu bahan aktif yang berguna di sini adalah niacinamide dan linoleic acid. Linoleic acid bisa mengendalikan produksi minyak berlebih. Begitu pula dengan niacinamide yang dapat melindungi kulit dan berfungsi dengan baik untuk menjaga kelembapannya, sehingga produksi minyak bisa lebih terkendali.

6. Pilih serum dengan water-based serum

Pemilik wajah berminyak memang memproduksi sebum secara berlebih. Maka dari itu, sebaiknya kamu memilih serum dengan kelebihan water-based serum yang dikenal memiliki tekstur yang ringan sehingga tidak terasa lengket dan tidak akan membuat kulit kamu semakin berminyak.

7. Hindari serum yang banyak mengandung mineral oil

Saat memilih produk untuk kulit berminyak, hindari yang banyak mengandung mineral oil karena dapat menyumbat pori-pori pada wajah.

Untuk itu, pilihan serum yang cocok untuk kulit berminyak adalah yang hanya mencampur bahan aktif dengan air. Hindari bentuk lotion atau krim yang justru memiliki kadar minyak tinggi.

Penggunaan serum wajah pada umumnya dilakukan saat kulit beristirahat. Kamu bisa menggunakan serum setelah mencuci muka dan akan beristirahat. Namun, beberapa jenis serum juga bisa dipakai sebelum mulai menggunakan make up.

Jadi, setelah wajah dibersihkan, gunakan serum dan tunggu beberapa saat hingga mengering. Setelah itu, kamu bisa menggunakan pelembap, foundation, dan produk make up lainnya.

Perlukah Menggunakan Serum Wajah?

Jika kamu memiliki masalah kulit, seperti noda hitam akibat penuaan dini, atau keriput dan garis halus, menambahkan serum pada ritual penggunaan skincare wajah dapat membantu meningkatkan penampilan kulit.

Selain itu, jika kulit kamu sangat berminyak, serum juga dapat meningkatkan kelembapan kulit wajah tanpa harus menggunakan pelembap lagi. Tetapi, jika kondisi kulit kamu tampak terasa baik-baik saja hanya dengan pelembap biasa, maka kamu tidak perlu memaksakan diri untuk menggunakan serum wajah.

Lalu, Bagaimana Cara Memakai Serum Wajah?

Serum untuk Kulit Berminyak

Cara memakai serum wajah cukup mudah. Cukup gunakan 1-2 tetes sekali pakai. Lalu, aplikasikan dengan menepuk-nepuk perlahan menggunakan ujung jari. Gerakan tersebut lebih efektif ketimbang mengusap.

Untuk pagi hari, pakailah serum sebelum pelembap wajah. Sementara untuk malam hari, kamu bisa memakai serum sebelum mengaplikasikan krim malam.

Yakin setetes sudah cukup? Iya, karena kandungan bahan aktif serum cukup tinggi, sehingga tidak memerlukan dosis yang cukup besar. Ini pula yang menjadi alasan mengapa serum jauh lebih mahal dibanding krim antipenuaan lainnya.

Kamu tentu sudah tahu jika ingin kulit wajah tetap kencang dan awet muda di usia tua, penggunaan serum sudah mulai harus dilakukan sejak usia 20-an. Tapi, apakah kamu masih bingung dalam memilih serum yang sesuai dengan jenis kulitmu?

Semuanya seakan menjanjikan efek kulit glowing, kenyal, dan bebas penuaan dini. Lalu, bagaimana memilih serum yang sesuai dengan jenis kulit, khususnya untuk kulit berminyak?

Serum untuk kulit berminyak yaitu yang ringan, serta dapat mencegah jerawat makin meradang. Pilihlah serum dengan kandungan hyaluronic acid, ceramide, marine protein. Ketiganya menciptakan serum yang berperan sebagai pelembap namun tetap ringan.

Walaupun membuat kulit lembap, namun serum dengan ketiga kandungan tersebut tidak akan menimbulkan minyak berlebih pada kulit wajah. Tapi justru dapat mengecilkan pori-pori. Kandungan vitamin C juga biasanya juga dimasukkan ke dalam kandungan serum untuk kulit berminyak untuk menangkal efek radikal bebas.

Bagaimana? Sudah tidak bingung lagi, kan, dalam memilih serum untuk kulit berminyak?

Related posts
KesehatanKulit

Penyebab Keloid dan Cara Alami Mengatasinya

KecantikanKulit

7 Tips Memilih Toner untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

Apa Saja Cara Efektif Menghilangkan Milia di Wajah?

GigiKecantikan

Jenis Retainer Gigi dan Cara Merawatnya