KecantikanKulit

7 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak

Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak mungkin menjengkelkan bagi sebagian orang. Tapi tahukah kamu, menurut ahli kulit Yoram Harth, MD., jika minyak yang ada di kulit justru melindungi dari elemen luar yang membahayakan. 

Memang benar jika produksi minyak terlalu berlebih malah menyumbat pori-pori, membuat wajah tampak mengkilap, dan menyebabkan bruntusan atau jerawat di wajah. Meski penyebab jerawat yang paling umum adalah faktor genetik dan perubahan hormonal, tentu ditambah kondisi kulit yang terus-menerus memproduksi minyak membuat kamu rentan terkena jerawat.

Baca Juga:

Padahal kamu tak perlu khawatir, lho. Ada solusi praktis yang bisa membantumu mengontrol kulit berminyak. Mulai sekarang kamu perlu memilih produk skincare yang tepat untuk kulit berminyak.

Skincare atau produk perawatan wajah yang tepat memiliki manfaat untuk menjaga minyak di wajah tetap terkontrol. Tidak berlebihan sekaligus tidak terlalu membuat wajah sangat kering. Wajah yang dirawat dengan skincare khusus kulit berminyak dipercaya menghasilkan wajah yang bebas kilap dan tidak kusam.

Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak

Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak

Berikut ini tips untuk memilih produk perawatan wajah untuk kulit berminyak:

1. Pilih Produk Bebas Komedo (non-komedogenik) dan Bebas Minyak

Menurut saran ahli kulit, Melanie Palm, MD, seorang dermatologis dari San Diego, kamu perlu memilih produk skincare untuk kulit berminyak yang tentunya yang diformulasikan secara khusus. Yakni, produk tersebut harus non-komedogenik, tidak menyumbat pori-pori, dan juga bebas minyak.

Selain itu, kamu perlu melihat komposisi bahan yang penting untuk menjaga kulit tetap normal tanpa membuat wajah terlalu kering. Beberapa bahan yang bisa kamu pertimbangkan adalah asam salisilat, retinol, dan belerang (sulfur).

Produk skincare dengan label non-komedogenik dan bebas minyak dianggap ampuh untuk mengontrol minyak berlebih tanpa membuatnya terlalu kering. Selain itu produk ini tidak menyumbat pori-pori sehingga wajah pun relatif aman dari jerawat. 

2. Wajib Pakai Sunscreen

Selalu gunakan sunscreen setiap hari, baik kamu beraktivitas di dalam maupun di luar rumah. Mengapa? Sunscreen membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa merusak kulit, mencegah keriput, bintik hitam, hingga kanker kulit.

Sinar ultraviolet bisa membahayakan kulit wajah, sehingga kamu perlu memilih pelindung ekstra dengan kandungan SPF 30 atau lebih. Pastikan juga sunscreen yang kamu pilih bisa menangkal sinar UVA dan UVB agar warna tone kulitmu tetap rata/ tidak belang, tetap kencang, dan bebas dari tanda-tanda penuaan. 

Bagi pemilik kulit berminyak, kamu perlu memilih sunscreen yang dilengkapi dengan kandungan seng oksida (ZnO) dan titanium dioksida (TiO2) tanpa pewangi atau minyak. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah munculnya bruntusan jerawat. 

Mungkin kamu bertanya-tanya, perlukah pakai sunscreen jika pelembab yang kamu pakai sudah dilengkapi SPF? Jawabannya, tentu saja. Memakai pelembab pun bukan berarti tak perlu sunscreen, karena kedua skincare ini fungsinya berbeda. Lagipula, kandungan SPF pada moisturizer umumnya di bawah 30, sehingga kurang optimal dibandingkan sunscreen.

Kamu perlu menggunakan sunscreen setiap hari, meski berada di dalam ruangan. Ulangi pemakaian setiap 2 jam jika kamu terpapar sinar matahari sepanjang hari atau setelah terbasuh air.

3. Pilih Jenis Face Wash yang Lembut

Kamu mungkin masih bingung dan sering berpikir tentang apa produk face wash untuk kulit berminyak yang harus kamu pilih. Jika ya, kamu perlu mendengar saran dari ahli kulit. 

Menurut Lisa Pruett, MD, dermatologis dari Carrollton, Texas, menyatakan bahwa untuk memilih face wash sebaiknya pilih yang berbahan lembut. Selama ini masih banyak orang yang keliru. Mereka justru memilih produk skincare yang keras dengan tujuan membuat kulit lebih kering.

Padahal sebenarnya minyak bukanlah musuh utama wajahmu. Minyak hanya perlu dikontrol dengan jumlah yang pas, tidak perlu menghilangkannya sama sekali. 

Pemakaian skincare dari produk face wash yang terlalu keras justru merusak kulit membuatnya rentan teriritasi, dan memicu produksi minyak semakin banyak. Sebaiknya justru pilih saja produk pembersih wajah yang sifatnya lembut (mild) agar proses membersihkan wajah tetap efektif namun tidak sampai merusak. 

Sementara itu untuk eksfoliasi sebaiknya dilakukan maksimal 2 kali seminggu. Tak perlu terlalu sering karena dampak buruknya adalah produksi minyak akan semakin bertambah bila terlalu keras saat scrubbing atau terlalu sering eksfoliasi.

4. Atasi Kelebihan Minyak di Wajah dengan Masker 

Skincare lain untuk kulit berminyak yang bisa dicoba adalah penggunaan masker dari bahan alami yang bisa mengontrol minyak. Salah satunya adalah masker dari tanah liat (clay mask).

Salah satu pilihan skincare masker yang bisa kamu coba untuk mengatasi kulit berminyak dan wajah yang acne-prone adalah white clay mask, black clay mask, dan green clay mask.

Pemakaian masker dan face wash hendaknya diiringi dengan pembilasan dengan air hangat yang bersih agar kulit lebih terhidrasi. Setelah itu, untuk menjaga kesegaran kulit wajah, tak ada salahnya menyemprotkan toner atau face mist untuk mendinginkan kulit berminyak.

5. Selalu Gunakan Pelembab

Salah satu ritual penting untuk perawatan wajah adalah menggunakan pelembab setelah mencuci muka. Pelembab sangat penting fungsinya meski kamu memiliki jenis kulit berminyak.

Pelembab yang diaplikasikan ke wajah setiap hari akan memberikan dampak positif. Yakni, menjaga kulit tetap terhidrasi, membuat kulit halus, dan terhindar dari tanda-tanda penuaan. 

Melembabkan wajah sebaiknya dilakukan setelah mencuci wajah dengan face wash. Dalam keadaan wajah lembab, gunakan skincare pelembab wajah ke wajah agar nutrisi dari pelembab bisa diserap lebih efektif dan sempurna.

Selain itu, memilih skincare untuk kulit berminyak rupanya harus lebih selektif. Untuk mencari produk yang tepat, kamu bisa mencoba pelembab wajah yang ringan, dan bebas minyak. Pilih bentuk gel daripada krim, agar tidak menimbulkan perasaan berat dan greasy di wajah. 

6. Jaga Kulit Tetap Terhidrasi dan Segar dengan Toner

Toner bukanlah skincare utama. Tapi peranan toner untuk pemilik kulit berminyak tak kalah pentingnya. Pemakaian toner setelah mencuci wajah bermanfaat untuk menjaga kehalusan kulit, melembutkan, dan menenangkan kulit. 

Manfaat utama toner adalah memberikan nutrisi untuk mengembalikan kesegaran kulit. Selain itu toner juga berfungsi membantu mengurangi kemerahan dan bagian wajah yang kering. 

Untuk kulit berminyak, sebaiknya pilih toner dari bahan alami, non sintetis. Lebih baik lagi jika toner tersebut berasal dari hydrolate bunga alami (seperti lavender, mawar, sedap malam), karena bisa berfungsi sebagai aromaterapi untuk mengurangi stres dan penat, serta mengembalikan wajah menjadi lebih bercahaya. 

7. Serum sebagai Pelengkap Terbaik

Serum menjadi pilihan untuk skincare untuk kulit berminyak karena kandungannya yang kaya antioksidan dan retinol. Serum bisa membantu meremajakan kulit, mengurangi kemerahan, memperbaiki tekstur yang tidak rata, dan menjaga kulit tetap kencang.

Pilih serum untuk kulit berminyak yang aman diaplikasikan di wajah setiap hari sebelum tidur. Jangan lupa untuk mencampurkan serum dengan pelembab agar manfaat skincare bisa terserap sempurna untuk memperbaiki kembali kulit yang rusak. 

Cara Merawat Wajah untuk Tipe Kulit Berminyak

Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak

Ingin tahu bagaimana cara yang benar untuk merawat kulit berminyak agar tetap bersih, bebas kilap, dan tidak kusam? Yuk, terapkan langkah-langkah berikut ini! 

  • Kulit berminyak memang rentan berjerawat. Sehingga kamu perlu membersihkan wajah dengan sabun pembersih atau face wash untuk kulit berminyak.
  • Setiap pagi, kamu perlu rutin mencuci wajah dan mencegah kerusakan kulit. Produk skincare yang tepat adalah face wash, toner, pelembab, dan sunscreen. masker
  • Saat malam sebelum tidur, kamu perlu melakukan ritual untuk memperbaiki kondisi kulit setelah seharian terpapar kerusakan (sinar UV, debu, polusi, kuman, dll.). Produk skincare yang sesuai adalah face wash, face scrub (eksfoliasi), toner, pelembab, dan serum.
  • Hindari menggunakan produk dengan bahan dasar minyak atau alkohol. Produk ini bisa mengiritasi kulit dan menutup pori-pori. Untuk kulit berminyak, skincare dan kosmetik yang aman adalah yang berbahan dasar air.
  • Selalu cuci wajah dengan bersih setelah:
    • Memakai makeup
    • Berolah raga
    • Berkeringat
    • Sebelum dan sesudah bangun tidur
    • Terpapar debu, asap, udara luar. 

Jika kondisi kulitmu terlalu serius dan kamu merasa tak sanggup mengatasi kelebihan minyak di wajahmu, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter yang ahli kulit agar kamu bisa mendapat solusi terbaik untuk masalahmu.

Related posts
KecantikanKulit

7 Tips Memilih Serum untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

Penyebab Pori-Pori Membesar yang Harus Kamu Tahu

KecantikanKulit

5 Tanda Skincare Tidak Cocok dengan Kulitmu

KecantikanKulit

9 Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Bahan Alami di Rumah