KecantikanKulit

9 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Kering

Skincare untuk Kulit Kering

Punya kulit wajah yang kering memang kerap buat pusing karena selain mempengaruhi penampilan, kulit kering yang tidak dirawat akan menjadi semakin parah. Hal ini membuat kamu para wanita yang punya kulit kering harus melakukan perawatan dengan skincare untuk kulit kering yang tepat agar masalah kulit yang dihadapi bisa berkurang.

Baca Juga:

Memilih skincare yang cocok dengan jenis kulit bisa menekan risiko munculnya masalah kulit lain selama masa pemakaian. Bahkan, jika produk tersebut cocok, masalah kulit kering kamu akan bisa diatasi.

Kulit kering dan Penyebabnya

Skincare untuk Kulit Kering

Kulit kering merupakan kondisi di saat kulit kekurangan kelenjar minyak dan kelembapan kulit menjadi hilang. Hal ini membuat kulit terasa keras akibat kekurangan cairan. Selain itu, kulit kering juga ditandai dengan permukaan kulit wajah yang biasanya pecah-pecah serta bersisik. Wajar jika dibiarkan terlalu lama, kekeringan ini dapat menyebabkan kulit terlihat kusam.

Kulit kering pada umumnya disebabkan oleh usia yang terus bertambah. Orang yang sudah lanjut usia biasanya memiliki kulit yang kering dan keriput. Kondisi ini bisa juga dialami oleh kamu yang masih berusia muda jika kulit wajah sering terkena alkohol dan deterjen.

Selain itu, kulit semakin hilang kelembapannya diakibatkan oleh penyakit kronis tertentu sehingga membuat aktivitas kelenjar minyak berkurang. Kulit yang terpapar sinar matahari juga menyebabkan kulit menjadi semakin kering.

Tidak hanya itu, lingkungan yang dingin seperti ruangan ber-AC juga rentan membuat kulit kamu semakin kering dan kehilangan kelembapannya. Jika kulit kamu sudah mengalami keretakan, risiko terjadinya iritasi akan semakin besar.

Iritasi kulit akan menyebabkan terasa perih dan juga gatal. Jangan digaruk, ya. Sebab, rasa gatal yang terus menerus bisa membuat kulit terluka dan berdarah yang berujung pada infeksi. 

Tips Memilih Skincare untuk Kulit Kering

Skincare untuk Kulit Kering

Sebelum memutuskan untuk membeli dan menggunakan produk skincare untuk kulit kering kamu, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Tips memilih skincare untuk kulit kering ini harus kamu terapkan jika tidak ingin mendapatkan masalah kesehatan kulit yang lain setelah penggunaannya. Berikut selengkapnya.

1. Pilih skincare dengan bahan dasar air

Kandungan pelembap dalam skincare untuk kulit kering yang akan kamu gunakan haruslah berbahan dasar air (water based). Ini berfungsi untuk membuat kadar air dan tingkat kelembapan kulit kamu kembali dan bisa mengatasi kekeringan kulit wajah.

2. Mengandung pelembap

Tips memilih skincare untuk kulit kering selanjutnya adalah produk yang mengandung pelembap yang bisa menghidrasi kulit. Kandungan tersebut bisa seperti asam laktat, lanolin, petroleum, dan urea. Skincare yang mengandung bahan ini biasanya akan menjaga dan mengembalikan kelembapan kulit wajahmu dan terhindari dari kulit kering.

3. Hindari kandungan alkohol

Tidak disarankan jika kamu menggunakan skincare untuk kulit kering dengan kandungan bahan alkohol di dalamnya. Kandungan alkohol yang tinggi pada produk kecantikan bisa menghilangkan cairan alami di kulit dan menyebabkan kulit kering.

Jika toner yang digunakan mengandung alkohol, setelah pengaplikasiannya, kulit kamu akan terasa kering dan tertarik serta terasa perih. Ini berarti toner tersebut mengandung alkohol dan tidak cocok untuk kulit kering kamu.

Pilihlah toner atau penyegar wajah yang khusus untuk kulit sensitif dan kulit kering. Biasanya toner jenis ini mengandung hydroxy acid dan glycolic acid.

4. Pilih skincare yang mengandung minyak

Bagi kamu yang memiliki kulit kering, pilihlah skincare yang ada kandungan minyak di dalamnya. Minyak yang baik untuk kulit kering ada beberapa jenisnya, seperti shea butter, jojoba oil, olive oil, dan sebagainya.

5. Pilih skincare dengan tekstur krim

Ada baiknya jika ingin membeli skincare untuk kulit kering, pilihlah produk dengan tekstur krim dibanding produk dengan tekstur lotion atau tekstur bubuk sebab akan membuat kulit kamu menjadi semakin kering dan iritasi.

6. Pakai sunblock dengan proteksi UVB

Menggunakan sun protection adalah hal mutlak yang harus digunakan oleh semua kulit saat keluar ruangan. Bagi kamu pemilik kuring kering, pilihlah sun protection yang memiliki kandungan porteksi UVB (ultraviolet B). UVB merupakan gelombang sinar matahari yang berbahaya terlebih bagi kulit yang kering. Sebab, sinar UVB dapat membuat kulit lebih kering, terasa gatal, dan iritasi. Wah, hati-hati, ya!

7. Pakailah gentle skin cleanser

Produk pembersih wajah juga harus diperhatikan bagi si pemilik kulit kering. Ada baiknya skincare untuk kulit kering memilih menggunakan gentle skin cleanser karena bebas sabun dan tidak membuat kulit kamu iritasi. Biasanya jenis pembersih ini cocok untuk semua jenis kulit. Tingkat pembersihan dengan gentle skin cleanser ini lebih lembut dibanding pembersih jenis lain.

Dan juga, hindari menggunakan pembersih wajah dengan kandungan scrub karena akan membuat kulit menjadi iritasi. Pembersih wajah dengan bahan dasar foam juga tidak cocok untuk kulit kering sebab membuat kulit wajah semakin kering.

8. Hindari skincare yang mengandung deterjen

Pemilik kulit kering memang tidak direkomendasikan menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung deterjen. Skincare untuk kulit kering sebaiknya tidak mengandung zat kimia yang bisa membuat kulit menjadi iritasi dan semakin kering. Selain deterjen, hindari juga menggunakan produk dengan kandungan pewangi karena akan memberikan efek yang sama.

9. Pilih skincare yang kaya vitamin

Tentu saja, skincare untuk kulit kering harus kaya akan kandungan vitamin sebab zat ini bagus untuk melindungi jenis kulit kering dan menjaga kelembapannya. Terlebih jika skincare itu mengandung vitamin A dan juga vitamin E yang diketahui memiliki fungsi untuk menutrisi kulit dan membuat kondisi kulit semakin membaik dan tidak menyebabkan iritasi. 

Jangan salah dan sembarangan pilih skincare untuk kulit kering, ya! Salah produk bisa berefek panjang bagi kesehatan kulit wajahmu. Semoga bermanfaat!

Related posts
KecantikanKesehatan

Bahaya Kosmetik Palsu dan Oplosan Serta Cara Menghindarinya [Panduan Lengkap]

KecantikanKulit

Serba-Serbi Jerawat Batu yang Harus Kamu Tahu

KecantikanKulit

11 Penyebab Wajah Kusam yang Sering Tak Disadari

KecantikanKulit

Tips Mencegah Bekas Jerawat Muncul di Wajah