KecantikanKulit

Tips Memilih Sunscreen untuk Berbagai Jenis Kulit

Tips Memilih Sunscreen

Di negara tropis seperti Indonesia, hal yang wajib harus dipakai adalah sunscreen ketika berkegiatan di luar rumah. Ini penting karena suscreen akan melindungi kulit wajah dari sengatan panas matahari. Namun, sunscreen juga bergantung pada jenis kulit seseorang, lho. Ada sunscreen untuk kulit sensitif dan berminyak serta untuk jenis kulit lainnya.

Baca Juga:

Sunscreen merupakan tabir surya kimiawi yang bekerja menembus lapisan teratas kulit dan menyerap sinar matahari seperti spons. Tentu sebagai pelindung kimiawi, sunscreen juga mengandung bahan kimia aktif yang menghalangi sinar matahari ke kulit kamu secara langsung.

Sunscreen tidak meninggalkan zat sisa dan juga tidak meninggalkan warna sehingga tidak akan merusak makeup di wajah. Nah, buat kamu yang bingung memilih sunscreen yang cocok dengan jenis kulit kamu, berikut tips memilihnya untuk kamu.

Sunscreen untuk Kulit Sensitif dan Berminyak

Tips Memilih Sunscreen

Kulit sensitif dan berminyak merupakan masalah yang kompleks pada kulit. Sunscreen untuk kulit sensitif dan berminyak sebaiknya mengandung titanium oksida dan zinc oxide. Karena kedua bahan ini merupakan satu-satunya filter UVA dan UVB fisik yang disetujui FDA yang bisa melindungi kulit dari cahaya matahari langsung.

Titanium oksida merupakan mineral alami yang punya kemampuan memantulkan radiasi sinar UV dan tidak terurai ketika terkena sinar matahari.

Zinc oxide adalah mineral sintesis yang memiliki fungsi memcah panas dan energi yang dilepaskan sinar matahari, memberikan perlindungan agar radiasi menjauhi kulit sebelum menyentuhnya. Bahan ini juga memiliki anti-iritasi dan perlindungan kulit yang menjadi salah satu komposisi pendukung produk perawatan kulit sensitif.

Kedua mineral aktif ini paling minim menyebabkan alergi sebab tidak menyerap ke dalam kulit. Sehingga jika kamu memiliki kulit sensitif, sangat cocok menggunakan tabir surya yang mengandung bahan kimia ini.

Ketika kamu ingin melakukan olahraga renang, pastikan menggunakan sunscreen berbahan dasar gel agar tidak luntur ketika berenang. Sun protection yang mengandung air akan mudah luntur ketika bertemu air. Hindari juga penggunaan sunscreen yang memiliki aroma yang kuat karena mengandung parfum.

Sunscreen untuk Kulit kering

Tips Memilih Sunscreen

Kulit kering adalah kulit yang kurang kelembaban, kadar minyaknya sedikit dan sangat sensitif. Pelembab penting bagi si pemilik kulit kering agar kulit wajah tetap terasa nyaman setelah mandi dan mencucui muka.

Sunscreen yang cocok untuk kulit sensitif adalah tabir surya yang mengandung pelembab. Pilihlah produk dengan tingkat konsistensinya pekat karena sangat diperlukan untuk melindungi kulit wajah kamu dari kerusakan.

Sunblock untuk jenis kulit ini diformulasikan dalam bentuk losion biasanya. Selain itu juga ada dalam bentuk krim dan juga salep. Berbagai jenis pelembab yang terkandung dalam sunscreen seperti minyak, lanolin, serta silikon.

Jika kamu menderita melasma atau masalah yang berhubungan dengan kanker kulit yang kebanyakan dialami oleh pemilik kulit putih, dianjurkan menggunakan sunscreen SPF 30 setiap hari demi mendapatkan perlindungan maksimal.

Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Tips Memilih Sunscreen

Jika kulit kering mengandung sedikit minyak, berbeda dengan jenis kulit satu ini yang mengandung kelebihan minyak. Masalah ini biasanya timbul di bagian hidung, pipi, dan juga dahi. Sehingga wajah kamu pemilik jenis kulit berminyak ini seperti wajan yang menampung banyak sekali minyak. Kulit kamu juga akan terlihat kasar, mengilap, dan berpori-pori besar.

Jenis sunscreen untuk kulit berminyak adalah berbahan dasar air (aqua) agar tidak membuat kulit kamu semakin berminyak. Sebab sunblock berbahan dasar air ini akan membuat kulit kamu kering dan memiliki efek menenangkan kulit serta jerawat yang mulai muncul di wajah.

Sunscreen untuk Kulit Sensitif

Tips Memilih Sunscreen

Berbeda dengan kulit lainnya, sunscreen untuk kulit sensitif ini disarankan berbahan zinc oxide murni agar tidak menyebabkan iritasi atau alergi di kulit wajah kamu. Bahan dasar sunscreen untuk kulit sensitif dan berminyak perlu diperhatikan dengan seksama agar tidak menambah masalah di kulit kamu.

Sunscreen untuk Kulit Normal

Tips Memilih Sunscreen

Kulit normal biasanya cocok dengan sunscreen berbentuk losion karena kulit normal cenderung tidak memiliki masalah kekurangan atau kelebihan produksi minyak. Sunscreen SPF 15 yang berbentuk losion akan akan menjaga kelembaban kulit kamu tetapi tidakmenyebabkan minyak.

Sunscreen untuk Kulit Bermasalah

Tips Memilih Sunscreen

Yang dimaksud dengan kulit bermaslaah adalah kamu yang punya gangguan kulit seperti misalnya lupus atau rosacea, disarankan untuk memilih sunscreen yang lebih ringan. Biasanya jenis sunblock ini dikhususkan untuk bayi dan juga anak-anak. Sunscreen yang cocok untuk jenis kulit ini adalah yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide dibanding produk dengan bahan yang berbahan kimia seperti PABA (para-aminobenzoic acid), oxybenzone, dioxybenzone ataupun sulisobenzone.

Jika kamu memiliki iritasi kulit atau alergi, tidak disarankan memmakai tabir surya dengan kandungan alkohol, zat pengawet, atau yang beraroma menyengat seperti parfum tambahan.

Berbeda penanganan dengan kamu yang memiliki kulit wajah berjerawat, karena tidak dianjurkan untuk memilih sunscreen yang bikin produksi minyak di wajah kamu semakin meningkat. Pilihlah sunblock yang mengandung Ensulizole (phenylbenzimidazole sulfonic acid) yang efektif untuk menangkan radiasi UVB di wajah kamu. Sunblock jenis ini memiliki konsistensi minyak yang sedikit dibanding sunscreen berbahan kimia lainnya.

Tetapi jika kondisinya kamu menggunakan obat jerawat, maka perlu memilih sunblock yang bentuknya gel karena akan lebih baik pada kulit kamu yang kering akibat obat jerawat, dibanding jika kamu menggunakan sunblock berbentuk losion atau krim.

Obat jerawat juga meningkatkan sensitivitas kulit kamu terhadap radiasi matahari. Sangat penting menggunakan sun protection setiap hari ketika keluar rumah.

Sunscreen untuk Kulit Gelap

Tips Memilih Sunscreen

Siapa bilang pemilik kulit gelap tidak butuh sunscreen? Meskipun tidak seberesiko pemilik kulit putih, tetapi pemilik kulit gelap juga perlu menggunakan sun protection agar terhindar dari bahaya kanker kulit.

Sebab sinar matahari bisa merusak DNA kulit kamu meskipun kemungkinan mengalami sunburn hanya sedikit.

Kulit gelap cocok menggunakan sunscreen berbahan titanium karena merupakan bahan aktif terbaik yang bisa membuat tampilan kulit terlihat lebih putih.

Sunscreen untuk Anak

Tips Memilih Sunscreen

Kulit anak-anak yang sensitif sebisa mungkin dihindari dari bahan kimia yang bisa menyebabkan kulitnya iritasi atau alergi. Biasanya produk sunscreen untuk bayi mengandung bahan titanium dioxide dan zinc oxide yang cenderung lebih aman.

Agar praktis, pilihlah sunblock spray supaya lebih mudah digunakan. Cara pengaplikasiannya adalah dengan disemprotkan dulu ke telapak tangan lalu oleskan ke wajah.

Sunscreen untuk Lansia

Tips Memilih Sunscreen

Jangan mengira jika sudah tua kulit kamu sudah tahan banting terhadap sinar matahari. Meskipun sudah merasakan sinar matahari lebih lama, tetap kulit kamu butuh pelindung agar terhindar dari kanker kulit. Selain itu kulit kamu juga perlu dihindari agar tidak muncul masalah lain seperti kerutan, penuaan, noda hitam, kulit mengendur, serta kasar. Untuk kepraktisan penggunaan, kamu bisa memilih produk sunscreen berjenis spray.

Related posts
KecantikanKulit

7 Cara Menghilangkan Bulu di Wajah yang Bisa Dicoba

KecantikanKulit

7 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

KecantikanKulit

13 Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan

KecantikanKulit

Jenis dan Manfaat Antioksidan Dalam Skincare