KecantikanKulit

7 Tips Memilih Toner untuk Kulit Berminyak

Toner untuk Kulit Berminyak

Memiliki kulit wajah yang sehat tentu saja menjadi dambaan setiap orang. Selain menggunakan sabun muka, kamu juga harus rutin mengaplikasikan skincare untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat. Termasuk penggunaan toner juga menjadi tahap yang tidak boleh dilewatkan. Toner merupakan cairan berbasis air yang mengandung bahan-bahan aktif untuk membantu beberapa permasalahan kulit.

Baca Juga:

Toner dapat membantu menyeimbangkan pH kulit. Penggunaan toner yang tepat dan rutin bermanfaat untuk membuat kulit wajah lebih halus, mengurangi bintik hitam dan melenyapkan kuman penyebab jerawat. Selain itu, toner juga dapat membersihkan kotoran yang yang menempel di wajah dengan maksimal.

Namun, dalam pemilihan toner juga tidak boleh sembarangan. Pastikan kamu memilih toner yang sesuai dengan jenis kulitmu. Terutama buat kamu yang memiliki jenis kulit berminyak. Jika kamu salah memilih toner, kulitmu bisa jadi lebih berminyak atau bahkan menimbulkan masalah kulit lainnya.

Manfaat Toner untuk Kulit Berminyak

Toner untuk Kulit Berminyak

Toner dipercaya cukup efektif untuk merawat kulit yang berminyak. Toner dapat membantumu menghilangkan sisa minyak dan kotoran yang ditinggal oleh pembersih. Selain itu, toner juga dapat membantu mengecilkan pori-pori. Biasanya pori-pori yang besar ini disebabkan oleh minyak berlebih yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous.

Toner sendiri dibagi menjadi beberapa macam. Ada toner yang dikhususkan untuk kulit kering, kulit berminyak dan kulit kombinasi. Jika kulitmu berminyak, carilah toner yang mengandung bahan aktif untuk mengontrol minyak. Selain itu, kamu bisa ikuti beberapa tips berikut dalam memilih toner yang tepat untuk jenis kulit berminyak.

1. Pastikan kamu memilih toner khusus untuk kulit berminyak

Dalam memilih toner, usahakan untuk memilih produk yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. Atau bisa juga pilih toner yang mendekati karakteristik kulit berminyak, seperti kulit mengkilap, pori-pori besar dan kulit wajah berjerawat. Produk toner yang cocok untuk kulit berminyak biasanya asam alfa-hidroksi atau AHA.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari AHA. Produk ini biasanya dapat meresap jauh hingga ke dalam pori-pori kulit. Sehingga, AHA dapat membantu pengelupasan kulit secara efektif dan dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat.

2. Pilih toner dengan kandungan yang tepat

Kulit berminyak biasanya membutuhkan perawatan yang berbeda. Jika salah pilih produk, kulit akan menghasilkan minyak berlebih dan rawan jerawat. Kamu bisa pilih toner yang mengandung bahan dengan sedikit zat astringent dan antibakteri. Kandungan tersebut bisa kamu dapatkan pada produk AHA.

Ada beberapa jenis produk AHA yang bisa kamu temukan, di antaranya glycolic, critic dan lactic. Glycolic acid bermanfaat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan minyak berlebih dari wajah. Selain itu, produk ini juga dapat membuat kulit lebih cerah dan halus.

3. Pilih toner yang mengandung bahan-bahan alami

Toner dengan bahan alami juga aman digunakan untuk kulit berminyak. Kamu bisa pilih toner yang mengandung aloe vera, clary sage, lavender, sandalwood, tea tree, willow bark atau salicylic acid dan witch hazel. Toner yang mengandung bahan ini dapat membantu menyeimbangkan kulit dan mengurangi minyak.

Selain itu, kamu juga bisa coba toner yang mengandung clay atau tanah liat. Kandungan ini dapat menyerap minyak dan membuat kulit wajah lebih sehat. Selain itu, kulit akan terasa lebih bersih dan segar ketika mengaplikasikan toner ini.

4. Hindari toner yang mengandung kelapa dan mineral oil

Meski begitu, ada beberapa bahan alami yang harus kamu hindari. Misalnya kelapa dan mineral oil. Bahan-bahan ini biasanya digunakan untuk merawat kulit kering. Sehingga jika kamu menggunakan toner ini justru akan memperburuk kulit berminyak.

Toner yang mengandung orange blossom, lemon dan rose juga bisa menjadi pilihan selanjutnya. Zat-zat di dalam bahan-bahan tersebut akan membuat kulitmu terasa lebih segar. Selain itu, mereka juga bisa membantu memperkecil pori-pori kamu.

5. Toner dengan kandungan zinc dapat mengontrol produksi minyak di wajah

Zinc biasanya digunakan untuk beberapa produk kecantikan, termasuk toner. Produk yang dikhususkan untuk kulit berminyak dan berjerawat biasanya juga mengandung zinc. Ada banyak manfaat jika kamu menggunakan toner yang mengandung zinc.

Fungsi utama dari zinc adalah membantu mengontrol produksi minyak atau sebum pada wajah. Sehingga, ketika toner yang kamu gunakan mengandung zinc, kulitmu akan lebih lembap. Akibatnya, skincare lain pun dapat diserap dengan sempurna oleh wajah.

6. Usahakan untuk tidak menggunakan toner yang mengandung alkohol

Toner berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang belum terangkat. Selain itu, kelembapan kulit dapat terjaga jika rutin mengenakan toner. Beberapa toner memiliki kandungan alkohol di dalamnya. Justru kandungan ini harus kamu hindari jika memiliki jenis kulit berminyak.

Toner yang mengandung alkohol bersifat mengeringkan. Sehingga, toner tersebut akan mengurangi kelembapan kulit pada saat proses pembersihan. Akibatnya, kesimbangan produksi minyak pada kulit akan terganggu. Sehingga, lebih baik hindari penggunaan toner yang mengandung alkohol.

7. Jika kulitmu berminyak, pilihlah toner bukan astringent

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa toner sama dengan astringent. Padahal kedua produk ini berbeda. Astringent memang memang dirancang dengan fungsi yang sama seperti toner. Namun, astringent memiliki bahan dasar alkohol, sedangkan toner tidak. Sehingga, astringent kurang cocok untuk pemilik kulit berminyak.

Kandungan pada toner lebih cocok untuk jenis kulit berminyak dan kombinasi. Toner juga memiliki banyak kandungan yang dapat melembapkan wajah pada kulit berminyak. Nah, sekarang kamu sudah tahu kan bedanya? Dengan begitu jangan sampai salah pilih lagi ya!

Cara Menggunakan Toner yang Benar

Toner untuk Kulit Berminyak

Selain menerapkan beberapa tips tersebut, ketahui juga cara memakai toner yang benar. Manfaat toner bisa kamu dapatkan dengan maksimal jika menggunakannya secara rutin dan tepat. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti.

1. Gunakan kapas

Tuang toner pada kapas hingga tiga tetes. Namun, jangan sampai kapas menjadi terlalu basah. Kemudian usapkan toner tersebut pada seluruh wajah hingga leher.

2. Pakai toner setelah membersihkan wajah dengan sabun muka

Sebelum memakai toner, pastikan kamu telah mencuci muka terlebih dahulu. Gunakan juga sabun muka yang sesuai dengan jenis kulitmu. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum menggunakan toner.

3. Pakai toner di pagi dan malam hari

Jangan menggunakan toner dengan berlebihan, karena akan membuat produksi minyak pada wajah meningkat. Kamu bisa gunakan toner dua kali sehari, yaitu pada saat pagi dan malam hari.

4. Aplikasikan pelembap setelah menggunakan toner

Agar kulitmu tetap lembap dan halus, gunakan pelembap setelah pemakaian toner. Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu. Dengan begitu, kulit wajah akan terlihat lebih sehat.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memilih toner bagi si pemilik kulit berminyak. Tentu saja untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu harus menggunakannya secara rutin. Semoga bermanfaat!

Related posts
KesehatanKulit

Penyebab Keloid dan Cara Alami Mengatasinya

KecantikanKulit

Apa Saja Cara Efektif Menghilangkan Milia di Wajah?

GigiKecantikan

Jenis Retainer Gigi dan Cara Merawatnya

KecantikanKulit

13 Bahan Alami untuk Menghaluskan Wajah