Kecantikan

11 Tips Mencegah Bibir Kering Saat Puasa

bibir kering

Menahan makan dan minum selama menjalankan ibadah puasa tentu merupakan tantangan tersendiri bagi yang melakukannya. Selain menahan rasa lapar dan haus, berpuasa juga rentan mengakibatkan perubahan pada tubuh seperti misalnya bibir yang semakin kering saat sedang berpuasa.

Baca Juga:

Hal ini dikarenakan asupan air dan nutrisi berkurang, sehingga kelembaban kulit bibir pun turut menurun. Namun, tak perlu khawatir. Berikut beberapa tips untuk mencegah bibir kering selama berpuasa.

1. Hindari konsumsi kafein saat buka dan sahur

bibir kering

Banyak orang biasanya meningkatkan jumlah konsumsi mereka saat berpuasa dan cenderung makan secara lebih tidak teratur biasanya. Ketika menjalani ibadah puasa, sebaiknya hindari atau batasi asupan kafein menjadi lebih rendah dibanding hari biasa. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang tinggi pada makanan atau minuman dapat menghilangkan kandungan air alami di kulit sehingga kelembaban kulit pun menjadi berkurang.

Termasuk pula bagian kulit bibir, sehingga menjadi kering dan rentan mengelupas. Bila Anda tetap ingin menikmati minuman dengan rasa tertentu, gantilah kopi atau minuman tinggi kafein lainnya dengan teh herbal seperti teh hijau ataupun jenis teh chamomile yang lebih ramah untuk tubuh dan berguna bagi kesehatan karena mampu mencegah penyakit.

2. Olesi bibir menggunakan madu

bibir kering

Sebagai langkah preventif agar bibir tidak mengalami kering ataupun pecah-pecah, gunakan saja madu murni untuk dioleskan di bibir. Bila sedang menjalankan ibadah puasa, maka jangan mengoleskan madu di bibir pada tengah hari karena beresiko membatalkan puasa Anda.

Sebaiknya, oleskan madu di bagian bibir ketika menjelang tidur setiap malam dan ketika selesai waktu sahur. Anda juga bisa meminum madu sebanyak 3 sendok makan yang diencerkan dengan menggunakan air. Dengan cara ini, Anda tidak hanya mendapatkan bibir yang lembab dan sehat, melainkan juga kondisi tubuh yang semakin bugar dalam menjalani ibadah puasa.

3. Memakai lip balm

bibir kering

Selain menggunakan madu, cara yang lebih praktis ialah dengan mengolesi bibir Anda menggunakan lip balm. Sst, cara ini tidak hanya dilakukan oleh kaum perempuan saja lho, Anda yang pria juga sangat disarankan untuk melakukan cara ini. Pilihlah produk lip balm yang mengandung SPF serta minyak alami di dalamnya, sehingga bibir akan terasa lebih lembab serta aman terlindungi dari paparan cahaya matahari yang juga menjadi salah satu penyebab kekeringan di bibir.  

4. Menghindari makanan asin dan pedas

bibir kering

Berbuka dengan menyantap menu makanan yang bercitarasa asin ataupun pedas memanglah terasa begitu nikmat, tetapi akan menimbulkan masalah terutama bagi mereka yang memiliki kulit bibir kering serta cenderung mudah kering.

Kedua jenis makanan ini berpotensi untuk menyebabkan kekeringan di bagian kulit, tak heran jika kulit bibir pun akan terasa kering bahkan tenggorokan pun jadi ikut lebih cepat kering dan menimbulkan rasa haus yang berlebih. Oleh sebab itu, hindarilah mengonsumsi kedua jenis makanan ini saat sahur dan berbuka.

5. Memakai petroleum jelly

bibir kering

Bahan petroleum jelly ini populer di daerah Timur Tengah yang dikenal dengan iklim saharanya yang panas dan kering. Petroleum jelly ini merupakan bahan yang ampuh dalam melindungi kulit agar tidak mengalami kekeringan. Gunakanlah petroleum jelly di bibir Anda dengan cara mengoleskannya setiap malam sebelum tidur, paling tidak dua hingga tiga kali per minggunya. Setelah bangun pagi, bersihkan secara seksama dan bersiaplah untuk takjub melihat betapa lembabnya bibir Anda di pagi hari.

6. Perbanyak minum air putih saat sedang buka dan sahur

bibir kering

Sudah sangat jelas apabila bibir yang kering mengindikasikan bahwa tubuh sedang mengalami kekeringan alias dehidrasi. Untuk mencegah agar bibir tidak mengalami kering ketika berpuasa, sebaiknya minumlah air putih dalam jumlah ideal. Tentu saja tidak di siang hari saat tengah berpuasa, melainkan ketika waktu buka dan sahur saja. Jumlah ideal yang harus Anda konsumsi adalah minimal 8 gelas per harinya.

7. Rajin menghilangkan sel kulit mati di bibir

bibir kering

Bibir yang kering terutama bila disertai gejala pecah-pecah, pada dasarnya adalah hasil sel kulit mati yang mengelupas. Tentu hal ini menimbulkan rasa yang kurang nyaman, terutama di tengah menjalankan ibadah puasa. Rutin menghilangkan sel kulit mati yang bertumpuk di kulit bibir dapat membantu mengurangi resiko bibir kering dan pecah-pecah.

Lakukan perawatan rutin setiap satu minggu sekali dengan cara meng-scrub bibir dengan menggunakan campuran madu dan gula pasir, atau cara lain yang lebih hemat ialah dengan menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut. Gosok bibir dalam kondisi basah secara perlahan sampai kulit mati terangkat.

8. Tidak mengelupas kulit bibir

bibir kering

Membersihkan dengan mengelupas kulit bibir secara paksa adalah dua hal yang berbeda. Mengelupas kulit bibir ini adalah sebuah kebiasaan buruk karena mampu menimbulkan luka di bagian bibir yang tentunya akan terasa perih dan kurang nyaman.

Bila dibiarkan begitu saja, kulit yang luka ini bisa saja memicu timbulnya iritasi. Oleh sebab itu, lebih baik Anda membersihkan kulit bibir dibanding mengelupasnya secara paksa.

9. Mengonsumsi sayur dan buah ketika sahur dan buka

bibir kering

Tidak hanya mengonsumsi air putih saja yang menjadi fokus utama, namun juga perlu perawatan dari dalam tubuh dengan cara memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Saat berbuka dan sahur, hindari jenis makanan yang berlemak tinggi, gantilah dengan buah-buahan dan sayuran yang kaya akan mineral dan vitamin.

Berbagai vitamin seperti misalnya vitamin A, E, dan C serta antioksidan yang terkandung penuh dalam buah beserta lemak esensial yang penting bagi tubuh berperan membuat kulit lembab dan dapat mencegah kekerangan pada kulit secara efektif.

10. Tidak menjilati bibir

bibir kering

Kebiasaan menjilat atau membasahi bibir ternyata tidak baik dan justru memicu kekeringan pada bibir. Banyak orang yang melakukan kebiasaan ini untuk membuat bibir keringnya terasa lembab, padahal kenyataannya efek lembab yang muncul itu hanya bertahan sementara saja dan justru mengakibatkan bibir terasa semakin kering karena air liur yang menempel pada bagian bibir lama-lama akan mengering dan justru membuat permukaan bibir mengering. Inilah mengapa menjilat bibir justru menjadi penyebab bibir menjadi kering.

11. Menghindari buah citrus

bibir kering

Konsumsi buah memang baik untuk kesehatan, akan tetapi pilihlah jenis buah yang sesuai untuk meningkatkan kelembaban kulit terutama kulit bibir. Hindari memilih jenis buah citrus seperti buah anggur dan jeruk serta jenis lainnya, karena buah-buah citrus dikenal sebagai buah yang memicu bibir kering dan pecah.

Related posts
KecantikanKulit

7 Tips Memilih Toner untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

Apa Saja Cara Efektif Menghilangkan Milia di Wajah?

GigiKecantikan

Jenis Retainer Gigi dan Cara Merawatnya

KecantikanKulit

13 Bahan Alami untuk Menghaluskan Wajah