KehamilanPersalinan

8 Barang Wajib yang Harus Ada di Tas Persiapan Melahirkan

persiapan melahirkan

Mendekati waktu persalinan, ada baiknya kamu mempersiapkan sebuah tas khusus untuk persiapan melahirkan yang isinya berbagai barang yang berguna saat persalinan di rumah sakit nantinya.

Baca Juga:

Sangat penting untuk mempersiapkan satu tas khusus ini sebelum waktu persalinan tiba, jadi jika tiba-tiba kontraksi sudah semakin sering, kamu bisa langsung berangkat ke rumah sakit dengan membawa ‘tas ajaib’ ini.

1. Dokumen Penting

persiapan melahirkan

Perlengkapan melahirkan yang pertama ini tidak boleh terlewatkan. Bukan perlengkapan ibu atau bayi, yang satu ini sangat dibutuhkan untuk administrasi. Kamu tidak mungkin dapat menjalani proses persalinan tanpa dokumen penting.

Dokumen penting yang kamu butuhkan di antaranya kartu identitas seperti KTP atau SIM, kartu asuransi untuk meng-cover biaya persalinan di rumah sakit, kartu keluarga, rekam medis kehamilan, serta dokumen penting lain sesuai kebutuhan rumah sakit. Jangan biarkan dokumen ini tercecer ya. Lebih baik kamu satukan dalam wadah atau map tersendiri sehingga mempermudah proses administrasi.

2. Pakaian Dalam dan Pembalut

persiapan melahirkan

Yang satu ini hal krusial tapi jangan sampai tidak dibawa ya. Pakaian dalam dan pembalut, 2 hal penting yang dibutuhkan oleh calon Ibu. Karena ini menyangkut kebersihan dan perubahan yang akan terjadi pada tubuhmu.

Pertama mengenai air susu ibu (ASI). Karena kamu mungkin sudah bisa memproduksi ASI, usahakan menggunakan bra yang mudah dibongkar pasang. Kalau perlu, gunakan tambahan breast pad untuk menghindari kebocoran.

Selanjutnya, pembalut dibutuhkan karena kamu akan mengeluarkan darah nifas setelah melahirkan. Sama saja seperti kamu sedang menstruasi, pembalut akan menampung darah tersebut. Tapi lengkapi juga dengan celana dalam yang banyak, berjaga-jaga jika darah bocor. Usahakan jangan gunakan celana dalam berkaret kencang ya, dikhawatirkan akan membuatmu tidak nyaman pasca operasi persalinan.

3. Gadget dan Benda Lain untuk Hiburan

persiapan melahirkan

Perlengkapan melahirkan lain yang perlu kamu bawa adalah gadget dan benda lainnya. Barang ini digunakan untuk hiburanmu, atau alat bantu agar kamu bisa lebih rileks. Misalnya mendengarkan lagu-lagu favorit ketika kontraksi datang.

Kalau kamu merasa lebih nyaman dengan berbaring saja, kamu bisa membawa bantal dan selimut tambahan. Siapa tahu barang yang kamu bawa ini lebih nyaman daripada barang yang disediakan di rumah sakit. Atau jika kamu merasa lebih rileks saat membaca buku, kamu bisa membawanya di dalam tas.

4. Kamera / Smartphone

persiapan melahirkan

Saat ini, banyak orang yang aktif di media sosial. Bawaannya selalu ingin mendokumentasikan momen lalu mengabadikannya di akun media sosialmu. Karena itu, kamera menjadi barang penting yang wajib kamu bawa ke rumah sakit.

Dengan kamera, foto atau video yang dihasilkan kualitasnya akan terlihat bagus. Tapi sebenarnya smartphone sudah dilengkapi dengan kamera berkualitas baik. Jika begitu, akan lebih simple. Yang penting siapkan baterai kamera terisi penuh.

5. Baju Bayi

persiapan melahirkan

Selain perlengkapan melahirkan untuk pribadi, kamu juga harus menyiapkan barang bayi di tas yang kamu bawa. Siapkan beberapa potong baju bayi yang menggemaskan tetapi sederhana dan dapat melindungi seluruh badan bayimu nanti.

Bayi belum terbiasa dengan lingkungan yang baru. Jadi sangat penting kalau kamu memilih baju bayi dan perlengkapan yang menutup hingga ke telapak kaki dan tangannya. Kamu juga bisa membawa topi lembut dan selimut untuk menghangatkan seluruh tubuh bayi.

6. Perlengkapan Mandi

persiapan melahirkan

Selanjutnya, persiapan melahirkan yang harus kamu bawa adalah perlengkapan mandi. Walaupun kamu lelah setelah melahirkan, kamu harus tetap menjaga kebersihan diri ya. Paling tidak bawa perlengkapan mandi yang basic dan juga tisu basah untuk menjaga tubuh kamu tetap bersih selama berada di rumah sakit setelah persalinan.

7. Jaket dan Kaos Kaki

persiapan melahirkan

Untuk perlengkapan persiapan melahirkan, tidak ada salahnya jika kamu membawa jaket dan kaos kaki. Memang barang ini tidak bersifat urgent. Tetapi jaket dan kaos kaki menjadi pilihan yang baik untuk kamu yang tubuhnya tidak kuat dengan suhu dingin.

Suhu ruangan di rumah sakit biasanya terasa sangat dingin. Sekalipun kamu menggunakan selimut, terkadang rasa dinginnya terlalu kuat. Karena itu pemakaian kaos kaki dan jaket nantinya akan membuatmu tetap hangat. Sehingga kamu dapat beristirahat dengan nyaman.

8. Baju Santai yang Nyaman

persiapan melahirkan

Karena kamu pasti akan merasa kelelahan setelah melahirkan, pasti tubuhmu akan meminta untuk banyak istirahat. Pilih baju santai yang nyaman untuk digunakan ya. Jangan memasukan pakaian rumit ke tas persiapan melahirkan.

Memang beberapa rumah sakit, ada yang menyediakan baju untuk pasiennya. Tapi bisa jadi kamu tidak merasa nyaman dengan baju yang disediakan rumah sakit itu. Setidaknya, siapkan saja 2 pasang baju santai yang nyaman. Oh ya, pilih juga pakaian berlengan pendek atau panjang tapi longgar agar perawat mudah memeriksa tekanan darahmu nantinya.

Jika kamu merasa 8 perlengkapan melahirkan di atas tidak cukup lengkap, kamu bisa menambahkan barang lain untuk dibawa. Memang setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing dan antara satu orang akan berbeda dengan orang lain. Yang penting bawa saja barang-barang yang menurutmu berguna ya. Semoga persalinannya lancar!

Related posts
KehamilanKesehatan

10 Obat Sakit Gigi yang Aman Bagi Ibu Hamil

KehamilanPersalinan

Serba Serbi Melahirkan Normal di Rumah

Diet & NutrisiIbu HamilKehamilan

10 Buah Terbaik untuk Ibu Hamil

KehamilanPrakonsepsi

5 Tips untuk Program Hamil Anak Perempuan