Ibu HamilKehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Berikut Ulasannya!

Ibu Hamil Makan Mie Instan

Masa-masa kehamilan memang menjadi salah satu masa yang paling dinantikan oleh para perempuan. Di masa kehamilan ini, kamu harus benar-benar cermat dalam mengatur hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan janin, salah satunya adalah mengenai pola dan asupan makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga:

Pada saat mengandung, seorang ibu membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dibanding saat hari-hari biasa. Terlebih lagi, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena dapat berbahaya bagi janin dan kandungan.

Salah satu jenis makanan yang kerap ditanyakan soal boleh tidaknya dikonsumsi oleh ibu hamil adalah mie instan. Ya, siapa yang tidak tergoda dengan sedapnya mie instan. Bumbunya yang cukup tajam, mienya yang kenyal, serta aromanya yang menggoda membuat banyak orang memfavoritkan makanan yang satu ini. Tak heran jika seorang ibu hamil adakalanya tergoda ingin memakannya.

Amankah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Ibu Hamil Makan Mie Instan

Sayangnya, mie instan termasuk dalam salah satu jenis makanan yang tidak boleh sering-sering dikonsumsi oleh ibu hamil, karena terdapat beberapa kandungan dalam mie instan yang berbahaya untuk ibu hamil. Mau tahu apa saja zat berbahaya bagi ibu hamil yang terkandung dalam mie instan? Berikut ulasannya.

1. Pengawet dan pewarna

Sebagaimana makanan kemasan pada umumnya, mie instan mengandung zat pengawet dan juga pewarna. Kedua zat kimia ini dapat mengendap di dalam tubuh apabila dikonsumsi secara rutin dan terus menerus. Tentunya, endapan zat pengawet dan pewarna ini sangat berbahaya bagi janin yang tengah dikandung.

Inilah alasan mengapa mie instan dan makanan-makanan instan dalam kemasan lainnya sebaiknya tidak dikonsumsi saat mengandung, untuk menghindari terendapnya zat pengawet dan pewarna di dalam tubuh.

2. Garam

Rasa lezat dan gurih yang cukup tajam dari mie instan disebabkan oleh banyaknya jumlah kandungan garam dan penyedap buatan monosodium glutamat (MSG) didalamnya. Bagi seorang ibu yang tengah mengandung, tidak disarankan untuk mengonsumsi garam dalam jumlah yang tinggi dan secara terus menerus, karena dapat menyebabkan meningkatnya resiko tekanan darah tinggi pada ibu hamil, khususnya para ibu yang sedari awal memang memiliki riwayat tekanan darah tinggi.

Mengonsumsi mie instan dengan kandungan garam yang tinggi ini dapat memicu hipertensi bagi ibu hamil. Salah satu komplikasi yang cukup fatal disebabkan oleh hipertensi adalah terjadinya kondisi preeklamsia. Hal ini tentu sangat berbahaya baik bagi sang ibu karena dapat menyebabkan kerusakan organ, serta bagi janin karena dapat memperlambat pertumbuhan bahkan berujung pada kematian.

3. Karbohidrat olahan

Kandungan karbohidrat olahan yang cukup tinggi pada mie instan mampu menaikkan gula darah secara cepat. Namun, di sisi lain, mie instan membutuhkan waktu cerna yang cukup lama. Hal ini menyebabkan saluran pencernaan semakin bekerja dengan keras karena harus memecah nutrisi mie selama berjam-jam lamanya padahal makanan olahan yang tidak berserat dapat dicerna dengan lebih cepat.

Proses pencernaan mie yang lambat ini akan berdampak pada kurang terserapnya nutrisi bagi tubuh, yang mana ini akan menyalakan sinyal lapar dalam tubuh sekaligus terjadi pelepasan insulin dalam kuantitas besar yang menyebabkan gula darah dalam tubuh menjadi turun drastis. Gula darah yang menurun drastis secara singkat ini berpotensi menyebabkan ibu hamil merasa lesu dan ingin makan lebih banyak lagi untuk mengembalikan energi, sehingga tercipta siklus makan yang berlebihan.

Di sisi lain, makan secara terus menerus dan berlebihan dapat menimbulkan resiko berlebihnya berat badan ibu hamil, yang dapat membahayakan ibu serta janin. Selain itu, karbohidrat olahan juga rentan menyebabkan gangguan sistem pencernaan seperti sembelit, padahal hormon kehamilan saja sudah kerap menimbulkan masalah pada sistem pencernaan.

Tips untuk Ibu Hamil Makan Mie Instan

Ibu Hamil Makan Mie Instan

Bagi ibu hamil yang benar-benar tidak mampu membendung keinginannya untuk melahap mie instan, berikut tips mengonsumsi mie instan selama kehamilan yang aman.

1. Jangan terlalu sering

Apabila memang sangat ingin makan mie instan, beberapa praktisi kesehatan memperbolehkan dengan syarat tidak terlalu sering atau rutin. Satu atau dua bungkus sepanjang 9 bulan kehamilan tentu masih dalam batas aman sehingga potensi membahayakan ibu dan janin tidak terlalu tinggi.

Sebaiknya, ibu hamil mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan gizi dan zat-zat bermanfaat lain alih-alih mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan kemasan.

2. Rebus mie instan secara berulang

Jika biasanya hanya merebus mie satu kali saja, maka bagi ibu hamil disarankan untuk merebus ulang mie instan yang akan dikonsumsi. Caranya, buang air rebusan pertama, kemudian rebus kembali mie instan dengan air secukupnya. Hal ini berguna untuk membuang lapisan lilin pada mie instan yang berbahaya bagi kesehatan.

3. Jangan gunakan bumbu mie instan

Bumbu mie instan mengandung garam serta monosodium glutamat yang tinggi, yang mana hal ini tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Ada baiknya apabila ingin mengonsumsi mie instan, ibu hamil tidak menggunakan bumbu mie instan dan menggantinya dengan bumbu alami yang diolah secara langsung seperti misalnya bawang-bawangan atau rempah-rempah.

4. Gunakan separuh saja bumbu mie instan

Tak dapat dipungkiri bila bumbu mie instan adalah unsur utama yang membuat mie instan terasa begitu lezat dan menggoda. Jika membuang seluruh bumbu dirasa akan membuat olahan mie instan menjadi terasa percuma, maka gunakan separuh saja dari bumbu instan yang tersedia di dalam kemasan mie.

Hal ini untuk menghindari tingginya jumlah garam dan monosodium glutamat yang terendap dalam tubuh dan menyebabkan hipertensi pada ibu hamil.

5. Tambahkan sayur-sayuran, seafood, atau potongan daging

Agar sajian mie instan menjadi lebih sehat dan bernutrisi, tambahkan sayur-sayuran segar seperti sawi, wortel, hingga selada sebagai pelengkap. Seafood juga bisa menjadi tambahan yang cukup lezat untuk diolah bersama mie instan.

Apabila kurang menyukai keduanya, maka daging bisa menjadi alternatif opsi yang bisa dipilih. Bacon, sosis, kornet, hingga suwiran daging bisa menjadi pelengkap yang pas bagi mie instan. Sayur mayur, seafood, dan daging ini berfungsi untuk membuat sajian mie instan menjadi lebih bergizi dan menjadi asupan nutrisi yang berguna bagi ibu hamil, serta meredam efek buruk dari konsumsi mie instan.

6. Berkonsultasi dengan dokter kandungan

Ada baiknya untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum memutuskan untuk mengonsumsi mie instan. Dokter kandungan tentunya akan lebih mengetahui kondisi kehamilan sebelum memberikan saran terkait konsumsi mie instan.

Related posts
Ibu HamilKesehatanWanita

7 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Kehamilan

Apakah Ada Ciri-ciri Orang Hamil dari Raut Wajah?

Kehamilan

Tips Memilih Dokter Kandungan yang Tepat

KehamilanKesehatan

10 Obat Sakit Gigi yang Aman Bagi Ibu Hamil