Diet & NutrisiIbu HamilKehamilan

10 Buah Terbaik untuk Ibu Hamil

Buah Terbaik untuk Ibu Hamil

Ibu hamil penting untuk mengkonsumsi ragam nutrisi yang dibutuhkan, baik bagi sang ibu maupun buah hati. Faktanya, pemberian nutrisi yang tepat berpengaruh dalam membentuk tubuh jabang bayi hingga menjadikannya anak yang sehat. Salah satu asupan yang penting dikonsumsi untuk ibu hamil adalah buah-buahan.

Baca Juga:

Mengkonsumsi buah segar selama kehamilan dapat membantu ibu hamil dan jabang bayi tetap sehat. Sebab, buah mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting serta merupakan sumber serat yang baik. Selain mendukung jabang bayi yang sedang tumbuh, asupan vitamin dan mineral juga membantu ibu hamil menjaga tubuhnya sendiri dalam kondisi terbaik.

Buah Terbaik untuk Dikonsumi oleh Ibu Hamil

Buah Terbaik untuk Ibu Hamil

Walaupun semua buah mengandung vitamin yang baik untuk tubuh, ada beberapa buah yang dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah-buahan ini bisa membantu mendukung kesehatan ibu hamil dan jabang bayi. Berikut 8 buah yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil:

 1. Jeruk

Buah yang mengandung vitamin C, folat, dan air ini menjaga ibu haml tetap terhidrasi. Vitamin C pada jeruk juga membantu mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi. Sementara folat dapat membantu mencegah terjadinya cacat saraf dan kelainan otak serta sumsum tulang belakang pada jabang bayi.

2. Alpukat

Buah ini merupakan sumber terbaik vitamin C, E, B, dan K serta asalm lemak tak jenuh, serat, juga kalium. Lemak sehat pada alpukat membantu menyediakan energi dan mencegah terjadinya cacat saraf. Bahkan juga meningkatkan pertumbuhan sel untuk membentuk kulit serta jaringan otak jabang bayi. Bagi ibu hamil, alpukat membantu meredakan kram kaki yang sering terjadi selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga. 

3. Pisang

Pisang mengandung vitamin B6 dan C, serat, serta kalium. Kandungan serat yang tinggi pada pisang mampu membantu mengatasi konstipasi pada kehamilan. Sementara vitamin B6 membantu meredakan mual dan muntah pada masa awal kehamilan. 

4. Mangga

Buah ini kaya akan vitamin A dan C yang penting untuk pertumbuhan jabang bayi. Faktanya, bayi yang lahir dengan kekurangan vitamin A memiliki tingkat kekebalan yang lebih rendah. Selain itu, risiko komplikasi pascanatal seperti infeksi pernapasan lebih tinggi.

Mangga juga memiliki kandungan kalori tinggi sehingga baik untuk camilan yang saat mulai masuk  trimester ketiga, ketika ibu hamil membutuhkan lebih banyak asupan kalori.

5. Jambu biji

Buah ini  mengandung vitamin E dan folat sehingga menjadi buah yang tepat untuk dikonsumsi selama kehamilan. Mengkonsumsi jambu biji selama kehamilan bisa membantu mengendurkan otot, membantu pencernaan, dan mengurangi sembelit pada ibu hamil. 

6. Pir

Nutrisi yang terkandung pada buah ini antara lain serat, kalium, dan folat. Buah yang mengandung banyak serat ini bisa membantu meringankan sembelit yang merupakan salah satu gejala kehamilan umum. Kalium yang terkandung pada buah pir juga baik bagi kesehatan jantung bagi wanita dan bayi serta membantu merangsang regenerasi sel.

7. Delima

Buah ini mengandung  vitamin K, kalsium, folat, besi, protein, dan serat. Delima juga merupakan sumber energi yang baik. Sebuah studi penilitian mengungkapkan bahwa risiko cedera pada plasenta bagi ibu hamil dapat berkurang jika mengkonsumsi jus buah delima. 

8. Anggur 

Anggur mengandung vitamin C dan K, folat, antioksidan, serat, asam organik, dan pectin. Kandungan tersebut  dapat membantu untuk membantu perubahan biologis yang terjadi selama kehamilan. Sementara antioksidan bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi.

Pilih anggur berwarna ungu dan merah yang memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dan rendah radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko kanker. Anggur berwarna gelap memiliki sifat anti-penuaan yang signifikan dan membuat kulit ibu hamil terlihat lebih muda.

9. Berry

Buah berry merupakan sumber vitamin C, karbohidrat sehat, antioksidan, dan serat. Buah ini juga mengandung banyak air sehingga merupakan sumber hidrasi yang sangat baik untuk ibu hamil. 

Dehidrasi terjadi ketika ibu hamil kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diminum. Hal ini kerap dialami oleh ibu hamil.  Padahal air sangat penting untuk membantu membentuk plasenta dan kantung ketuban serta mendukung pertumbuhan jabang bayi. 

10. Apel

Buah ini kaya akan serat, sumber vitamin dan C, serta potasium yang baik. Studi penelitian mengungkapkan kemungkinan buah hati dari ibu yang mengkonsumsi apel selama kehamilan  terkena asma dan alergi lebih kecil. Apel juga bisa meningkatkan kekebalan dan kekuatan jabang bayi. 

Nutrisi Pada Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

Buah Terbaik untuk Ibu Hamil

Ada empat kandungan utama pada buah-buahan yang penting untuk dikonsumsi ibu hamil. Keempat nutrisi ini tidak hanya baik untuk jabang bayi, tapi juga untuk ibu hamil. Berikut nutrisi pada buah yang baik untuk ibu hamil:

1. Serat

Ibu hamil kerap mengalami sembelit selama kehamilan sehingga merasa tidak nyaman dan kembung saat beraktivitas. Untuk mengatasinya, konsumsi buah yang mengandung serat karena dapat menjaga intensitas buang air besar secara teratur. Serat juga dapat membantu mengurangi risiko wasir. Adapun buah yang mengandung serat tinggi adalah pisang, kiwi, dan jeruk. 

2. Asam Folat

Asam folat dapat membantu mencegah cacat lahir utama pada otak dan sumsum tulang belakang bayi. Maka ibu hamil disarankan mengkonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari Adapun buah-buahan yang mengandung asam folat adalah jeruk, alpukat, pepaya, dan nanas. 

3. Kalium

Mengkonsumsi kalium yang cukup dapat membantu mengurangi kram kaki selama kegamilan karena nutrisi ini membantu menjaga tekanan darah. Kandungan ini juga membantu  menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam sel-sel tubuh. Buah yang mengandung kalium antara lain pisang, anggur, kiwi, dan semangka.

4. Vitamin C

Ibu hamil yang mendapatkan asupan vitamin C yang cukup dapat membantu tubuh menyerap zat besi dengan baik. Perlu diketahui, zat besi merupakan mineral utama yang dibutuhkan selama kehamilan. 

Vitamin C juga membantu memperbaiki jaringan tubuh, menyembuhkan luka, menjaga kesehatan gigi dan gusi, dan sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh.  Buah yang merupakan sumber vitamin C di antaranya jeruk, lemon, stroberi, melon, blewah, dan kiwi. 

Anjuran Makan Buah Bagi Ibu Hamil

Mondoongie+CaratBong

Ibu hamil disarankan setidaknya mengkonsumsi lima porsi buah setiap harinya. Satu porsi buah antara lain sepotong buah untuk buah-buahan yang ukurannya lebih besar dari bola tenis dan secangkir buah potong.

Selain itu, ibu hamil juga disarankan untuk menghitung kandungan gula yang ada pada buah. Beberapa olahan buah seperti jus dan buah-buahan kering seringkali mengandung gula dan kalori yang lebih tinggi dibandingkan buah segar. Konsultasikan juga dengan dokter mengenai buah-buahan yang sebaiknya dikonsumsi sesuai kondisi kehamilan. 

Sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi buah organik karena aman dari bahaya pestisida yang dapat merusak kualitas buah. Namun jika sulit mendapatkan buah organik, pastikan untuk mencuci buah-buahan sebelum mengkonsumsinya dan menyimpannya terpisah dari daging jika disimpan dalam lemari es. Untuk buah melon, sebaiknya tidak mengkonsumsi buah melon potong yang telah disimpan lama. Konsumsilah segera setelah dipotong. 

Sebuah studi penelitian juga menganjurkan agar ibu hamil tidak mengkonsumsi jus buah yang tidak dipasteurisasi, karena rentan terhadap kontaminasi bakteri. Infeksi yang disebabkan bakteri bisa  mengancam jabang bayi. Faktanya, pasteurisasi adalah cara paling efektif untuk membunuh bakteri berbahaya, tanpa mengubah nilai gizi suatu makanan atau minuman.

Related posts
KehamilanKesehatan

10 Obat Sakit Gigi yang Aman Bagi Ibu Hamil

Diet & NutrisiGaya Hidup

6 Cara Minum Lemon untuk Diet

KehamilanPersalinan

Serba Serbi Melahirkan Normal di Rumah

Diet & NutrisiGaya Hidup

Tips Memilih Menu Sarapan Diet yang Mengenyangkan