Ibu HamilKehamilan

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

sakit pinggang saat hamil

Masa kehamilan adalah momen di mana kamu akan merasakan sensasi baru yang unik dalam hidupmu. Beberapa dari kamu misalnya akan mengalami perubahan mood yang tidak terduga. Bukan hanya itu, hamil juga memberikan efek tertentu pada bagian tubuh. Yang umum dialami ibu hamil adalah sakit pinggang.

Baca Juga:

Sakit pinggang ini sebenarnya masuk akal, karena pinggang memang bekerja dua kali lebih keras dari biasanya. Ada janin di perut yang semakin hari semakin besar bobotnya. Tapi jangan khawatir, karena kamu bisa melakukan penanganan khusus secara mandiri. Karena seharusnya sakit pinggang saat hamil bukanlah sesuatu yang serius.

1. Olahraga yang teratur

sakit pinggang saat hamil

Ketika mengalami sakit apapun, biasanya kita ingin beristirahat penuh. Alasannya karena tubuh tidak nyaman untuk digerakan. Apalagi jika sakit yang kita alami memang memberikan rasa nyeri jelas di bagian tertentu. Tak terkecuali sakit pinggang saat hamil.

Padahal salah satu cara mengurangi rasa sakitnya adalah dengan berolahraga teratur. Kamu bisa mulai dengan rajin berjalan kaki, melakukan yoga, atau berenang saat waktu luang. Kegiatan olahraga seperti itu akan menguatkan otot dan melenturkan tubuh. Tapi tetap hati-hati ya jangan terlalu keras. Karena sendi tubuh saat hamil itu lebih longgar dibandingkan saat kamu belum hamil.

2. Tidur tapi dengan posisi yang tepat

sakit pinggang saat hamil

Walaupun rutin berolahraga itu baik, tapi tetap saja beristirahat penting ya. Kamu harus seimbang membagi waktu agar tubuh tetap baik beraktivitas tapi juga dapat beristirahat dengan cukup. Walaupun diakui, tidur belum tentu akan langsung membuat tubuh nyaman.

Sakit pinggang saat hamil memerlukan perlakuan khusus. Yaitu memposisikan tidur dimiringkan ke samping, bukan terlentang ya. Untuk membuat tubuh terasa lebih nyaman, salah satu lututmu ditekukkan, kemudian letakkan bantal di bawahnya. Bantal lain bisa diletakan di belakang punggung dan di bawah perut. 

3. Jangan biasakan berdiri atau duduk terlalu lama

sakit pinggang saat hamil

Sakit pinggang saat hamil sebaiknya jangan diremehkan. Kamu sebenarnya bisa melakukan penanganan dengan cara yang sederhana. Misalnya dengan tidak membiasakan berdiri maupun duduk terlalu lama. Ini sederhana bukan?

Duduk atau berdiri yang terlalu lama, akan memperkuat rasa sakit yang kamu di pinggang. Daripada duduk atau berdiri terlalu lama, kamu bisa saja menidurkan tubuhmu saat lelah. Tapi saat berbaring, jangan juga terlalu cepat berdiri ya. Otot di pinggangmu akan kaget dan semakin sakit nantinya.

4. Lakukan pijat kehamilan

sakit pinggang saat hamil

Sakit pinggang saat hamil salah satunya terjadi karena tubuhmu kelelahan menopang beban dua orang. Tubuh bayi yang mungil serta tubuhmu sendiri. Sama seperti tubuh yang kelelahan akibat terlalu banyak beraktivitas, kamu perlu melakukan relaksasi. Seperti melakukan pijat kehamilan yang dilakukan dengan hati-hati.

Saat kamu mencari jasa pijat, cari tahu dulu apakah dia punya pengalaman memijat ibu hamil? Bahkan lebih bagus lagi kalau dia memiliki sertifikat terapis untuk sakit pinggang. Orang yang ahli memijat akan memberikan tekanan di bagian tertentu pada tubuhmu. Itu selanjutnya akan meredakan sakit pinggang.

5. Jaga berat badan agar tidak berlebihan

sakit pinggang saat hamil

Tadi sudah disebutkan, bobot bayi berpengaruh pada kerja pinggangmu. Jadilah timbul rasa sakit pada saat-saat tertentu. Bagaimana tidak, pinggang yang ukurannya itu-itu saja, diharuskan menopang berat yang meningkat setiap harinya. Agar tidak semakin parah, kamu juga perlu memperhatikan berat badanmu.

Jagalah badan memiliki berat yang ideal. Tentu dengan tetap memperhatikan berat bayi dalam tubuhmu. Perlu kamu ketahui, berat badan berlebih beresiko tinggi membuat pinggang terasa sakit. Jika kamu harus mengangkat barang yang berat, lebih baik meminta bantuan orang lain saja ya.

6. Jangan gunakan sepatu hak tinggi

sakit pinggang saat hamil

Memperhatikan berat badan sudah. Lakukan olahraga teratur juga. Ditambah istirahat yang cukup, tapi kok pinggang masih terasa sakit? Jika ini terjadi, mungkin masih ada hal lain yang belum kamu perhatikan. Coba pikir-pikir, kamu masih menggunakan sepatu dengan hak yang tinggi tidak?

Sepatu tinggi memang bisa meningkatkan rasa percaya diri. Tapi sebaiknya ini tidak kamu gunakan saat hamil. Karena penggunaan sepatu ber-hak tinggi, beresiko memperparah rasa sakit di bagian pinggang. Jadi sebaiknya pakai saja sepatu dengan hak datar ya.

7. Aktivitas dengan berhati-hati

sakit pinggang saat hamil

Saat hamil bukan berarti kamu tidak bisa melakukan apapun. Kamu justru dianjurkan untuk tetap melakukan bermacam kegiatan. Pergerakan tubuhmu akan berpengaruh terhadap kekuatan janin yang sedang kamu kandung dalam perut. Itu juga akan melatihmu menghadapi momen kelahiran anak yang membutuhkan tenaga besar.

Tapi ibu, kamu tetap harus berhati-hati dalam beraktivitas ya. Aktif boleh, tapi jangan berlebihan. Jangan bergerak terlalu cepat karena akan mengagetkan otot-otot di seluruh bagian tubuhmu. Termasuk otot yang ada di bagian pinggang.

Segera konsultasikan dengan dokter kandungan, jika sakit pinggang saat hamil tidak kunjung sembuh. Apalagi ketika rasa sakitnya muncul di bagian belakang punggung, ke arah tulang rusuk bagian bawah. Kalau ditambah dengan rasa mual atau demam, bisa jadi penyebabnya bukan hamil tetapi infeksi ginjal. Semoga bermanfaat!

Related posts
KehamilanKesehatan

10 Obat Sakit Gigi yang Aman Bagi Ibu Hamil

KehamilanPersalinan

Serba Serbi Melahirkan Normal di Rumah

Diet & NutrisiIbu HamilKehamilan

10 Buah Terbaik untuk Ibu Hamil

KehamilanPrakonsepsi

5 Tips untuk Program Hamil Anak Perempuan