KehamilanPrakonsepsi

Cara Menggunakan Test Pack dengan Benar

cara menggunakan test pack

Kehamilan bisa saja merupakan peristiwa yang diperkirakan ataupun tidak. Orang yang memperkirakannya, biasanya sudah memahami proses bagaimana itu bisa terjadi atau memang sudah menanti-nantikannya. Sedangkan yang tidak, mungkin karena memang belum siap untuk hal itu.

Baca Juga:

Seperti apapun pandangan kamu tentang kehamilan, ada satu hal yang perlu kamu tahu. Bahwa kehamilan itu bisa dipastikan kehadirannya tanpa bantuan orang lain. Maksudnya, ada alat pemeriksa kehamilan atau test pack yang memungkinkan kamu untuk memastikan dugaanmu. Menggunakan test pack memang menjadi langkah pertama untuk kamu yang ingin mengenali kehamilan.

Cara Kerja Test Pack

cara menggunakan test pack

Pertama-tama kamu perlu memahami dulu pentingnya test pack dan bagaimana cara kerjanya. Test pack memungkinkan kamu untuk melakukan tes kehamilan melalui urine-mu. Pertanyaannya, bagaimana bisa urine berhubungan dengan kehamilan?

Dalam urine terkandung suatu hormon yaitu hormon HCG. Kandungan ini normal-normal saja, namun orang yang hamil memiliki kandungan hormon HCG yang tinggi. Hormon HCG secara alami meningkat sejak ada perkembangan zigot di dalam rahim seorang wanita.

Test pack menilai kehamilan dengan mendeteksi jumlah hormon HCG yang terkandung dalam urine. Sudah ada standar di mana pada batas tertentu, test pack akan meresponnya dengan mengeluarkan tanda perubahan misalnya dua garis merah yang muncul setelah beberapa waktu. Tapi untuk mendapatkan akurasi yang tinggi, lebih baik kamu melakukannya di pagi hari dan beberapa hari sebelum haid.

Cara Menggunakan Test Pack Secara Umum

cara menggunakan test pack

1. Memilih test pack yang akurat

Sebenarnya cara kerja semua test pack itu sama. Yaitu dengan membaca jumlah hormon HCG dalam urine. Tapi agar jawabannya lebih meyakinkan, tidak ada salahnya kamu memilih test pack yang akurat. Test pack yang memberikan respon dengan tingkat akurasi yang tinggi adalah test pack yang dapat mendeteksi hormon HCG dengan jumlah yang paling rendah.

2. Membaca aturan penggunaan dan mengikutinya

Setiap produk test pack pasti dilengkapi dengan kemasan. Selain untuk menjaga kebersihannya, kemasan juga membantu kamu untuk dapat menggunakannya dengan tepat. Masing-masing test pack memiliki cara penggunaannya masing-masing yang mungkin berbeda dengan test pack jenis lain.

Jika sudah membacanya dengan seksama, jangan lupa mengikuti arahannya dengan teliti. Hal ini penting dilakukan agar kamu mendapatkan hasil yang akurat. Kadang-kadang hasilnya kurang tepat karena ada kesalahan dalam penggunaan.

3. Melakukan pemeriksaan di pagi hari

Sebelumnya sudah disinggung untuk melakukan pemeriksaan di pagi hari. Pagi hari dinilai sebagai waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan. Alasannya karena kandungan hormon HCG dalam urine paling tinggi itu terkumpul di waktu ini. Jika dibandingkan waktu lain, hasilnya akan lebih meyakinkan.

4. Bersabar menunggu hasil

Cara membaca test pack sudah tersedia dalam kemasan. Begitu juga petunjuk penggunaan dan jumlah waktu yang dibutuhkan test pack untuk bekerja. Memang tidak mungkin hasilnya keluar secara langsung. Diperlukan kesabaran agar test pack dapat bekerja secara maksimal.

Kalau kamu merasa bosan, coba melakukan aktivitas lain terlebih dahulu. Misalnya membersihkan kamar, mencuci pakaian, mencuci piring, atau melakukan pekerjaan rumah yang lain. Jadi, sambil menunggu hasil pengecekan kehamilan, rumahmu pun akan tetap bersih dan nyaman.

6. Melakukan pengulangan

Setelah mendapatkan hasilnya, bukan tidak mungkin masih dada keraguan dalam hatimu. Apalagi jika hasilnya samar-samar. Jika begitu, tidak salahnya untuk melakukan pengulangan. Ini lebih baik dibandingkan cepat mengambil kesimpulan. Khawatirnya ada kesalahan saat pembacaan hasil.

Ingat, waktu yang paling tepat adalah ketika hormon HCG terkandung dalam urine dengan jumlah yang tinggi yaitu di pagi hari. Selain itu, hasil paling akurat juga bisa kamu lihat 2 minggu setelah kamu merasa telat haid. Kalau baru 1-2 hari telat haid itu normal-normal saja, belum bisa mengindikasi kamu sedang hamil.

Jenis-Jenis Test Pack dan Cara Penggunaanya

cara menggunakan test pack

Para pemula mungkin masih tetap bingung bagaimana cara menggunakan test pack. Apalagi jika dihadapkan dengan beberapa pilihan test pack. Begini cara menggunakannya menurut jenis-jenis test pack.

1. Test pack strip

Test pack strip adalah alat pemeriksa kehamilan yang paling konvensional. Walaupun begitu masih tetap kayak untuk digunakan. Selain karena harganya murah, penggunaannya juga praktis. Yang perlu kamu perhatikan adalah membuka kemasan secara perlahan agar strip tidak rusak, kemudian memeriksa test pack strip masih kosong dan belum digunakan.

Cara menggunakannya adalah mengumpulkan urine dalam suatu wadah. Lalu mencelupkan strip selama 5 sampai 10 detik. Setelah itu angkat dan diamkan sebentar. Cek apakah test pack mengeluarkan dua garis atau hanya satu garis merah saja. Kamu dinyatakan hamil jika hasilnya berupa 2 garis.

2. Test pack dengan wadah urine

Test pack dengan wadah urine lebih praktis lagi. Bentuknya berupa stick yang tentu lebih kokoh daripada test pack strip yang sudah disebutkan sebelumnya. Stick ini berfungsi untuk menjadi wadah urine. Tidak pelu banyak-banyak, kamu hanya memerlukan beberapa tetes urine untuk melakukan tes kehamilan.

Urine dimasukan ke dalam penampung dalam test pack ini. Jika sudah diteteskan, tunggu selama 10 detik atau lebih. Hasilnya akan kamu ketahui kurang dari satu menit. Kehamilan ditandai dengan tanda positif (+), sedangkan yang belum hamil akan menerima tanda negatif (-).

3. Test pack digital

Selanjutnya ada test pack digital yang memiliki kelebihan yaitu dapat digunakan berkali-kali. Sayangnya kamu perlu merogoh kocek agak dalam. Harganya bisa mencapai di atas 300 ribu rupiah. Tapi hasilnya cukup akurat.

Test pack digital ini berbentuk stick namun kamu bisa memasangkan strip di bagian ujungnya untuk menyerap urine. Strip diposisikan mendatar dan rata agar kamu dapat membaca hasilnya. Jangan khawatir, Jika ingin melakukan pengulangan, test pack digital dilengkapi dengan strip refill.

4. Test pack USB

Sekalipun test pack canggih seperti test pack USB, agar dapat bekerja dibutuhkan kertas yang dicelupkan ke urine. Kertas di sini perlu agak tebal kemudian dipasangkan ke USB. Menggunakan ini sama saja dengan yang lain, akan memberikan hasil akurat pada urine di pagi hari. Sebaiknya kamu tidak minum sebelum melakukan tes kehamilan ya.

Untuk membaca hasil dari test pack USB, kamu harus mengunduh aplikasi dalam perangkat teknologi di rumahmu yaitu komputer atau laptop. Setelah memasangkan kertas ke USB, hubungkan USB ke laptop atau komputer. Hasilnya akan dijelaskan di aplikasi tertentu.

Tidak sulit bukan melakukan tes kehamilan sendiri. Jika hasilnya positif, segera konsultasikan dengan dokter kandungan. Dokter akan memberikan masukan yang baik dilakukan oleh Ibu yang hamil. Semoga bermanfaat!

Related posts
Kehamilan

Apakah Ada Ciri-ciri Orang Hamil dari Raut Wajah?

Kehamilan

Tips Memilih Dokter Kandungan yang Tepat

KehamilanKesehatan

10 Obat Sakit Gigi yang Aman Bagi Ibu Hamil

KehamilanPersalinan

Serba Serbi Melahirkan Normal di Rumah