Ibu HamilKehamilan

10 Ciri Hamil 1 Minggu yang Harus Kamu Tahu

Ciri Hamil 1 Minggu

Kehamilan adalah salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Maka tak heran, jika banyak yang ingin mengetahui secepatnya, yaitu dengan memperhatikan ciri hamil 1 minggu.

Ciri hamil 1 minggu memang belum bisa terlihat atau dirasakan. Umumnya, gejala kehamilan seseorang akan dimulai dari terlambatnya haid, kram perut, disusul mual, muntah, dan gejala kehamilan awal lainnya.

Baca Juga:

Meski begitu, masih banyak ibu muda yang baru pertama kali hamil kurang mengenali ciri-ciri hamil 1 minggu pertama. Sebab, ciri-ciri PMS dan kehamilan awal memang agak mirip. Mulai dari payudara yang mengencang hingga perut kram. Namun, ada perbedaan antara PMS dan ciri-ciri hamil 1 minggu. Berikut ulasannya!

Ciri-ciri Hamil 1 Minggu

Ciri Hamil 1 Minggu

Pada masa kehamilan awal, tubuh perempuan akan mengalami banyak perubahan jelang munculnya tanda-tanda kehamilan seperti telat haid. Demi mempersiapkan diri menjalani masa kehamilan selanjutnya, inilah ciri-ciri hamil 1 minggu lainnya yang harus kamu tahu.

1. Payudara agak bengkak dan sensitif

Ciri hamil 1 minggu yang pertama yaitu, payudara tampak bengkak, sensitif, dan nyeri saat disentuh. Perubahan serangkaian hormon juga akan membuat payudara menjadi lebih padat dan kencang. Selain itu, puting juga akan lebih menonjol serta berwarna lebih gelap.

2. Sering terasa mual dan ingin muntah

Mual menjadi tanda-tanda kehamilan muda yang paling mudah terlihat. Meski mual biasanya lebih sering terjadi saat di pagi hari, namun ada pula wanita yang mengalami mual sepanjang hari.

Untuk mengatasinya, hindari aroma yang bisa memicu kamu mengalami mual dan perbanyak minum air putih karena mual biasanya juga disertai dengan muntah yang bisa menyebabkan dehidrasi. Jangan biarkan juga perutmu kosong. Cobalah makan dengan cara sedikit demi sedikit namun sering untuk mencegah mual atau muntah.

3. Sakit pada pinggang bagian bawah

Pada minggu pertama, sebagian ibu hamil juga akan merasakan sakit pada pinggang bawah, yang kemungkinan akan berlanjut selama kehamilan, terutama karena penambahan berat badan dan perubahan postur tubuh.

4. Mengalami pendarahan ringan

Selain itu, pada minggu pertama kamu juga bisa mengalami pendarahan ringan atau implantasi. Pendarahan ringan biasanya terjadi setelah enam hari sejak pembuahan. Darah berwarna lebih cerah dan sangat cair. Pendarahan ini sebenarnya sangat ringan dan bahkan bisa berhenti dalam waktu 24 jam. Namun, jika ragu dengan penyebab pendarahan, maka kamu bisa datang dan mengeceknya langsung ke dokter kandungan.

5. Tubuh terasa mudah lelah

Rasa mudah lelah tanpa sebab juga seringkali muncul di awal gejala kehamilan. Kelelahan umumnya terjadi karena meningkatnya kadar progesteron dalam tubuh, meningkatnya detak jantung, dan perubahan di sistem metabolisme tubuh.

Kelelahan adalah sebuah respon yang sangat alami. Untuk mengatasinya, hindari mengonsumsi kafein karena bisa membahayakan janin. Kondisi ini biasanya juga bersamaan dengan ciri hamil 1 minggu lainnya, seperti detak jantung yang sangat cepat dan tubuh terasa bergetar. Untuk itu, istirahatlah yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh.

6. Sering ingin buang air kecil

Gejala kehamilan awal juga akan membuat perempuan menjadi lebih sering buang air kecil. Ini disebabkan oleh pembesaran rahim yang menekan kantong kemih.

Jika ukuran rahim normal, maka pertumbuhan janin yang kecil menyebabkan reaksi tekanan pada bagian kandung kemih. Akibatnya, kandung kemih menjadi lebih tertekan dan selalu ingin mengosongkan secara alami yaitu dengan buang air kecil. Oleh karena itu, ketika mengalami kondisi ini, sebaiknya kamu tidak menahan keinginan untuk buang air kecil agar tidak terkena infeksi saluran kemih.

7. Mengalami mood swing

Mood swing atau perubahan suasana hati yang mendadak, juga akan terjadi di awal kehamilan 1 minggu akibat perubahan hormon. Perubahan hormon setelah adanya proses pembuahan bisa menyebabkan ibu hamil menjadi mudah marah, sedih, atau bahkan menangis. Perubahan hormon ini sangat wajar dan tidak membutuhkan obat apapun. Untuk mengatasinya, kamu bisa menenangkan diri agar tidak mudah terkena stres.

8. Sering merasa pusing

Pusing kerap menyertai gejala kehamilan awal akibat menurunnya tekanan darah dan menyempitnya pembuluh darah. Ketika terjadi kehamilan, maka tubuh seorang perempuan akan memiliki hormon progesteron yang sangat tinggi. Semua perubahan hormon ini bisa menyebabkan tubuhmu memiliki pembuluh darah yang lebih besar.

Dampaknya, aliran darah dalam tubuh juga menjadi lebih cepat sehingga bisa membuat tekanan darah turun. Ketika tekanan darah turun dalam waktu yang lebih cepat, maka kamu bisa merasa pusing atau mengalami sakit kepala.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa melakukan perubahan gerakan secara perlahan, tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa menurunkan tekanan darah, dan berusaha untuk bergerak dengan aktif tapi tetap perlahan.

9. Terkadang sering merasa ingin pingsan

Pusing dan sakit kepala yang berat juga bisa menyebabkan kamu sering merasa ingin pingsan pada masa hamil 1 minggu pertama. Pada umumnya, pingsan bisa terjadi karena tubuh ibu hamil sangat lemah, tidak bisa makan dengan baik, tekanan darah yang rendah, atau sering mengalami muntah. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi air putih yang cukup agar tubuh tidak terlalu lemah.

10. Suhu tubuh naik

Ketika terjadi pembuahan, pada awal minggu pertama, tubuh perempuan juga akan mengalami peningkatan suhu pada tubuh. Suhu tubuh bisa naik dalam waktu antara satu sampai dua minggu setelah terjadi pembuahan. Ini termasuk salah satu kondisi yang sangat normal sehingga kamu tidak perlu panik. Untuk mengatasi kondisi ini, kamu tidak perlu melakukan apa-apa karena perubahan suhu sebagai respon alami dari kehamilan awal.

Apa Saja Gejala Awal Kehamilan Lainnya?

Ciri Hamil 1 Minggu

Selain ciri-ciri hamil 1 minggu di atas, ada pula gejala awal kehamilan lainnya yang sering dikeluhkan, seperti sensitif terhadap bau dan keinginan mengonsumsi makanan tertentu.

Meski terkadang sulit menentukan ciri hamil 1 minggu, namun tidak perlu khawatir. Kamu bisa mengeceknya ke dokter kandungan untuk memastikan adanya tanda dan ciri hamil 1 minggu, dan meminta saran untuk menghadapi keluhan-keluhan yang dialami.

Kehamilan akan terjadi jika sel telur dan sel sperma berhasil bertemu dengan baik dan sudah masuk dalam rahim. Semua proses awal ini, memang akan membuat tubuh perempuan yang baru hamil menjadi tidak nyaman.

Beberapa tanda kehamilan awal bisa terlihat dengan mudah. Terlebih lagi, jika kamu memang memiliki sistem hormon yang baik. Namun, penting untuk selalu memperhatikan ciri-ciri awal kehamilan agar kesehatan janin bisa terjaga.

Perlu diperhatikan, walaupun sudah mengalami gejala mirip kehamilan awal setelah kamu dan pasangan berhubungan intim, tetapi hal tersebut tidak selalu berarti kamu benar-benar hamil. Hal ini bisa saja terjadi karena hal lain selain kehamilan.

Untuk mengetahui bahwa kamu benar-benar sedang hamil, cara terbaik adalah dengan melakukan tes kehamilan di rumah dengan menggunakan test pack atau mengeceknya langsung ke dokter kandungan agar kamu mendapatkan arahan yang lebih baik untuk janinmu. Semoga bermanfaat.

Related posts
KehamilanKesehatan

10 Obat Sakit Gigi yang Aman Bagi Ibu Hamil

KehamilanPersalinan

Serba Serbi Melahirkan Normal di Rumah

Diet & NutrisiIbu HamilKehamilan

10 Buah Terbaik untuk Ibu Hamil

KehamilanPrakonsepsi

5 Tips untuk Program Hamil Anak Perempuan