KehamilanPrakonsepsi

10 Ciri Hamil Muda yang Harus Diketahui

ciri hamil muda

Tak hanya pengantin baru, terkadang pasangan yang sudah lama menikah pun bisa tidak menyadari jika sedang hamil. Hal ini karena ada banyak tanda-tanda kehamilan, namun ada juga wanita yang tidak mengalaminya. Sehingga terkadang membingungkan bagi sebagian besar wanita.

Mengetahui apakah sedang hamil atau tidak sangat penting untuk mempersiapkan masa kehamilan yang sangat rentan di trimester awal.

Baca Juga:

Nah bagi kamu yang sudah berusaha hamil atau sedang dalam program hamil, berikut ini ada 10 ciri hamil muda yang paling umum dialami oleh calon ibu. Coba cek diri sendiri yuk!

1. Telat Haid

ciri hamil muda

Telat haid seringkali dijadikan sebagai indikator pertama seseorang mengalami kehamilan. Padahal bayak ciri-ciri hamil muda sebelum telat haid. Untuk memastikan kamu hamil atau tidak, sebaiknya gunakan tes kehamilan.

Tapi perlu kamu tahu, terlambat haid tidak selalu menandakan kamu sedang hamil ya! Banyak faktor lain yang menyebabkan keterlambatan datang bulan. Di antaranya stress, pola makan yang tidak sehat, dan faktor eksternal lain.

2. Pendarahan Implantasi

ciri hamil muda

Salah satu ciri orang hamil muda adalah pendarahan implantasi. Pendarahan ini hanya mengeluarkan 1-2 tetes darah merah atau bahkan hanya berupa bercak cokelat kekuningan.

Kamu mungkin bingung membedakan pendarahan implantasi dan menstruasi. Tapi sebenarnya ada satu pembeda yang bisa kamu gunakan untuk menilai.

Pendarahan implantasi adalah penanda suksesnya pembuahan dan terjadi 10-14 hari setelahnya. Darah haid justru tidak akan keluar pada masa itu. Haid akan keluar dari tubuhmu sesuai dengan siklus yang seharusnya.

3. Mual dan Muntah

ciri ciri hamil muda

Ciri hamil muda lain yang sangat umum adalah rasa mual yang disertai dengan muntah. Rasa mengganggu ini biasanya terjadi di masa-masa awal kehamilan yaitu sebulan setelah pembuahan hingga sebelum menginjak minggu ke-8 kehamilan.

Rasa mual bisa terjadi karena tiba-tiba saja indra penciuman dan perasa kita menjadi lebih sensitif. Ditambah dengan rasa mual seperti orang sedang sakit.

4. Sering Buang Air Kecil

ciri hamil muda

Hamil adalah proses reproduksi manusia di mana bayi tubuh dan berkembang dalam janin seorang ibu. Keberadaan bayi dalam perut menekan bagian tubuh lain yang ada dalam tubuh. Tekanan ini memberikan efek tertentu pada ibu.

Tidak berbahaya, hanya saja kamu yang sedang hamil akan sering merasa buang air kecil. Ciri hamil muda dan sampai umur matang ini terjadi sekalipun kamu termasuk orang yang tidak banyak minum air.

5. Payudara Membesar dan Lembut

ciri hamil muda

Tanda hamil muda lainnya adalah terlihat perubahan pada payudara yang akan terasa lebih membesar dan lembut. Hal ini umumnya terjadi di usia muda kehamilan.

6. Payudara Sakit dalam Waktu Lama

ciri hamil muda

Payudara memiliki hubungan yang erat terhadap kehamilan dan masa menstruasi. Pada masa-masa ini, selain membesar payudara akan terasa penuh dan sakit.

Tetapi tingkat rasa sakitnya berbeda-beda antara satu orang dengan orang lain. Bahkan ada juga wanita yang tidak merasakan sakit di payudaranya menjelang haid ataupun saat hamil.

Jika rasa sakit pada payudara berlangsung dalam waktu yang lama, terutama 1-2 minggu setelah pembuahan, mungkin saja kamu sedang hamil.

Hal ini terjadi karena hormon progesteron dalam tubuh meningkat agar dapat mendukung kehamilan. Tidak jarang rasa sakit berlangsung hingga kamu melahirkan.

7. Puting & Areola Mengeras dan Berubah warna

ciri hamil muda

Masih ada cara lain untuk mengetahui kamu sedang hamil atau tidak dari payudara. Ciri hamil muda dapat ditandai juga dengan perubahan warna pada puting dan areola. Ini yang menjadi pembeda dari masa haid dan kehamilan.

Puting dan areola seorang wanita yang sedang hamil akan mengeras dengan sendirinya. Ukurannya akan lebih membesar daripada biasanya.

Kemudian warna putting dan areola akan cenderung menggelap di masa awal kehamilan. Hal ini dapat terjadi kira-kira sejak 1-2 minggu setelah masa pembuahan.

8. Terus Menerus Merasa Lelah

ciri hamil muda

Rasa lelah yang terus menerus adalah salah satu ciri hamil muda. Tubuh masih menyesuaikan diri dengan kondisi yang baru.

Tapi tidak menutup kemungkinan, Ibu hamil akan mudah merasa lelas selama masa kehamilan karena bayi dalam perutnya terus tumbuh dan berkembang.

9. Kram Perut yang Tidak Biasa

ciri hamil muda

Banyak ciri hamil muda yang mirip dengan ciri menstruasi. Misalnya kram perut yang dialami beberapa wanita saat menstruasi. Hal ini masih wajar terjadi di setiap siklus menstruasi.

Kram perut juga mungkin terjadi pada masa kehamilan terutama saat masih muda. Kram perut terjadi atas respon janin yang dibuahi. Biasanya berpusat di satu sisi antara sisi kanan atau kiri, tergantung dimana telur yang dibuahi itu menempel di dinding rahim.

Biasanya rasanya lebih ringan daripada saat menstruasi dan hanya berlangsung beberapa jam dalam beberapa hari. Mungkin seperti dicubit atau sedikit ditarik di bagian perut.

10. Ngidam

ciri hamil muda

Ciri hamil muda yang terakhir adalah ngidam. Selera makan biasanya berubah saat kamu memasuki masa kehamilan. Orang menyebutnya ngidam, artinya mengidam-idamkan atau menginginkan makanan tertentu. Pilihannya biasanya unik dan dapat muncul bahkan di waktu yang tidak biasa misalnya tengah malam.

Tapi wanita seringkali menggunakan perasaan sebagai dasar untuk melakukan berbagai tindakan. Ngidam menggunakan dasar yang sama. Sehingga kurang tepat jika hanya melihat ini untuk menilai apakah kamu sedang hamil atau tidak.

Pertimbangkan ciri hamil muda yang lain untuk memperkuat instingmu ya. Lakukan tes kehamilan dan konsultasikan juga ke dokter untuk mendapatkan kepastian apakah kamu hamil atau tidak. Semoga bermanfaat!

Related posts
Kehamilan

Apakah Ada Ciri-ciri Orang Hamil dari Raut Wajah?

Kehamilan

Tips Memilih Dokter Kandungan yang Tepat

KehamilanKesehatan

10 Obat Sakit Gigi yang Aman Bagi Ibu Hamil

KehamilanPersalinan

Serba Serbi Melahirkan Normal di Rumah