KehamilanPrakonsepsi

5 Manfaat Asam Folat untuk Program Hamil

Manfaat Asam Folat

Kehamilan merupakan salah satu momen yang banyak ditunggu-tunggu oleh kebanyakan pasangan muda. Bagi kamu yang sedang merencanakan program hamil, apa saja persiapan yang sudah dilakukan? Mau program hamil anak perempuan, program hamil anak laki-laki, atau mau merencanakan kehamilannya dulu? Semoga selalu semangat dan pantang menyerah, ya!

Baca Juga:

Nah, sudah pernah mendengar tentang asam folat belum nih? Asam folat ini memiliki setidaknya 5 manfaat untuk program hamil, lho. Penasaran nggak?

Apa itu Asam Folat?

Manfaat Asam Folat

Sebelum membahas tentang manfaat asam folat, mungkin kenalan dulu dengan asam folatnya itu sendiri ya. Asam folat adalah vitamin B yang larut dalam air. Vitamin ini sangat diperlukan untuk pembangunan tubuh dan sangat multifungsi, lho.

Asam folat dikenal sebagai vitamin yang sangat multifungsi karena bisa membantu produksi DNA hingga sel darah merah. Kebayang kan, kenapa asam folat sangat penting buat tubuh kita?

Manfaat Asam Folat untuk Kehamilan

Manfaat Asam Folat

1. Mencegah keguguran dan cacat lahir

Manfaat pertama adalah kemampuan asam folat untuk mencegah keguguran dan cacat lahir, misalnya cacat tabung saraf, cacat jantung, atau bibir sumbing. Dari beberapa contoh ini cacat tabung lahir adalah yang paling mungkin terjadi di awal kehamilan, bahkan sebelum si ibu menyadari kalau ia hamil. Oleh karena itu, disarankan juga untuk mengkonsumsi asam folat dari sebelum kehamilan, ya.

2. Meningkatkan kesuburan wanita

Manfaat kedua dari asam folat adalah untuk meningkatkan kesuburan wanita. Wah, kok bisa gitu, ya? Jelas bisa, karena asam folat mampu untuk meningkatkan kualitas sel telur dan ovarium. Caranya adalah dengan memengaruhi fungsi ovarium, implantasi, dan pembentukan embrio. Atau dengan kata lain, memengaruhi seluruh proses kehamilan juga. Hebat banget ya, asam folat ini!

3. Meningkatkan kesuburan pria

Sekarang, kita lanjut ke manfaat ketiga, ya. Manfaat ketiga dari asam folat adalah untuk meningkatkan kesuburan pria. Jadi ternyata asam folat ini nggak hanya bermanfaat untuk kesuburan wanita saja, tetapi untuk kesuburan pria juga.

Asam folat bisa meningkatkan jumlah sperma, yang tentu saja secara tidak langsung juga bisa meningkatkan peluang berhasilnya kehamilan. Selain itu, asam folat juga memiliki peran penting dalam pembentukan DNA dan sperma. Nah ibu-ibu, jangan lupa bilang ke suaminya untuk rajin mengonsumsi asam folat juga ya, supaya sama-sama sehat dan fit, jadi program kehamilannya juga berjalan dengan lancar deh.

4. Tumbuh kembang janin dan plasenta

Manfaat keempatnya asam folat adalah kegunaannya untuk tumbuh kembang janin dan plasenta. Tubuh ibu hamil sangat membutuhkan asam folat ketika janin berkembang dengan sangat cepat. Terutama ketika rahim sedang membesar, plasenta berkembang, sirkulasi darah di tubuh sedang banyak-banyaknya, dan ketika janin sedang tumbuh. Jadi, jangan pernah malas mengkonsumsi asam folat untuk keberlangsungan janin dan kehamilan yang lebih bahagia ya!

5. Menurunkan potensi preeklamsia selama masa kehamilan

Manfaat kelima adalah asam folat bisa menurunkan potensi preeklamsia selama masa kehamilan. Wah, apa sih preeklamsia itu? Preeklamsia adalah salah satu gangguan kehamilan yang lazim ditemui dengan tanda-tanda tekanan darah tinggi dan kandungan protein yang tinggi dalam urine.

Kondisi ini tentu saja bisa membahayakan organ lain, misalnya ginjal dan hati. Kalau tidak segera dicegah, kondisi preeklamsia ini bisa berkembang menjadi eklamsia, yaitu preeklamsia yang disertai dengan kejang. Jika sudah mencapai eklamsia, tentu akan sangat berbahaya bagi ibu dan janin.

Sumber Asam Folat

Manfaat Asam Folat

Nah, sumber asam folat itu apa aja? Sumber asam folat ada di makanan yang sebenarnya gampang banget ditemui dalam kehidupan sehari-hari, kok! Asam folat ada di sayuran hijau, misalnya asparagus dan brokoli. Hayo, jangan malas makan sayuran hijau ya, ibu-ibu. Selain itu, asam folat juga bisa ditemui di buah-buahan, misalnya jeruk, alpukat, atau bit.

Sumber asam folat lainnya adalah kacang-kacangan, misalnya kacang merah, kacang kedelai, kacang hijau, kacang polong, atau kacang tanah. Kacang-kacangan ini bisa diolah menjadi makanan yang enak-enak supaya ibu-ibu bisa lebih mudah mengonsumsinya. Selain di kacang-kacangan, asam folat juga bisa ditemui di biji-bijian. Biji-bijian yang dimaksud di sini contohnya adalah gandum dan sereal.

Untuk ibu-ibu yang tidak suka makanan yang disebutkan di atas, jangan khawatir. Asam folat juga bisa ditemui di hati sapi, makanan laut, salmon, telur, dan susu rendah lemak. Ternyata sumber asam folat benar-benar ada di sekitar kita, ya! Yuk, jangan malas untuk mengkonsumsi asam folat supaya merencanakan kehamilannya juga jadi semakin lancar.

Nah, semoga semakin semangat dalam merencanakan program kehamilannya setelah membaca artikel ini, ya. Mau program hamil anak perempuan atau anak laki-laki, yang penting semoga kehamilannya menyenangkan dan kelak si buah hati lahir dengan selamat.

Related posts
Ibu HamilKehamilan

7 Faktor Penyebab Keguguran yang Harus Diwaspadai

Ibu HamilKehamilan

Keputihan Saat Hamil Muda dan Tua

KehamilanKesehatanPrakonsepsi

5 Jenis Vaksin Sebelum Menikah yang Disarankan

Ibu HamilKehamilan

10 Gerakan Yoga untuk Ibu Hamil yang Aman