KehamilanPrakonsepsi

10 Menu Diet Program Hamil untuk Berat Badan Ideal

menu diet pogram hamil

Salah satu impian wanita yang baru menikah adalah segera mendapatkan momongan. Beberapa orang dikaruniai dengan rezeki ini. Tapi ada beberapa keluarga yang perlu melakukan program hamil terlebih dahulu.

Di balik keinginan untuk segera hamil, ada juga ketakutan akan kelebihan berat badan. Banyak orang yang memimpikan memiliki berat badan ideal untuk program kehamilan. Kekhawatiran ini muncul karena pasangan suami istri dituntut untuk memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Padahal yang perlu diperhatikan adalah kadar gizinya.

Baca Juga:

Memiliki berat badan ideal untuk program kehamilan bukanlah hal yang mustahil. Berikut ada 10 menu diet program hamil yang bisa kamu coba konsumsi.

1. Sayur dengan Warna Daun Gelap

program hamil

Sayuran adalah makanan yang paling sehat. Di setiap jenis diet, sayuran pasti selalu menjadi menu wajib. Sedikit berbeda, sayuran yang harus masuk dalam menu diet program hamil adalah sayuran yang berdaun gelap. Sayuran berwarna gelap memiliki kandungan folat yang tinggi. Folat sendiri merupakan vitamin yang dapat meningkatkan proses ovulasi dengan signifikan.

Baik wanita maupun lelaki, sayuran berdaun gelap baik untuk dikonsumsi saat menjalani program hamil. Manfaat yang akan diterima pria yaitu sperma yang dihasilkan akan lebih sehat. Sedangkan wanita dapat mengurangi resiko keguguran saat hamil. Secara keseluruhan, masalah genetik pada bayi dapat terhindar dengan mengkonsumsi ini.

2. Kacang-kacangan

program hamil

Bahan lain yang baik untuk dimasukan dalam menu diet program hamil adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang baik dikonsumsi saat diet.

Bahan makanan ini sering disebut sebagai pendongkrak kesuburan. Baik untuk wanita maupun pria, konsumsilah kacang-kacangan jika ingin segera hamil. Memang protein bisa didapatkan dari sumber lain misalnya protein hewani. Tapi jika diet yang dilakukan ini untuk kesuburan, jangan lupa mencampurkan kacang pada menu makananmu ya.

3. Minyak Zaitun

program hamil

Salah satu bahan makanan yang sering dihindari adalah minyak. Karena minyak sering menimbulkan lemak jenuh dalam tubuh. Tapi minyak sangat sulit dihindari karena pada umumnya memasak membutuhkan minyak, walaupun hanya sedikit. Bisa untuk menggoreng, atau sekedar menumis bumbu dan sayuran.

Ketika sedang menjaga berat badan, kamu bisa menggunakan minyak zaitun dalam membuat menu diet program hamil. Minyak zaitun menghasilkan lemak namun lemak yang tak jenuh. Kandungannya mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan, termasuk radang yang mengganggu ovulasi.

4. Ikan Salmon

program hamil

Jika kamu sedang mencari lauk untuk menu diet program hamil, konsumsi saja ikan salmon. Dalam beberapa penelitian, kegagalan ovulasi dan sel telur yang tidak sehat disebabkan karena kurangnya zat besi dalam tubuh. Masalah ini bisa diperbaiki dengan konsumsi ikan salmon.

Ikan salmon mengandung antioksidan yang baik untuk perlindungan sel telur dan sperma dari radikal bebas. Kromosom yang sebelumnya mudah rusak dapat diperbaiki dengan ikan ini, Sehingga resiko keguguran dan cacat lahir pun dapat dihindari.

5. Roti Gandum Merah

program hamil

Salah satu penyebab meningkatnya berat badan adalah konsumsi nasi sebagai. Nasi mengandung karbohidrat memang baik digunakan sebagai sumber energi untuk beraktivitas. Ketika sedang berupaya menurunkan berat badan, pilihlah roti gandum untuk dijadikan menu diet program hamil. Atau bisa juga menggantikan nasi putih dengan nasi merah.

Kedua bahan makanan ini mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Justru hal ini baik karena dapat menjaga kadar gula darah agar tetap dalam kondisi yang stabil. Jika kadar gula darah tinggi, hormon yang membantu proses reproduksi akan terganggu.

6. Es Krim

program hamil

Dari tadi kita membahas bahan makanan yang sehat. Bahan makanan itu akan terasa enak jika dapat diolah menjadi menu diet program hamil yang kamu sukai. Lalu bagaimana jika tidak? Tidak jarang program diet gagal dilakukan karena kamu dan pasanganmu tidak bersemangat makan. Maka, memilih makanan yang kamu sukai menjadi bagian penting dalam diet.

Salah satu makanan yang banyak orang sukai adalah es krim. Es krim memiliki cita rasa yang menyegarkan dan menyenangkan. Makanan ini terbuat dari susu yang diolah sedemikian rupa. Sehingga es krim baik untuk meningkatkan kesuburan melalui dorongan bantuan dalam proses ovulasi. Konsumsi es krim biasa ya, jangan yang low fat. Karena es krim low fat justru berdampak sebaliknya.

7. Pisang

program hamil

Ternyata pisang juga dapat meningkatkan kesuburan pasangan yang sedang mencari menu diet program hamil lho1

Pisang mengandung vitamin B6 yang berfungsi mengatur hormon. Termasuk juga hormon yang dibutuhkan saat pembuahan. Bagi wanita, vitamin ini penting karena jika kekurangan dapat mengganggu periode menstruasi menjadi tidak teratur. Masalah ini berdampak pada pertumbuhan sperma dan sel telur yang akan terganggu.

8. Kerang-kerangan

program hamil

Siapa di sini yang menyukai makanan laut? Makanan laut baik kok untuk dikonsumsi pasangan yang sedang menjalani program hamil. Misalnya berbagai jenis kerang-kerangan. Kerang memiliki rasa yang unik begitu pula cara mengkonsumsinya. Tidak praktis tapi bisa membuat penikmatnya ketagihan.

Kerang-kerangan mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti vitamin B12 yang dapat memperkuat lapisan endometrium yang menjaga pembuahan sel telur. Hal ini selanjutnya dapat mengurangi resiko keguguran pada sang ibu yang sedang hamil.

9. Telur

program hamil

Salah satu bahan makanan yang enak dan dibutuhkan sebagai bahan campuran makanan lain adalah telur. Untunglah, telur ini juga dapat bermanfaat untuk program hamil. Telur mengandung vitamin D yang tinggi. Kandungan vitamin D ini sangat dibutuhkan tubuh, karena jika kekurangan, wanita dapat mengalami kemandulan.

10. Buah Jeruk

program hamil

Buah jeruk adalah buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini mengandung vitamin C yang tinggi. Karena kandungannya, buah jeruk baik dikonsumsi saat menjalani program hamil, terutama bagi lelaki. Dalam suatu penelitian, ditemukan bahwa lelaki tidak subur dapat meningkatkan jumlah dan motilitas spermanya setelah mengkonsumsi 1,000 mg vitamin C dalam dua kali sehari.

Berat badan ideal dapat dimiliki oleh semua orang, sekalipun bagi kamu yang sedang menjalani program hamil. Hamil tidak menghalangi kamu untuk hidup sehat. Jadi konsumsi 10 bahan makanan di atas bersama dengan menu dietmu ya.

Related posts
Ibu HamilKehamilan

7 Faktor Penyebab Keguguran yang Harus Diwaspadai

Ibu HamilKehamilan

Keputihan Saat Hamil Muda dan Tua

KehamilanKesehatanPrakonsepsi

5 Jenis Vaksin Sebelum Menikah yang Disarankan

Ibu HamilKehamilan

10 Gerakan Yoga untuk Ibu Hamil yang Aman