Ibu HamilKehamilan

Obat Batuk untuk Ibu Hamil yang Aman

Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Sama seperti pilek, batuk merupakan penyakit ‘langganan’ yang seringkali menyerang tubuh. Pada umumnya, batuk yang bukan merupakan gejala suatu penyakit memang dapat sembuh dengan sendirinya dalam rentang waktu 1-2 minggu. Namun, berbeda untuk ibu hamil. Ketika batuk menyerang, ibu hamil bisa saja kekurangan waktu tidur karena biasanya frekuensi batuk akan meningkat di malam hari.

Baca Juga:

Selain itu, batuk akan menimbulkan rasa tidak nyaman seperti nyeri atau kontraksi. Karena ini, seringkali ibu hamil mengalami dilema karena jika mereka ingin batuk segera reda, mereka harus meminum obat. Sedangkan di sisi lain, obat-obatan merupakan salah satu hal yang sebisa mungkin harus dihindari oleh ibu hamil karena beberapa kandungan dari obat dikhawatirkan dapat mengganggu perkembangan janin.

Jika sudah begini, pengobatan alami adalah solusinya. Berikut beberapa bahan yang dapat dijadikan obat batuk alami yang tentunya aman untuk dikonsumsi oleh semua orang, termasuk ibu hamil.

1. Air Hangat

Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Obat batuk alami yang paling sederhana ialah air hangat. Ketika mengalami batuk, tenggorokan akan terasa gatal dan kering. Dengan meminum air hangat, rasa gatal akan berangsur-angsur hilang. Tenggorokan yang kering pun dapat diatasi dengan meminum air hangat.

Ibu hamil dapat mengonsumsi air hangat setiap menjelang tidur atau saat tenggorokan mulai terasa gatal atau kering hingga menimbulkan perasaan ingin batuk. Meminum air hangat juga dapat meringankan batuk berdahak karena dengan air hangat, dahak akan lebih mudah untuk keluar.

2. Air Garam

Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Siapa sangka jika garam yang asin bisa menjadi salah satu solusi ketika ibu hamil mengalami batuk? Kandungan antibakteri yang terdapat dalam garam dipercaya ampuh dapat meringankan infeksi akibat batuk yang terus-menerus. Selain itu, garam juga dapat mematikan virus penyebab batuk dan mengencerkan dahak. Dengan begitu, tenggorokan akan terasa lebih lega. 

Pemanfaatan garam sebagai obat batuk sangatlah sederhana. Kamu hanya perlu melarutkan garam ke dalam air hangat dan meminumnya ketika menjelang tidur. Kamu pun dapat menggunakan sisa air garam sebagai obat kumur untuk mematikan bakteri-bakteri jahat yang ada di dalam mulut. Satu yang perlu diingat ialah, konsumsi air garam tidak dianjurkan untuk ibu hamil yang mengalami batuk kering.

3. Bawang Putih

Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Bawang putih mengandung alisin; yakni zat yang bersifat antibakteri, antivirus, dan antibiotik yang akan keluar ketika bawang putih dihancurkan. Zat inilah yang dapat meredakan batuk khususnya batuk yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti bakteri dan virus.

Untuk hasil yang efektif, kamu hanya perlu menghancurkan bawang lalu mengonsumsinya mentah-mentah. Dengan begitu, zat alisin akan bekerja secara langsung dan lebih cepat. Namun apabila kamu tidak dapat menahan aroma dan rasa bawang putih yang tajam, kamu dapat menumbuk potongan kecil bawang putih lalu mencampurnya dengan madu untuk menyamarkan aromanya yang menyengat.

4. Lemon

Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Seperti halnya bawang putih, lemon juga memiliki kandungan yang bersifat antibakteri dan antivirus di dalamnya. Alasannya adalah karena lemon sangat kaya akan Vitamin C dan terdapat banyak antioksidan khususnya di dalam kulitnya.

Dengan mengonsumsi air seduhan lemon beserta kulitnya secara teratur saat batuk, batuk kering maupun berdahak yang dialami ibu hamil akan lebih cepat mereda. Selain itu, sistem kekebalan tubuh pun akan meningkat sehingga kamu tidak akan dengan mudah terserang batuk kembali atau penyakit lainnya.

5. Bawang Merah

Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Seperti saudaranya, bawang putih, bawang merah juga tak kalah ampuh dalam membasmi batuk pada ibu hamil. Bawang merah dapat dijadikan obat batuk alami karena kandungan zat fitokimia dan antiinflamasinya. Zat fitokimia berperan dalam melegakan pernafasan dan sifat bawang merah yang antiinflamasi dapat mengurangi nyeri peradangan dalam tenggorokan.

Ramuan ini sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil yang sedang batuk dengan disertai radang tenggorokan. Caranya, kamu hanya perlu mengonsumsi bawang mentah dengan memakannya secara langsung atau dengan ditemani sayuran kukus agar rasa getirnya sedikit berkurang.

6. Madu

Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Tenggorokan yang kering hanya akan memperparah batuk yang dialami ibu hamil bahkan akan menyebabkan rasa perih yang tidak nyaman. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengonsumsi madu dengan cara meminumnya langsung atau mencampurkannya dengan air terlebih dahulu. Dengan begitu, batuk kering pun akan perlahan mereda dan sistem kekebalan tubuh akan meningkat.

7. Daun Mint

Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Bahan obat batuk alami lain yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil ialah daun mint. Kandungan mentol yang terdapat dalam daun mint diketahui ampuh untuk memecah dahak dan melegakan pernafasan. Selain itu, sakit tenggorokan yang diakibatkan oleh batuk yang terus menerus pun dapat diredakan oleh mentol tersebut.

Terdapat dua cara pemanfaatan daun mint sebagai obat batuk alami. Yang pertama, kamu dapat menyeduh daun mint dengan air panas, lalu meminumnya ketika masih hangat. Yang kedua, kamu dapat menghirup uap air hasil dari seduhan daun mint dan dengan begitu, batuk dan sakit tenggorokan pun akan reda dan pernafasan menjadi lega.

8. Ketumbar

Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Masih sedikit orang yang tahu tentang manfaat ketumbar untuk kesehatan, termasuk sebagai obat batuk alami. Seperti halnya lemon, kandungan antioksidan dan antibakteri yang tinggi dalam ketumbar dapat membunuh virus-virus penyebab batuk.

Ibu hamil dapat mengobati batuk dengan cara merendam ketumbar dengan air selama kurang lebih 3-5 jam, lalu meminumnya setiap menjelang tidur. Selain meredakan batuk, air rendaman ketumbar juga mampu meredakan peradangan yang terjadi di tenggorokan.

9. Minyak Kayu Putih

Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Batuk kering maupun berdahak biasanya dapat mereda setelah menjalani penguapan. Dokter pun terkadang menyarankan ibu hamil untuk melakukan penguapan di puskesmas atau rumah sakit ketika terserang batuk. Namun kamu tak perlu sedih karena dapat melakukan proses penguapan sendiri di rumah.

Kamu hanya perlu mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas di dalam baskom, lalu hirup uapnya hingga tenggorokan terasa lega. Kamu dapat menunduk ke permukaan baskom dan menutup kepala dengan handuk agar uap dapat terhirup dengan maksimal.

Selain dapat melegakan pernafasan, cara ini dapat mengencerkan dahak dan melembabkan tenggorokan sehingga batuk pun dapat perlahan mereda. 

Semoga informasi di atas dapat membantu kamu para ibu hamil yang sedang batuk ya!

Related posts
Ibu HamilKehamilan

7 Faktor Penyebab Keguguran yang Harus Diwaspadai

Ibu HamilKehamilan

Keputihan Saat Hamil Muda dan Tua

KehamilanKesehatanPrakonsepsi

5 Jenis Vaksin Sebelum Menikah yang Disarankan

Ibu HamilKehamilan

10 Gerakan Yoga untuk Ibu Hamil yang Aman