Ibu HamilKehamilan

Mitos dan Fakta Seputar Pantangan Makanan Ibu Hamil

pantangan Makanan Ibu Hamil

Bagi kamu yang pernah hamil, atau sedang hamil, pasti sering mendengar berbagai ‘pantangan’ yang harus dihindari oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan. Yang paling sering terdengar adalah tidak boleh makan ini itu sembarangan.

Baca Juga:

Memang apa pun yang dikonsumsi oleh ibu akan menjadi sumber gizi bagi janin, sehingga harus betul diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah dalam perkembangan si kecil nantinya.

Namun banyaknya mitos seputar pantangan makanan ibu hamil sering bercampur dengan fakta, sehingga sering membingungkan. Berikut Okadoc Indonesia akan membahas mengenai mitos dan juga fakta mengenai pantangan makan ibu hamil tersebut!

1. Porsi ibu hamil harus dua kali lebih banyak daripada biasanya

pantangan Makanan Ibu Hamil

Fakta:

Ibu hamil memang membutuhkan nutrisi lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Kita tekankan di sini, nutrisi ya. Kalau bicara soal nutrisi, bukan berarti kamu harus makan dua kali lebih banyak daripada biasanya. Justru porsi yang berlebihan dapat memicu timbulnya penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabete, atau pre-eklamsia.

Pantangan makanan ibu hamil adalah jenis makanan yang tidak bergizi. Banyak ‘kan cemilan unik yang menggugah selera? Tapi coba lah perhatikan komposisi nutrisinya. Dibandingkan dengan saat belum hamil, seorang ibu hanya perlu menambah asupan kalori sebesar 300 kalori pada setiap harinya. 

2. Berbahaya jika mengonsumsi nanas, durian, dan tape

pantangan Makanan Ibu Hamil

Fakta:

Buah nanas, durian, dan tape sering menjadi pantangan makanan ibu hamil. Alasannya karena makanan ini mengandung alkohol dan memberikan sensasi panas dalam tubuh. Mungkin tubuhmu kuat, tapi tubuh janin belum tentu. Kira-kira begitu gambarannya. 

Kenyataannya memang benar juga begitu. Yang mengandung alkohol adalah durian dan tape. Kalau nanas, terutama yang muda, mengandung asam yang tinggi. Konsumsi dengan jumlah berlebih akan memicu kontraksi abortivum. Resiko paling terburuk adalah keguguran.

3. Konsumsi daging kambing akan membahayakan janin

pantangan Makanan Ibu Hamil

Fakta:

Untuk yang satu ini betul. Bahkan daging kambing sebenarnya tidak hanya berbahaya bagi ibu hamil. Kamu pernah dengan kolesterol berlebihan? Nah daging kambing adalah salah satu makanan yang dapat menjadikan tubuhmu kelebihan kolesterol.

Daging kambing itu mempunyai kadar lemak jenuh yang tinggi. Kondisi ini dapat memengaruhi metabolisme tubuh khususnya asam urat. Selain itu, konsumsi daging kambing yang banyak juga dapat membuatmu mengalami sakit jantung. Bisa dibilang ini salah satu pantangan makanan ibu hamil.

4. Minum air kelapa hijau saat menjelang kelahiran bayi, bisa membuat kulit bayi putih dan air ketuban bersih

pantangan Makanan Ibu Hamil

Fakta:

Mitos yang satu ini banyak sekali dipercayai oleh para orang tua terdahulu. Mungkin kamu juga termasuk yang menerima saran ini dari orang tuamu. ‘Nanti kalau sudah dekat lahiran, minum air kelapa hijau yang banyak. Biar nanti kulit anakmu putih.’ Kira-kira begitu.

Tapi jangan khawatir, air kelapa tidak termasuk pantangan makanan ibu hamil. Jadi air kelapa hijau itu mengandung kalori nabati yang baik, ditambah kandungan ion elektrolit. Jika kamu mengonsumsinya, ini akan membuatmu bertenaga saat melahirkan serta menghindari diri dari dehidrasi. 

Tapi perlu kamu ketahui, air kelapa tidak ada hubungannya dengan kulit bayi ataupun air ketuban ya!

5. Harus rajin konsumsi suplemen agar janin dalam kandungan sehat

pantangan Makanan Ibu Hamil

Fakta:

Untuk yang satu ini bukan mitos, bukan juga pantangan makanan ibu hamil. Baik kamu ataupun janin di dalam tubuh, memerlukan nutrisi yang lengkap agar tubuh selalu sehat dan kuat. Jangankan ibu hamil, orang biasa juga membutuhkan ini.

Sebenarnya seringkali kita tidak benar-benar tahu, apakah tubuh sudah memiliki seluruh nutrisi yang dibutuhkan agar dapat beraktivitas dengan baik atau belum. Kecuali kamu termasuk orang yang rajin berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Ketika hamil, nutrisi dalam tubuhmu menjadi sumber bagi janin. Kalau tubuh kamu misalnya kekurangan kalsium, janin otomatis akan mengambil kebutuhannya dari cadangan dalam tubuhmu. Dampaknya bisa kamu tidak sadari, tulang dan gigi mulai melemah. Untuk menghindari itu, tidak ada salahnya rajin mengkonsumsi suplemen tambahan.

6. Saat hamil, harus menghindari makanan atau minuman yang mengandung kafein

pantangan Makanan Ibu Hamil

Fakta:

Apa saja makanan atau minuman yang mengandung kafein? Kafein bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi kopi, coklat, teh, atau minuman bersoda. Kalau sedang sibuk, mungkin kamu terbiasa minum minuman ini. Apalagi es kopi susu sedang menjamur di kota-kota besar. Selain itu, kafein juga terkandung di beberapa jenis obat.

Sayangnya, kafein termasuk pantangan makanan ibu hamil. Karena kafein dapat membuat kamu gelisah serta susah tidur, emosi terganggu, berat badan bayi saat lahir juga biasanya jadi kurang dari berat normal. Belum lagi kafein ini merangsang kandung kemih bekerja sampai-sampai membuatmu bolak-balik ke kamar kecil. Dikhawatirkan juga kamu akan mengalami dehidrasi.

7. Tidak sehat konsumsi fast food

pantangan Makanan Ibu Hamil

Fakta:

Ini juga termasuk fakta sih sebenarnya. Jangankan untuk ibu hamil, fast food jika dikonsumsi terus menerus juga akan membuat seseorang menjadi kurang sehat. Karena makanan jenis ini mengandung lemak dan karbohidrat yang tidak ramah untuk kesehatan.

Kandungan gizinya juga bisa menghilang dalam proses masak. Lebih baik kamu konsumsi makanan yang bergizi tinggi agar bayi juga ikut sehat ya.

Itu dia beberapa mitos dan fakta seputar makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Semoga ini dapat membantumu menjadi ibu yang cerdas dan lebih sehat ya. Jangan lupa juga untuk beristirahat.

Related posts
Ibu HamilKehamilan

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Ibu HamilKehamilan

Manfaat Kurma Muda untuk Ibu Hamil dan Kesuburan

Ibu HamilKehamilan

9 Tanda Hamil Anak Perempuan

Ibu HamilKehamilan

Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Benar