Ibu HamilKehamilan

Posisi Tidur Ibu Hamil yang Tepat

posisi tidur ibu hamil

Kehamilan adalah salah satu moment yang ditunggu-tunggu bagi setiap wanita. Bagi kamu yang sedang hamil, apakah masih sering sibuk beraktivitas? Biasanya, saking sibuknya beraktivitas, begitu sampai rumah langsung ingin tidur dan beristirahat saja ya.

Baca Juga:

Tetapi sebenarnya ada posisi tidur tertentu untuk bumil, lho. Posisi tidur ini tidak boleh dianggap sepele. Jika salah posisi tidur, bumil bisa mengalami beberapa gangguan seperti nyeri otot dan pembengkakan kaki. Supaya tahu posisi tidur yang baik untuk bumil, yuk sekarang kita simak penjelasannya satu persatu!

Posisi Tidur Ketika Hamil Muda

posisi tidur ibu hamil

Untuk bumil yang sedang hamil muda, posisi tidur yang disarankan adalah miring ke kiri. Jika dirasa masih kurang nyaman, bumil bisa menekuk kaki dan lutut, lalu selipkan bantal di antara kedua kaki. Posisi tidur ini bagus untuk meningkatkan darah dan nutrisi yang menuju janin. Untuk bumil muda yang sering mengalami nyeri punggung, posisi tidur yang ini bisa dicoba juga, lho! Tetapi, jangan tidur dengan posisi tengkurap ya.

Posisi Tidur Ketika Hamil 7 Bulan

posisi tidur ibu hamil

Wah, sudah masuk trimester ketiga nih. Kira-kira, posisi tidur seperti apa ya yang baik untuk bumil dengan usia kandungan 7 bulan? Ternyata, posisi tidur yang disarankan untuk bumil yang usia kandungannya sudah memasuki usia 7 bulan adalah miring ke kiri. Jadi sama dengan ketika masih hamil muda dulu, ya. Tapi, jika bumil mengalami kesulitan untuk tidur dengan posisi ini, boleh juga lho diubah sedikit menjadi miring ke kanan. Yang penting jangan lupa untuk menghindari posisi tidur telungkup, tengkurap, dan telentang ya.

Posisi Tidur Ibu Hamil yang Aman dan Nyaman

posisi tidur ibu hamil

Bumil tentu penasaran kan, bagaimana sih sebenarnya posisi tidur untuk bumil yang paling aman dan nyaman? Kenyamanan ketika tidur ini penting banget juga lho, supaya selama hamil tetap bisa beristirahat dengan cukup, sehingga nggak bete atau cranky di sepanjang kehamilan. Selain itu, dalam proses kehamilan, wajar banget kalau bumil mengalami gangguan tidur karena beberapa faktor, salah satunya perubahan hormon.

Oleh karena itu, posisi tidur yang aman dan nyaman sangat krusial untuk bumil. Kalau kurang tidur, wah tidak hanya bumil yang rugi, tetapi juga janinnya. Nah, daripada berlama-lama lagi, yuk kita simak contoh-contoh posisi tidur teraman dan ternyaman untuk ibu hamil.

1. Tidur miring ke kiri

Ketika perut sudah mulai membesar, sebaiknya posisi tidur yang dipilih bumil adalah miring ke kiri. Kenapa sih, posisi tidur miring ke kiri ini penting banget untuk bumil? Dari tadi kok, disuruh miring ke kiri terus tidurnya?

Hal ini karena posisi tidur miring kiri sangat bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah, sehingga bayi bisa menerima nutrisi serta oksigen tanpa hambatan melalui plasentanya. Posisi tidur miring ke kiri ini juga sangat dianjurkan di trimester kedua hingga proses persalinan. Sementara itu, posisi tidur miring ke kanan tidak disarankan untuk bumil karena bisa menekan hati.

2. Tidur tengkurap dan terlentang

Lalu, bagaimana dengan posisi tidur tengkurap dan terlentang? Dua posisi tidur ini hanya bisa dilakukan ibu hamil jika usia kandungannya masih masuk dalam kategori trimester pertama. Setelah trimester pertama lewat, sangat dianjurkan untuk mengubah posisi tidurnya ke miring kiri. Memangnya, apa sih risiko tidur tengkurap dan telentang untuk ibu hamil?

Tidur telentang untuk hamil tua, bisa memperlambat aliran darah tubuh yang kemudian akan menimbulkan gangguan lain, antara lain sesak napas dan tekanan darah rendah. Tidur telentang ini bahkan bisa memotong suplai darah ke janin, lho.

Kalau ibu hamil tidur tengkurap, risikonya apa ya? Tidur tengkurap juga sama berbahayanya dengan tidur telentang untuk ibu hamil. Risiko tidur telentang bagi ibu hamil yang sedang hamil tua adalah terpotongnya suplai darah dan nutrisi untuk bayi. Selain itu, tidur tengkurap juga bisa menyebabkan bumil sulit bernapas lega.  

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana posisi tidur yang baik selama hamil? Selamat menikmati masa kehamilan dan jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan ya! Semoga lancar selalu sampai hari persalinan.

Related posts
Ibu HamilKehamilan

6 Tanda Hamil Anak Laki-Laki, Fakta atau Mitos?

KehamilanPrakonsepsi

Beberapa Cara Punya Anak Kembar

Ibu HamilKehamilan

10 Ciri Hamil 1 Minggu yang Harus Kamu Tahu

Ibu HamilKehamilan

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil